13 Cara Menghafal Al-Quran dengan Cepat dan Tak Mudah Lupa, Mudah dan Cocok untuk Pemula

Reporter : Dhewi Bayu Larasati
Kamis, 15 Oktober 2020 13:45
13 Cara Menghafal Al-Quran dengan Cepat dan Tak Mudah Lupa, Mudah dan Cocok untuk Pemula
Selain disiplin dengan target, ada beragam tips cara menghafal cepat yang ternyata sepele namun sangat efektif.

Kalau ditanya, pasti semua muslim ingin sekali menjadi Hafiz atau penghafal Al-Quran, namun terbentur dengan gimana cara menghafal cepat.

Dikutip dari Resala Academy, kewajiban terpenting dalam setiap bentuk ibadah adalah menyucikan niat dan memperbaiki tujuan. Apa sih tujuanmu ingin menghafal Al-Quran dan ingin tahu tentang cara menghafal cepatnya?

Perhatian seseorang untuk menghafal Al-Quran dan menjaganya harus berdasarkan pada kecintaannya pada Allah, untuk mendapatkan surga-Nya dan memperoleh pahala yang besar. Iya kan? Jangan sampai deh segala usaha kamu terkotori karena niat ingin pamer dan didengarkan orang.

Dalam prosesnya menghafal Al-Quran, seseorang kudu tetap memiliki niat itu. Tanpa niat, kamu bakalan gampang lelah, menyerah dan terputus di tengah jalan.

Kalau niat sudah bulat, yuk simak ulasan Diadona tentang langkah praktis dan cara menghafal cepat al-quran dari berbagai sumber berikut ini:

1 dari 3 halaman

Cara Menghafal Cepat Al-Quran

Cara Menghafal Cepat © Diadona

Berikut tips gimana cara mehafal cepat Al-Quran.

Memperbaiki Pelafalan

Langkah paling pertama dalam cara menghafal cepat Al-Quran yaitu dengan mengoreksi pengucapannya. Ini nggak bisa dipenuhi selain dari mendengarkan seorang qari atau penghafal Al-Quran yang baik dan tepat.

Apakah nggak bisa kalau belajar sendirian? Tentu nggak bisa dong karena Al-Quran nggak bisa dipelajari tanpa guru. Rasulullah saja yang paling fasih dari semua orang Arab, belajar membaca Al-Quran dari malaikat Jibril secara lisan, masa kamu mau belajar tanpa pendampingan?

Makanya, pertama-tama kamu harus mencari guru atau qari yang baik utnuk mengoreksi bacaannya terlebi dahulu. Meskipun kamu punya pengetahuan yang luas tentang bahasa Arab, ini tetap belum cukup karena Al-Quran mengandung banyak ayat yang muncul dengan cara tak lazim dalam aturan bahasa Arab.

Membuat Pencapaian Harian dan Tertib Menjalaninya

Tentukan batas harian jumlah ayat yang harus kamu hapal dalam cara menghafal cepat. Batasan ini kudu masuk akal, sesuai dengan kemampuan kamu dan memungkinkan untuk dipenuhi ya!

Misalnya nih satu hari harus menghafal satu ayat. Nah, sangat mungkin kamu bakalan tergoda untuk lompat ke ayat keempat ketika ngerasa tiga ayat sebelumnya gampang lah. Eh, ini nggak boleh dilakukan lho. Justru ini tindakan yang nggak disiplin karena bisa membuat kamu nggak lagi bisa berkonsetrasi pada satu hal dan satu waktu.

Pelafalan dan Revisi Berkelanjutan

Setelah bacaan terkoreksi, segeralah mulai proses menghafal dan mengulang porsi harian secar aterus menerus sepanjang hari.

Cara menghafal cepat Al-Quran yakni dengan menyibukkan diri dengan hapalannya sepanjang waktu siang dan malam, diantara waktu-waktu berikut ini:

  • Waktu wajib menghafal
  • Saat duduk di masjid menunggu jamaah
  • Beberapa saat sebelum salat
  • Sambil menunggu apa saja, misalnya bis dan lainnya
  • Saat naik bisSebelum tidur

Dengan cara menghafal cepat ini, kamu bisa terus mengulang hapalan tanpa terbatas pada waktu tertentu aja. Trus gimana kalau misalnya ada suatu halangan yang bikin dia nggak bisa menghafal hari itu? Apakah boleh melewati porsi dan lompat ke porsi hari berikutnya?

Nggak boleh dong. Terus ulangi ya sampai hapalannya sempurna.

Melafalkan dengan Melodi

Selama menghafal, seseorang kudu menbaca Al-Quran dengan nada yang merdu dan mempercantik bacaan sebaik mungkin. Mengapa ini jadi cara menghafal cepat?

Pelafalan melodi sesuai dengan Sunnah Nabi, membuat jadi. damai dan berkah.
Sesuai dengan perintah nabi bahwa " Siapa pun yang tidak membaca Alquran (membacanya dengan merdu), bukan dari kami."
Menyenangkan telinga, bikin senang dan bersemangat buat
Ini membantu membuat hafalan seseorang kuat. Kok bisa? Jadi, lidah akan selalu kembali ke nada suara tertentu, dan dengan demikian akan mendeteksi kesalahan setiap kali keseimbangan atau harmoni dalam pelafalan seseorang menjadi tidak teratur.

2 dari 3 halaman

Cara Cepat Menghafal Al-Quran

Cara Menghafal Cepat © Diadona

Menggunakan Al-Quran yang Sama

Seseorang menghafal menggunakan penglihatan seperti dia menggunakan pendengaran. Ayat Al-Quran dan tempatnya di lembaran al-Quran meninggalkan jejak dalam pikiran ketika dibacakan dan sering dilihat.

Cara Menghafal Cepat dengan Memahami Al-Quran

Salahs atu hal paling penting yang sangat membantu dalam cara menghafal cepat uaitu dnegan memahami makna ayat-ayat yang dihapal dan mengetahui gimana mereka terbubungs atu sama lain. Makanya, penghapal kudu membaca tafsir dari ayat yang ingin dihapalnya dan mengingat maknanya saat dia menghafal. Ini bakalan lebih mudah untuk mengingatnya.

Tapi seseorang nggak cuman boleh mengandalkan pemahamannya dalam cara menghafal cepat. Yang menjadi pondasi adalah pengulangan ayat-ayat sampai lidah mengucapkannya dengan mudah. Bahkan saat pikiran sedang berada jauh dari arti ayat tersebut, lidah sudah terbiasa dengan ayat itu. Mengandalkan makna ayat aja bakalan bikin seseorang sering lupa dan pelafalannya jadi terganggu saat pikirannya sedang nggak fokus.

Menghubungkan Ayat

Saat seseorang udah selesai dengan satu surah lengkap setelah menghafal ayat-ayatnya dalam beberapa waktu, maka lanjutkan dengan menghubungkan ayat-ayat tersebut baik dalam arti maupun aliran lidahnya.

Melafalkan ayat-ayat ini semudah mengalirkan air baginya. Kamu harus bisa melafalkannya tanpa ragu-ragu, semudah kamu membaca surat Al-Fatihah. Dan ini cuman bisa terjadi ketika kamu mengulang ayat-ayat tersebut sesering mungkin dan sering dilafalkan.

Membaca untuk Orang Lain

Biar makin disiplin dan bisa menghafal dengan benar, kamu nggak boleh bergantung pada dirimu sendiri. Kamu kudu punya rekan yang bisa memperingatkan kamu ketika kamu salah membaca atau kalau perlu, cari teman yang mendorong kamu untuk konsisten menghafal Al-Quran.

Ulang Lagi Hafalan

Al-Quran nggak sama dengan materi lainnya yang bisa dihafal. Hafalan Al-Quran cepat sekali menguap dari pikiran seseorang. Rasullah bersabda, " Demi Dia yang di tangan-Nya adalah jiwaku, itu (Alquran) lebih mungkin untuk melarikan diri daripada unta yang diikat."

Nggak lama setelah seseorang meninggalkan ayat yang udah selesai di hapal, walaupun cuman sebentar, maka hafalan bisa dengan cepat hilang lho! Yah, sayang sekali ya padahal udah susah sekali mengusahakan cara menghala cepat.

Ini artinya seorang penghafal kudu terus menghulangi hafalannya secara konstan. Seoarng Hafiz biasanya membaca ulang Al-Quran secara terus menerus setip hari. Bagian ini ngak boleh kurang dari satu pertiga dan nggak boleh lebih dari 10 juz, sesuia dengan sabda Nabi Muhammad " Akan sulit bagi siapa pun yang membaca (lengkap) Qur'an dalam waktu kurang dari tiga malam untuk memahaminya. "
Hanya dengan revisi terus-menerus ini, dan pengawasan yang konsisten, seseorang akan mempertahankan apa yang telah dihafalnya dari Al-Qur'an dan melindunginya dari kesalahan.

3 dari 3 halaman

Cara Menghafal Al-Quran dengan Cepat dan Tak Mudah Lupa

Cara Menghafal Cepat © Diadona

Selain cara menghafal cepat di atas, Diadona juga kasih tips lagi nih gimana mengkondisikan tubuh dan otak agar hafalan apapun itu cepat.

Olahraga

Berolahraga itu nggak cuman baik untuk tubuh tapi otak kita juga menuai banyak manfaat. Olahraga bisa meningkatkan pembelajaran dan daya ingat, jadi kalau kamu ingin cara menghafap cepat, coba deh lakukan olahraga sebentar aja.

Tuliskan Apa yang Ingin Kamu Ingat

Memang repot banget sih mencatata hal yang sama berulang kali, tapi aktivitas sederhana ini menghasilkan keajaiban dalam cara menghafal cepat.

Berlatih di Sore Hari

Mungkin kamu adalah morning person, tapi tahu nggak sih bahwa ada penelitian kalau tekad dan fokus di sore hari punya efek yang lebih besar pada memori jangka panjang

Mengajari Orang Lain

Berbagi keterampilan atau pengetahuan yang baru kamu pelajari adalah cara yang efisien untuk lebih memperkuat informasi baru di otak, menurut Universitas Loma Linda.

Cara menghafal cepat yang udah Diadona share barusan tentu nggak bakalan bisa berhasil kalau kamu nggak konsisten. Bila terasa berat, yuk ingat-ingat lagi tujuan awalnya.

Beri Komentar