Jangan Terlalu Disayang, Bantal Ternyata Punya Masa Kadaluarsa, lho!

Reporter : Hevy Zil Umami
Selasa, 13 Oktober 2020 10:52
Jangan Terlalu Disayang, Bantal Ternyata Punya Masa Kadaluarsa, lho!
Coba perhatikan bantalmu.

Bantal adalah salah satu item yang sangat diperlukan untuk menunjang tidur yang baik.

Malah, terkadang tak hanya satu bantal yang kita butuhkan, ada bantal guling, dan bantal-bantal lucu lainnya, yang bisa membuat tidur makin nyaman.

Bahkan, ada yang sampai punya bantal kesayangan, yang digunakan bertahun-tahun lamanya, lho! Apakah itu kamu?

Eits, ada satu fakta unik nih yang diinfokan oleh dr. Sungadi Santoso, tentang bantal, yuk kita simak bersama.

1 dari 4 halaman

Bertahan 1-3 Tahun

Dokter Sung © Diadona

Ternyata, bantal punya masa berlakunya lho, jadi gak bisa selamanya digunakan. Lantas, berapa lama sih bantal ini boleh kita gunakan?

" Tergantung dari bantal Anda, tergantung dari kualitas bantal Anda." Jawab dokter Sung, panggilan akrab dokter Sungadi.

" Biasanya, bantal ini akan bertahan 1 hingga 3 tahun, dan Anda juga harus memperhatikan, mungkin baru beli, warnanya putih bagus, kemudian setelah 1 tahun Anda pakai, ternyata bentuknya sudah mulai kempes. Warnanya juga sudah mulai kuning," Imbuhnya.

2 dari 4 halaman

Fungsinya yang Krusial

Ilustrasi Tidur © Diadona

Ingat, peran bantal sangat krusial, lho.

" Di sini yang perlu Anda perhatikan adalah, bukan hanya warnanya yang telah berubah, tapi bentuknya, karena bantal Anda gunakan untuk menyangga kepala Anda saat tertidur."

" Bayangkan jika bantal itu tidak berfungsi sebagaimana mestinya, jika Anda pakai terus menerus, maka Anda akan sering sakit pada leher, atau pundak Anda." Ucap dokter Sung.

3 dari 4 halaman

Bisa Sakit Leher

Ilustrasi Tidur © Diadona

Bantal yang sudah tak layak pakai malah bisa jadi biang kerok jika kamu kerap merasakan sakit leher.

" Jadi, bagi Anda yang sering mengalami hal demikian, coba cek bantal Anda di kamar, siapa tahu itu penyebabnya." Tutur dokter Sung.

4 dari 4 halaman

Tempat Tungau

Ilustrasi Tidur © Diadona

Bantal yang sudah terlalu lama dipakai juga bisa jadi sarang bertumbuhnya tungau!

" Kemudian bantal yang seperti ini juga, jika Anda biarkan hingga 3-4 tahun Anda masih pakai, di situ banyak terdapat kutu debu, atau kita sebut dengan tungau."

" Jadi ini juga bisa menyebabkan Anda alergi, Anda sering bersin-bersin pada pagi hari. Jadi sebaiknya, selain Anda harus menjaga kebersihan seprei, Anda juga harus memperhatikan bantal Anda." Tutup dokter Sung.

Nah, dengan informasi dari dokter Sung ini, ayo lebih perhatian lagi sama bantal kita di rumah, toh ini juga untuk kesehatan diri, orang terkasih ya. Semoga membantu.

Beri Komentar