7 Konsep Rumah Minimalis yang Mungil tapi Fungsional, Cocok untuk Singel Living atau Pasangan Muda

Reporter : TIM MAGANG ASIK
Rabu, 6 Maret 2024 21:08
7 Konsep Rumah Minimalis yang Mungil tapi Fungsional, Cocok untuk Singel Living atau Pasangan Muda
Ada banyak banget konsep rumah minimalis yang bisa kamu tiru dari sini! Mulai dari yang modern sampai yang elegan ~

Konsep rumah minimalis menjadi salah satu konsep desain hunian andalan dan favorit banyak orang karena membesarnya popularitas konsep minimalitas dalam budaya desain interior maupun eksterior. Konsep ini bisa kamu adaptasi ke berbagai bentuk hunianmu, baik yang kecil maupun besar. Karena fleksibilitas inilah, konsep minimalis banyak digunakan oleh orang-orang.

Apa saja ciri khas konsep rumah minimalis? Konsep ini mengaplikasikan tata ruang yang sederhana dan efisien, menekankan pada keluasaan ruang, bentuk sederhana, desain interior minimal, dan denah lantai yang terbuka sebagai ciri khasnya. Jika kamu tertarik dengan hunian berciri-ciri ini berarti kamu menyukai konsep minimalis!

Gak usah tunggu lama, yuk langsung cek aja rekomendasi desain konsep rumah minimalis di sini, Diazens!

 

1 dari 7 halaman

Konsep Rumah Minimalis Ukuran 6x12 1 Lantai

Konsep Rumah Minimalis © Diadona© Pinterest/rumahtinggal.id

Konsep rumah minimalis yang pertama adalah rumah dengan rumah yang berukuran relatif kecil dan berdesain minimalis. Bentuk rumah yang sederhana dan warna cat netral mencirikan konsep minimalitas yang diadaptasi pada rumah ini.

Walaupun minimalis, konsep rumah minimalis ini juga menggunakan aksen blok roster untuk dinding depan dan samping rumah yang menambah daya tarik rumahmu. Halaman kecil di bagian teras dan depan pagar juga menciptakan kesan delicate dan asri kepada hunianmu.

 

2 dari 7 halaman

Konsep Rumah Minimalis Sederhana Ala Jepang

Konsep Rumah Minimalis © Diadona© Pinterest

Konsep rumah minimalis yang selanjutnya adalah rumah dengan desain ala Jepang. Ciri khasnya dapat dilihat dari pintu kaca geser di bagian depan kiri rumah dan pintu masuk kecil yang menjorok ke dalam di pojok samping. Desainnya sederhana dan sangat homey. 

Taman yang sangat kecil di bagian depan rumah juga terlihat imut dibandingan dengan port parkir yang dibangun dengan bebas di depan rumah. Cocok banget untuk kamu yang menggemari dan mendalami budaya Jepang dan ingin mengadaptasinya pada Konsep rumah minimalis khusus untukmu dan orang tersayang!

3 dari 7 halaman

Konsep Rumah Minimalis Modern Tema Industrial

Konsep Rumah Minimalis © Diadona© takayama-arch.com

Konsep rumah minimalis yang satu ini menggunakan tema industrial yang banyak beririsan dengan konsep minimalis. Dinding hunian dibiarkan mengikuti warna aslinya, yaitu abu semen dan material besi tipis berwarna hitam untuk melengkapi berbagai detail rumah.

Pemilihan material kayu juga menambahkan rasa hangat yang kontras dari warna abu hunian yang ikut mendominasi. Banyaknya jendela di bagian atas hunian menampakkan ciri khas konsep rumah minimalis, yaitu mengilusikan denah lantai yang terbuka. Mana nih para penggemar tema industrial?

 

4 dari 7 halaman

Konsep Rumah Minimalis Ruang Tengah Terbuka

Konsep Rumah Minimalis © Diadona© Pinterest/Ratih Shanum

Konsep rumah minimalis yang keempat adalah desain minimalis untuk ruang tengah yang terbuka. Ruang tengah ini menyambungkan ruang TV, ruang makan, dan dapur dengan kontinuitas yang panjang. Selain itu, ruang tengah yang minimalis ini bersampingan dengan taman dalam rumah yang bisa dengan mudah diakses melalui pintu kaca geser.

Karena mengadaptasi konsep rumah minimalis, ruang tengah menggunakan furnitur yang tidak mencolok dan tidak ada hiasan yang meriah. Semua furnitur dan peralatan juga menggunakan warna-warna yang senada untuk menciptakan suasana yang nyaman dan harmonis.

 

5 dari 7 halaman

Konsep Rumah Minimalis 3 Lantai Gaya Skandinavian

Konsep Rumah Minimalis © Diadona© Pinterest

Konsep rumah minimalis yang satu ini mengadopsi gaya skandinavian untuk desain eksteriornya. Ciri khasnya adalah atap teras yang berbentuk segitiga dan jendela kotak-kotak yang terlihat estetik. Material besi tipis warna hitam dijadikan detail untuk pagar dan jendela. 

Lampu-lampu dengan cahaya hangat ikut memberikan warna pada konsep rumah minimalis yang didominasi dengan warna utama putih. Tanaman-tanaman hias juga ikut menghiasi dan menyumbang suasana asri pada hunian.

 

6 dari 7 halaman

Konsep Rumah Minimalis Modern 3 Kamar

Konsep Rumah Minimalis © Diadona© Instagram.com/judypranata

Konsep rumah minimalis yang keenam adalah desain rumah yang sangat minimalis dan mengadopsi kesan distopian karena bentuknya yang sederhana, yaitu kotak dan seragam dengan rumah-rumah di sekitarnya. 

Dinding dari blok roster yang seragam juga menjadi salah satu komponen keharmonisan desain ini. Serius dengan konsep rumah minimalis, desain ini juga tidak menggunakan jendela di bagian depan rumah dan hanya meletakkan pintu kaca dengan detail hitam di pojok samping bangunan hunian. Satu pohon palem menjadi pelengkap keseragaman rumah minimalis ini.

 

7 dari 7 halaman

Konsep Rumah Minimalis Elegan Nyaman

Konsep Rumah Minimalis © Diadona© Pinterest/Hui Meng

Konsep rumah minimalis yang terakhir adalah desain ruang tengah yang minimalis tetapi dipenuhi aksen-aksen yang identik dengan identitas pemilik hunian. Seperti blok roster untuk pemisah rumah, dinding dari tile lantai, dan lampu gantung di atas meja makan. Ruang tengah ini juga mengadaptasi konsep lantai terbuka dengan sambungan ke taman dalam rumah.

Detail-detail material kayu memberikan kesan elegan dan rasa nyaman pada desain konsep rumah minimalis ini. Cocok banget untuk kamu yang suka rasa kekeluargaan yang hangat!

 

Nah, itu dia tujuh rekomendasi konsep rumah minimalis dengan berbagai gaya dan desain. Banyak juga ya variasinya, Diazens? Kira-kira yang mana nih yang paling bagus menurutmu?

Editor: Salma Aribatul

 

Beri Komentar