Hari Batik Nasional, yuk Moms Percantik Rumah dengan 7 Ide Hiasan Etnik Ini!

Reporter : Yayuk Harini
Jumat, 2 Oktober 2020 17:16
Hari Batik Nasional, yuk Moms Percantik Rumah dengan 7 Ide Hiasan Etnik Ini!
Dekorasi ala Batik juga seru nih!

Pada Jumat, 2 Oktober 2020 adalah momen yang bertepatan dengan Hari Batik Nasional. Tak hanya sebagai warisan budaya, kini batik memang lebih dekat dengan kita sebagai pilihan dalam berpakaian atau dalam keseharian lainnya.

Batik merupakan salah satu identitas bangsa yang penting untuk dipertahankan serta dilestarikan. Indonesia ternyata memiliki sekitar enam ribu motif batik lho, hal ini diungkapkan Direktur Jenderal (Dirjen) Kebudayaan Kementerian Pendidikan dan Kebudayaan (Kemendikbud), Hilmar Farid Setiadi.

Tak hanay dimanfatkan sebagai bahan pakaian saja, nyatanya batik juga bisa dimanfaatkan sebagai elemen dekorasi rumah. Melansir dari Tokokasur.com, berikut beberapa ide dekorasi rumah dengan memanfaatkan batik.

 

1 dari 7 halaman

1. Wallpaper Dinding

Ide Hiasan Etnik © Diadona

Tak hanya menggunakan cat, wallpaper merupakan salah satu pilihan untuk menghias dinding. Moms dapat menggunakan wallpaper dengan motif batik untuk membuat suasana ruangan yang etnik.

2 dari 7 halaman

2. Tirai Jendela

Ide Hiasan Etnik © Diadona

Gunakan kain batik dengan motif unik untuk menambah suasana etnik. Moms bisa menggunakan tirai batik ini untuk pemisah ruang. Ruangan minimalis yang sederhana pun akan semakin menarik dengan sentuhan motif batik yang cantik.

3 dari 7 halaman

3. Jam Dinding

Ide Hiasan Etnik © Diadona

Jam dinding satu ini memang terbilang anti-mainstream. Enggak ada salahnya mengubah desain jam dinding yang membosankan dengan kain batik bermotif unik ini. Moms bisa menempelkan kain batik di bagian dalam jam dinding. Moms juga dapat menambahkan angka untuk mempermudah penunjuk waktu. Jika enggak mau ribet, Moms juga bisa langsung membelinya dengan memilih motif batik sesuai keinginan.

4 dari 7 halaman

4. Furnitur Kayu

Ide Hiasan Etnik © Diadona

Furnitur kayu umumnya dibuat polos tanpa motif. Sangat cocok sekali hal ini bsa menjadi kesempatan untuk Moms berkreasi dengan mempercantik furnitur ini menggunakan sentuhan motif batik yang khas dan beragam. Padukan beberapa motif batik berbeda dan tampilan furnitur kayu tak lagi membosankan.

5 dari 7 halaman

5. Hiasan Dinding

Ide Hiasan Etnik © Diadona

Jika dinding rumah terasa polosan, maka Moms  bisa memasang koleksi dengan ragam motif batik yang unik di dinding ini. Moms biisa memajangnya baik di runag tamu, ruang keluarga atau sebagai pemanis dinding kamar. Tambahkan juga bingkai untuk menaruh kain batik atau hanya ditempel pada sebuah kanvas.

6 dari 7 halaman

6. Sarung Bantal dan Kursi

Ide Hiasan Etnik © Diadona

Motif batik yang indah dan beragam corak akan sangat bila digunakan sebagai sarung bantal atau kursi. Enggak perlu mahal-mahal, lebih baik Moms menggunakan kain batik print dibanding batik tulis biar hemat budget.

7 dari 7 halaman

7. Hiasan Gantung

Ide Hiasan Etnik © Diadona

Tidak memerlukan banyak usaha, Moms cukup memiliki kerangka seperti tangga yang dapat digunakan untuk menggantung koleksi batik dengan motif terbaik. Atur penempatan warna batik yang terang dan gelap secara kontras untuk tampilan yang menarik.

Bagaimana Moms, mudah bukan? Semoga terinspirasi ya.

Beri Komentar