Banyak Macamnya, 10 Jenis Obeng Beserta Fungsinya yang Perlu Kamu Tahu

Reporter : Yoyok
Rabu, 3 April 2024 21:10
Banyak Macamnya, 10 Jenis Obeng Beserta Fungsinya yang Perlu Kamu Tahu
Tiap obeng pun memiliki bentuk yang khas serta fusngi yang berbeda-beda.

Ada banyak jenis obeng yang perlu kamu ketahui. Mengapa perlu diketahui? Tentu saja karena setiap jenis obeng memiliki fungsi serta cara penggunaan yang berbeda-beda.

Obeng sudah lama menjadi salah satu alat atau tools perkakas yang sering dibutuhkan untuk membetulkan atau membongkar sesuatu. Kamu bisa membongkar HP, memasang lemari, hingga memperbaiki kendaraan dengan obeng. Di zaman modern seperti sekarang ini, tentu obeng akan sangat dibutuhkan.

Ada beberapa jenis obeng yang perlu kamu ketahui. Berikut ini jenis-jenis obeng yang beraneka ragam beserta fungsinya.

1 dari 5 halaman

Obeng Elektrik

Jenis-jenis Obeng © Diadona© shutterstock.com

Jenis obeng yang pertama yaitu obeng elektrik. Obeng yang dayanya berasal dari baterai ini dapat memutar baut secara otomatis tanpa perlu tenaga manusia. jenis sekrupnya yaitu pipih dan silang yang untuk untuk dicopot.

Obeng Ractchet

Jenis-jenis Obeng © Diadona© detik/Indah Jaya Grup

Jenis obeng ratchet memiliki bentuk biasa dan memiliki banyak variasi sekrup seperti silang hingga pipih sehingga memudahkan para penggunanya dalam berbagai situasi.

2 dari 5 halaman

Obeng Magnet

Jenis-jenis Obeng © Diadona© shutterstock.com

Jenis obeng selanjutnya yaitu obeng magnet. Obeng satu ini dapat dengan mudah mengencangkan atau melepas baut karena terdapat magnet di ujungnya. Baut yang dilepas pun akan langsung menempel pada ujungnya. Ciri khas dari obeng satu ini yaitu pada ujungnya berwarna hitam.

Obeng Tespen

Jenis-jenis Obeng © Diadona© shutterstock.com

Selanjutnya ada obeng tespen yang tidak hanya untuk memasang atau melepas baut, namun juga untuk kelistrikan. Obeng satu ini efektif untuk memeriksa aliran listrik karena akan menyala jika dicolokkan pada colokan yang aktif. Ujung dari obeng satu ini berbentuk minus.

3 dari 5 halaman

Obeng Gagang Stabil

Jenis-jenis Obeng © Diadona© qhomemart.com

Jenis obeng satu ini memang memiliki gagang yang stabil serta slip yang terbuat dari karet. Slip tersebut efektif untuk mencegah pengguna terkena aliran listrik.

Obeng Aksesoris

Jenis-jenis Obeng © Diadona© tokopedia.com

Obeng aksesoris merupakan jenis obeng yang digunakan untuk memperbaiki segala jenis perabot serta alat listrik. Obeng satu ini juga bisa dipakai untuk memperbaiki aksesoris pribadi seperti kacamata hingga jam tangan.

4 dari 5 halaman

Obeng Fleksibel

Jenis-jenis Obeng © Diadona© qhomemart.com

Obeng fleksibel merupakan jenis obeng dengan bentuk seperti pulpen dan mata sekrup yang elastis alias bisa dibolak balik. Obeng satu ini efektif digunakan untuk menjangkau bagian-bagian yang sulit dijangkau obeng biasa.

Obeng Ketok

Jenis-jenis Obeng © Diadona© detik/Indah Jaya Grup

Obeng ketok merupakan jenis obeng yang memiliki tekstur kokoh. Obeng satu ini dapat mengencangkan sekrup dengan cepat namun membutuhkan kekuatan ekstra.

5 dari 5 halaman

Obeng Minus

Jenis-jenis Obeng © Diadona© shutterstock.com

 

jenis obeng satu ini memiliki bentuk pipih dan kecil di bagian ujungnya. Kamu bisa menggunakan jenis obeng satu ini untuk mengencangkan atau melepas sekrup minus.

Obeng Silang

Jenis-jenis Obeng © Diadona© shutterstock.com

Obeng silang atau plus merupakan jenis obeng yang sering kali kita lihat. Obeng satu ini memiliki ujung berbentuk silang atau plus. Obeng silang efektif dalam melepas atau mengencangkan sekrup berbentuk silang.

Itulah jenis-jenis obeng yang perlu kamu ketahui. Semoga membantu ya Diazens.

Beri Komentar