Jangan Sembrono, Ini 7 Hal Penting yang Harus Dicek Sebelum Beli Apartemen

Reporter : Arif Mashudi
Selasa, 16 April 2024 11:27
Jangan Sembrono, Ini 7 Hal Penting yang Harus Dicek Sebelum Beli Apartemen
Buat barang mahal jangan coba-coba ya, Diazens~

Buat yang sudah lama hidup di kawasan perkotaan, akan sangat paham jika mendapatkan tempat tinggal adalah hal yang nggak mudah. Oleh sebab itu, apartemen merupakan pilihan yang cocok untuk mereka yang tinggal di kawasan perkotaan namun tetap dengan tempat tinggal yang nyaman.

Namun, karena ini bukan barang murah dan sepele, maka kamu harus memperhatikan beberapa hal penting yang harus dicek sebelum beli apartemen. Hal-hal seperti leglitas, reputasi pengembang, dan lain sebagainya harus kamu perhatikan betul.

Berikut ini Diadona telah merangkum beberapa hal penting yang harus kamu perhatikan sebelum membeli apartemen. Jadi, yuk simak artikel di bawah ini sampai habis ya!

1 dari 8 halaman

Hal Penting yang Harus Dicek Sebelum Beli Apartemen © Diadona© Freepik.com

Cek Legalitas dengan Detail

Langkah pertama yang tak boleh terlewatkan adalah memeriksa legalitas apartemen yang akan dibeli. Pastikan untuk memeriksa dokumen-dokumen seperti sertifikat kepemilikan, izin mendirikan bangunan, dan dokumen lain yang diperlukan.

Jangan ragu untuk meminta bantuan dari ahli hukum agar kamu bisa yakin bahwa properti tersebut tidak memiliki masalah hukum yang akan mempengaruhi kepemilikan di masa depan. Pastikan kamu tahu dengan detail mengenai hal krusial satu ini ya.

2 dari 8 halaman

Pilih Developer yang Terpercaya

Selanjutnya, pilih developer yang punya reputasi baik. Pemilihan developer yang memiliki reputasi baik adalah langkah penting dalam pembelian apartemen.

Telusuri track record developer tersebut, termasuk proyek-proyek sebelumnya dan feedback dari konsumen. Developer yang terpercaya cenderung menawarkan kualitas bangunan yang baik serta layanan purna jual yang memuaskan, yang akan meningkatkan nilai properti di masa mendatang.

3 dari 8 halaman

Hal Penting yang Harus Dicek Sebelum Beli Apartemen © Diadona© Freepik.com

Lokasi yang Strategis

Selanjutnya, lokasi juga penting untuk diperhatikan. Lokasi apartemen ini bisa sangat memengaruhi nilai investasi di kemudian hari loh Diazens. Jadi juga harus kamu pertimbangkan betul.

Usahakan untuk memilih lokasi yang strategis, dekat dengan pusat-pusat perkantoran, pusat perbelanjaan, transportasi umum, dan fasilitas umum lainnya. Lokasi yang baik tidak hanya meningkatkan kenyamanan dalam beraktivitas, tetapi juga menjamin daya tarik yang tinggi bagi penyewa atau pembeli potensial di masa depan.

4 dari 8 halaman

Ketahui Fasilitasnya

Selain itu, pastikan kamu juga sudah memerikan dan riset terkait fasilitas yang akan diberikan. Pasalnya, fasilitas pendukung ini bisa menjadi daya tarik tersendiri bagi siapapun yang akan menempati apartemen tersebut.

Fasilitas parkir kendaraan yang luas, kolam renang, taman bermain hingga pusat kebugaran adalah salah satu kunci agar unit apartemen dilirik oleh calon pembeli. Selain itu, bagi kamu yang akan membeli unit apartemen dengan jenis fully furnished, pastikan unit sudah menggunakan produk elektronik serta furniture berkualitas dari brand yang terpercaya.

5 dari 8 halaman

Hal Penting yang Harus Dicek Sebelum Beli Apartemen © Diadona© Freepik.com

Sesuaikan dengan Budget

Yang penting untuk kamu perhatikan juga nih, pastikan bahwa apartemen yang akan kamu pilih sesuai dengan budget yang kamu miliki. Tentukan batas maksimal yang akan kamu keluarkan, termasuk biaya-biaya tambahan seperti biaya administrasi, pajak properti, dan lain-lain.

Jangan pernah sesekali tergoda untuk membeli apartemen yang melebihi kemampuan finansial kamu ya Diazens agar tidak menghadapi masalah keuangan di kemudian hari.

6 dari 8 halaman

Buat Surat Perjanjian Jual Beli

Kalau semua sudah aman, dan kamu sudah mantap untuk melakukan pembelian jangan lupa untuk membuat surat perjanjian jual beli ya Diazens. Cermati betul surat kontrak perjanjian jual beli.

Hal ini sangat penting karena kamu dapat mengetahui hak dan kewajiban sebagai pemilik unit. Dengan memahaminya, diharapkan tidak akan timbul kesalahpahaman dan masalah di kemudian hari.

7 dari 8 halaman

Hal Penting yang Harus Dicek Sebelum Beli Apartemen © Diadona© Freepik.com

Kalau Bisa Beli Saat Launching

Last but not least untuk hal yang harus kamu perhatikan sebelum beli apartemen adalah beli saat acara launching. Pasalnya, di waktu ini akan banyak diskon yang bisa meringankan kamu loh Diazens.

Biasanya, pada saat launching ini pengembang akan menawarkan diskon besar. Sehingga, kamu bisa mendapatkan unit dengan harga lebih terjangkau.

Jadi itu ya Diazens beberapa hal mengenai detail yang harus kamu perhatikan sebelum beli apaetemen. Pastikan kamu tidak mendapatkan masalah terkait apartemen yang sudah kamu beli. Semoga artikel ini bermanfaat ya!

Beri Komentar