Tips Memasang Lantai Kayu Vinyl Mudah dan Cepat, Gak Bikin Ribet deh Moms!

Reporter : Yayuk Harini
Rabu, 5 Mei 2021 15:00
Tips Memasang Lantai Kayu Vinyl Mudah dan Cepat, Gak Bikin Ribet deh Moms!
Tak boleh asal, pemasangan lantai vinyl ada aturannya lho!

Lantai kayu vinyl belakangan ini memang banyak dipilih lantaran dinilai memberikan efek visual yang indah. Selain praktis, penggunaan jenis lantai ini membuat ruangan jadi terasa warm (hangat).

Buat Moms dan para Diazens yang suka dekorasi tentu sudah tak asing lagi dengan jenis lantai ini. Terlebih, lantai ini banyak banget diaplikasikan oleh para konten kreator yang banyak menyebutnya sebagai desain ala-ala pinterest gitu.

Namun, tahukan kamu kalau ternyata pemasangan lantai vinyl ada aturannya lho. Trik ini dinilai lebih mudah dan cepat. Penasaran? Berikt Diadona ulas selengkapnya melansir dari Isibangunan.com pada rabu (5/5/2021).

1 dari 4 halaman

Pengukuran Ruangan yang Tepat

Sebelum memasang lantai kayu vinyl, sebaiknya ketahui dahulu ukuran lantai yang hendak dipasang kayu vinyl tersebut. Moms bisa mengukr sendiri atau menggunakan jasa profesional untuk membantu.

Lantai VinylLantai Vinyl © Pinterest.com/Alyanna Kristine

Perlu diingat bahwa pengukuran di tahap paling awal amatlah penting untuk memastikan jumlah atau luas lantai vinyl yang akan di beli. Jangan sampai ketika barang sudah tiba dan dipasang ternyata jumlahnya kurang dari kebutuhan. Selain menunda waktu pengerjaan, pemesanan selanjutnya juga akan memakan waktu.

2 dari 4 halaman

Belum lagi jika harus membayar ongkos kirimnya yang berulang kali. Tentu akan menguras budget lebih besar lagi. Maka pengukuran lantai sangat penting dilakukan.

Jangan sampai nanti lantai kayu vinyl yang dibeli ternyata tidak cukup dengan luas lantai yang ada di rumah. Ada baiknya untuk mencegah hal itu, lebih baik memesan sedikit lebih banyak sehingga saat pengerjaan tidak kekurangan.

Jika Moms memiliki vinyl lebih terlebih untuk produk yang cukup langka maka bisa dijadikan sebagai cadangan jika ada vinyl yang sobek atau rusak atau sewaktu-waktu ingin menggantinya.

3 dari 4 halaman

Bersihkan Lantai Secara Maksimal

Jika produk sudah sampai di rumah, maka saatnya membersihkan lantai dengan maksimal. Bukan tanpa sebab, jika ingin lem pada lantai kayu vinyl terpasang sempurna maka lantai harus benar-benar bersih dan juga kering. Hal ini tidak boleh diabaikan untuk hasil lantai vinyl yang maksimal indahnya.

Lantai Kayu VinylLantai Kayu Vinyl © Isibangunan.com

Persiapkan lantai yang akan dipasangkan lantai kayu vinyl dengan baik dan pastikan lantai tersebut sudah dalam keadaan yang kering, bersih, rata dan halus.

Jika lantai rumah sebelumnya terbuat dari semen, sebaiknya pastikan semen sudah rata dan tidak ada retak-retak yang nanti mengganggu proses pemasangan. Jangan biarkan lantai tersebut terlalu panas, dingin atau lembab.

4 dari 4 halaman

Jadi, kunci utama memasang lantai kayu vinyl dengan sempurna ialah dengan memastikan bahwa permukaan lantai sebelumnya dalam keadaan bersih, kering, dan juga rata. Jika belum memenuhi semuanya, maka luangkan waktu untuk mmebuat lantai rata, bisa dengan menambalnya dengan semen. Hal ini agar lantai vinyl yang terpasang bisa awet hingga puluhan tahun.

Semoga membantu ya Moms!

Beri Komentar