10 Rekomendasi Desain Railing Tangga Minimalis untuk Hunian Bertingkatmu, Desain Unik sampai Estetik!

Reporter : TIM MAGANG ASIK
Rabu, 6 Maret 2024 19:24
10 Rekomendasi Desain Railing Tangga Minimalis untuk Hunian Bertingkatmu, Desain Unik sampai Estetik!
Kamu memiliki hunian bertingkat dengan tangga yang menurutmu mulai terlihat membosankan? Cek di sini untuk berbagai desain railing tangga yang keren dan estetik!

Railing tangga adalah salah satu komponen desain interior tangga yang terkadang suka terlupa oleh orang-orang saat sedang membangun hunian bertingkat. Padahal, tangga adalah sesuatu yang akan kita lewati dan lihat setiap hari sehingga sangat perlu untuk diperhatikan dalam memilih yang tepat. 

Apa sih railing tangga itu? Railing tangga adalah konstruksi yang bertugas menopang handrail atau pegangan tangga yang berada di samping tangga dan melindungi kamu dari jatuh ke lantai bawah apabila terpeleset.

Desain railing tangga juga ada sangat banyak jenisnya dan bahannya. Tinggal disesuaikan dengan konsep desain keseluruhan rumahmu dan jenis tangga yang akan kamu buat. Ketahanan dan kekuatan railing juga harus diperhatikan karena railing adalah benda yang akan membantu kita dalam menaiki atau menuruni tangga. Jangan sampai kamu pilih yang salah karena berhubungan juga dengan keamanan dalam rumah! 

Nah, yuk kita cek kira-kira apa aja sih desain railing tangga yang kami rekomendasikan untuk Diazens ~

 

1 dari 10 halaman

Railing Tangga Minimalis Sederhana

Desain Railing Tangga © Diadona© Pinterest/tukangutd.com

Railing tangga yang pertama adalah desain yang sederhana dan banyak digunakan. Kombinasi desain yang minimalis dan material kayu sebagai material utama yang banyak digunakan dalam desain rumah terlihat sangat serasi dan harmonis.

Railing tangga yang bermaterial besi berwarna hitam terlihat kontras dengan tile lantai yang terbuat dari kayu berwarna cerah dan cat dinding tangga yang berwarna putih. Cocok untuk kamu yang rumahnya dicat warna putih!

 

2 dari 10 halaman

Railing Tangga Besi Motif Acak

Desain Railing Tangga © Diadona© Pinterest/Ratih Shanum

 

Railing tangga yang selanjutnya terbuat dari material besi berwarna hitam yang motifnya acak. Walaupun motifnya acak tetapi desainnya tidak terlihat berantakan bukan? Dengan besi tipis yang membentuk motifnya, desain ini juga terlihat simpel dan minimalis.

Dipadukan dengan handrail bermaterial kayu, desain railing tangga yang acak ini terlihat cantik dan simpel dengan daya tariknya sendiri. Cocok apabila kamu belum punya hiasan random di rumahmu!

 

3 dari 10 halaman

Railing Tangga Mesh Konsep Industrial

Desain Railing Tangga © Diadona© Pinterest/bankerwire.com

Railing tangga yang ketiga adalah desain yang terlihat lumayan unik bergaya industrial. Jaring-jaring besi menjadi daya tarik utama dari desain ini. Bentuknya yang padat dan rapat cocok dikombinasikan dengan tangga dengan satu pondasi dan desain yang melayang supaya tidak terlihat terlalu padat.

Warna hitam adalah warna yang direkomendasikan untuk kamu yang ingin mengadaptasi desain railing tangga ini di hunianmu untuk menegaskan tema industrial pada desain.

 

4 dari 10 halaman

Railing Tangga Kaca Simpel

Desain Railing Tangga © Diadona© Pinterest/Creative_Decor_Ideas

Railing tangga yang keempat adalah desain yang bermaterial utama kaca. Material kaca juga merupakan salah satu material yang paling digunakan untuk membangun railing selain dari material besi. Hal ini karena memberikan kesan simpel dan bersih serta aksen futuristik pada rumah.

Desain railing tangga ini akan terlihat tambah cantik apabila disandingkan dengan lampu di bagian konstruksi pijakan tangga. Cocok banget buat kamu yang suka material kaca di desain interior rumahmu!

 

5 dari 10 halaman

Railing Tangga Motif Rantai Klasik

Desain Railing Tangga © Diadona© Pinterest/Home Inspiration

Railing tangga yang satu ini memiliki motif yang lumayan unik karena bentuknya yang menyerupai rantai. Bentuknya yang terlihat kokoh dan keren terlihat sangat cocok disandingkan dengan dinding tangga bermaterial gipsum dengan berbagai desainnya.

Kesan maskulin juga diberikan oleh desain railing tangga ini. Kalau kamu tidak terlalu suka desain yang sangat obvious, tenang saja karena tidak terlalu terlihat kok rantainya tapi tetap memberikan first impression yang keren!

 

6 dari 10 halaman

Railing Tangga Elegan Untuk Tangga Memutar

Desain Railing Tangga © Diadona© Pinterest/bhg.com

Railing tangga yang satu ini bermotif ukiran retro yang terlihat elegan dengan desain tangga memutar yang memberikan desain mewah. Desain tangga yang memutar cenderung lebih cocok dengan desain railing yang berukir klasik daripada railing dengan desain simpel.

Disandingkan dengan handrail bermaterial kayu berwarna gelap, kesan elegan ditegaskan sekali lagi oleh warna railing tangga yang berwarna hitam dan terbuat dari bahan besi ringan. Kamu bisa cek yang ini kalau tangga di hunianmu adalah tangga memutar!

 

7 dari 10 halaman

Railing Tangga Unik Material Kayu

Desain Railing Tangga © Diadona© Pinterest/engineeringdiscoveries.com

Railing tangga yang ketujuh adalah railing dengan desain unik, yaitu handrail dan railing terpisah. Railing dibangun sendiri dan langsung ditancapkan ke dasar lantai atas sedangkan handrail dengan material dan desain sama dipasang terpisah ke dinding tangga.

Materialnya yang full kayu juga membedakannya dengan desain railing tangga lainnya. Hal ini karena biasanya kayu hanya dijadikan material untuk handrail. Cocok banget untuk kamu, si penggemar furnitur kayu!

 

8 dari 10 halaman

Railing Tangga Unik Kontemporer Anti Mainstream

Desain Railing Tangga © Diadona© Pinterest

Railing tangga yang satu ini memiliki desain yang sangat unik dan sangat jarang dilihat sebelumnya. Ada banyak ciri khas super unik dari desain ini, yaitu tidak punya handrail, berbentuk unik, lebih tinggi dari railing biasanya, serta memiliki celah yang lebih besar dari railing biasanya.

Apabila kamu tidak punya anak kecil atau disabilitas, desain railing tangga ini masih aman untuk diadaptasi ke dalam hunianmu karena unsur keamanannya yang kurang jika dibandingkan dengan desain yang lain. Cocok banget buat kamu yang huniannya juga memiliki konsep modern kontemporer dan penggemar desain interior yang unik!

 

9 dari 10 halaman

Railing Tangga Motif Daun Nuansa Kayu

Desain Railing Tangga © Diadona© Pinterest/staircaserenovation.com

Railing tangga yang kesembilan memiliki motif yang terlihat sangat cantik dan elegan, yaitu daun. Karena materialnya yang besi, desain daun dapat dibentuk tanpa terlihat terlalu kekanak-kanakan dan malah memberikan desain yang elegan dan unik.

Desain railing tangga ini sangat cocok jika material utama tangga hunianmu dan railingnya didominasi oleh kayu. Hal ini karena akan menciptakan kesan natural dan alami yang hangat. Cocok juga disandingkan dengan warna dinding yang netral monoton coklat!

 

10 dari 10 halaman

Railing Tangga Minimalis Mewah Beraksen Emas

Desain Railing Tangga © Diadona© Pinterest/Mubashirideas

Railing tangga yang terakhir adalah railing bermotif yang sebenarnya sederhana namun terlihat mewah karena diselimuti oleh warna emas. Railing yang full berwarna emas tidak akan terlihat norak apabila disandingkan dengan warna-warna netral.

Warna netral dapat kamu aplikasikan di handrail, pijakan tangga, sampai ke dinding tangga. Dengan ini, kamu tidak perlu khawatir tangga hunianmu akan terlihat norak karena railing tangga yang beraksen emas!

Ternyata banyak banget desain railing tangga yang bisa kamu gunakan untuk hunianmu. Mulai dari yang minimalis sampai ke desain yang mewah dan klasik. Nah, desain nih yang berhasil menarik hatimu, Diazens?

Editor: Salma Aribatul

 

Beri Komentar