Jangan Asal! Ini Cara Menentukan Watt Lampu yang Tepat untuk Ruangan

Reporter : Arifina
Senin, 22 April 2024 15:00
Jangan Asal! Ini Cara Menentukan Watt Lampu yang Tepat untuk Ruangan
Beda ruang, beda juga penentuan watt lampunya lho!

Memilih lampu berapa watt untuk di rumah ternyata tidak bisa asal begitu saja. Ya, pencahayaan yang tepat sangat penting untuk kenyamanan dan kesehatan mata.

Karenanya, penting untuk menentukan besaran watt lampu sesuai dengan luas ruangan di area rumah. Umumnya, semakin besar watt lampu, maka semakin terang cahayanya.

1 dari 7 halaman

Cara Membuat Lampu Hias © Diadona

Lampu yang terlalu kecil akan membuat ruangan terasa gelap, sedangkan lampu yang terlalu besar dapat menyilaukan dan menyebabkan kelelahan mata. Karena itu, penting juga jenis lampu sesuai ruangan di rumah.

Watt sendiri merupakan ukuran daya atau energi yang digunakan oleh perangkat listrik seperti lampu. Nah, berikut ini diadona.id rangkumkan dari s-gala.com cara menentukan watt lampu yang tepat untuk ruangan. Apa saja?

 

2 dari 7 halaman

Menentukan Watt Lampu Berdasarkan Jumlah Lumen

Lumen adalah satuan untuk mengukur jumlah cahaya yang dihasilkan oleh lampu. Semakin tinggi nilai lumen, semakin terang lampu tersebut.

Kamu bisa menentukan jumlah lumen berdasarkan luas ruangan yang akan dipasangi lampu. Hitung area dengan mengalikan panjang dan lebar ruangan. Perhatikan tabel berikut:

 

3 dari 7 halaman

Lampu Berapa Watt © Diadona

Misalnya, jika kamar tidur memiliki ukuran 3x4 meter, maka jumlah lumen yang dibutuhkan adalah 3.000. Sehingga tidak asal memasang model lampu kamar tidur aesthetic semata.

Begitupula dengan ruangan lainnya, seperti ruang tamu di rumah berukuran 3x3 meter maka idealnya membutuhkan 2.250 lumen.

Usai menentukan besaran waatt dari lumen yang dibutuhkan, maka kamu juga harus menentukannya beradasarkan jenis lampu.

 

4 dari 7 halaman

Menentukan Watt Lampu Berdasarkan Jenisnya

Menentukan besaran watt lampu untuk ruangan juga tergantung dari jenis lampu yang digunakan. Kamu bisa melihat panduannya pada tabel berikut:

Lampu Berapa Watt © Diadona

Tabel di atas menghubungkan antara lumen dan jenis lampu yang dibutuhkan dalam suatu ruangan. Sehingga, kamu bisa menentukan besaran watt lampu dengan tepat.

 

5 dari 7 halaman

Contohnya, jika kamu memiliki ukuran kamar tidur 3x4 meter dengan jumlah lumen 3.000 maka ada beberapa pilihan besaran watt lampu dan jenisnya yang dibutuhkan.

Di antaranya, 2 lampu LED @17 watt dan 1 lampu LED @13 watt, 3 lampu LED @17 watt, dan 2 lampu LED @20 watt. Pilih saja dari beberapa jenis lampu tersebut untuk disesuaikan dengan kebutuhan ruanganmu ya!

 

6 dari 7 halaman

Lampu Hias LED © Diadona

Pemilihan jenis lampu LED sendiri begitu disarankan untuk kondisi hemat energi dan murah. Ukuran watt lampu standar di atas juga berlaku untuk ruangan kerja, ruang makan, ataupun ruangan yang membutuhkan intensitas cahaya yang cukup.

Meski begitu, sebelum memilih besaran watt lampu untuk ruangan, tetap perhatikan fungsi dari area ruangan itu sendiri. Misalnya, untuk area garasi atau kamar tidur yang tidak begitu membutuhkan untensitas cahaya tinggi, kamu bisa menurunkan besaran watt lampu dari standartnya.

 

7 dari 7 halaman

Tips Memilih Besaran Watt Lampu untuk Ruangan

Selain memperhatikan kedua cara di atas, perlu beberapa hal lainnya yang juga perlu dipastikan sebelum memasang lampu ya! Di antaranya sebagai berikut:

  • Sesuaikan pencahayaan dengan aktivitas: Gunakan lampu yang lebih terang untuk ruang kerja dan lampu yang lebih redup untuk kamar tidur.
  • Pertimbangkan faktor lain: Warna cat dinding dan dekorasi ruangan juga dapat memengaruhi kecerahan ruangan.
  • Gunakan dimmer: Dimmer memungkinkan kamu untuk mengatur tingkat kecerahan lampu sesuai kebutuhan.

Itulah cara menentukan lampu berapa watt untuk ruangan di rumah. Dengan mengikuti cara di atas, maka kamu dapat memastikan besaran watt dengan tepat. Sehingga pencahayaan akan terasa nyaman dan aman di dalam rumah deh! Semoga bermanfaat.

Beri Komentar