Pengertian IPL Apartemen Beserta Dasar Hukum dan Cara Menghitungnya

Reporter : Yoyok
Senin, 15 April 2024 17:40
Pengertian IPL Apartemen Beserta Dasar Hukum dan Cara Menghitungnya
Buat kamu yang ingin mencari hunian bertingkat, kalian perlu mengetahui yang namanya IPL apartemen.

IPL apartemen adalah elemen penting untuk diketahui buat kamu yang sedang mencari hunian bertingkat. Di zaman sekarang, hunian bertingkat menjadi pilihan rasional untuk kamu yang tinggal di lingkungan perkotaan. Apartemen pun menjadi pilihan banyak orang yang tidak mampu untuk beli rumah.

Sering kali banyak orang memilih membeli apartemen daripada rumah karena dekat dengan lingkungan pekerjaannya. Selain itu, faktor harga dan fasilitas juga menjadi elemen seseorang lebih memilih apartemen daripada rumah.

Namun, sebelumnya, kamu perlu untuk mengetahui IPL apartemen. Berikut ini adalah pengertian dari IPL apartemen yang perlu kamu ketahui.

1 dari 5 halaman

IPL Apartemen Adalah

IPL Apartemen adalah © Diadona© shutterstock.com

IPL (Iuran Pengelolaan Lingkungan) merupakan biaya yang dibayarkan oleh para pemilik atau penyewa apartemen kepada pengelola apartemen untuk menjaga dan memelihara lingkungan hunian. Biaya ini biasanya digunakan untuk berbagai tujuan, termasuk pemeliharaan fasilitas umum seperti lift, tangga, koridor, taman, dan tempat parkir; pengelolaan sampah; keamanan; listrik dan air untuk fasilitas umum; serta biaya administrasi dan manajemen lainnya.

Iuran ini seringkali diatur oleh perjanjian penyewaan atau oleh aturan dan regulasi yang ditetapkan oleh asosiasi apartemen atau pengelola properti. Jumlahnya bisa bervariasi tergantung pada fasilitas dan layanan yang disediakan oleh apartemen tersebut.

2 dari 5 halaman

Komponen IPL

IPL Apartemen adalah © Diadona© shutterstock.com

Ada tiga komponen dalam IPL apartemen yang perlu kamu ketahui, yaitu:

1. Biaya Utilitas

Biaya utilitas yang dimaksud merupakan biaya perawatan serta pengelolaan instalasi. Utilitas yang dimaksud di antaranya adalah gas, listrik, air, serta engineering. Perawatan yang dimaksud juga meliputi segala fasilitas yang ada di dalam unit dan apartemen, seperti AC dan lift.

2. Service Charge

Service charge di sini meliputi segala hal untuk membiayai kegiatan operasional apartemen. Contohnya seperti menggaji karyawan apartemen seperti satpam, petugas parkir, cleaning service, dan masih banyak lagi.

3. Sinking Fund

Sinking fund merupakan sebuah dana cadangan. Dana sinking fund merupakan sebuah iuran wajib yang akan digunakan saat keadaan terdesak atau darurat. Keadaan darurat yang dimaksud seperti saat fasilitas apartemen rusak dan butuh perbaikan secepatnya, maka dana sinking fund akan digunakan.

3 dari 5 halaman

Dasar Hukum IPL Apartemen

IPL Apartemen adalah © Diadona© shutterstock.com

Pihak pengelola apartemen boleh mengatur tata cara pembayaran iuran kepada para pemilik. Hal ini sudah diatur dalam Undang-Undang. Berikut ini adalah dasar hukumIPL apartemen di Indonesia:

– UU No. 20 Tahun 2011 tentang Rumah Susun

– Peraturan Pemerintah (PP) No. 4 Tahun 1988 tentang Rumah Susun

– Peraturan Pemerintah (PP) No. 13 Tahun 2021 tentang Penyelenggaraan Rumah Susun

4 dari 5 halaman

Faktor Menetapkan IPL

IPL Apartemen adalah © Diadona© shutterstock.com

Ada beberapa faktor penetapan biaya IPL pada sebuah apartemen. Faktor-faktor berikut dapat berubah sewaktu-waktu atau malah secara periodik terjadi perubahan. Berikut ini adalah beberapa faktor menetapkan sebuah IPL:

1. Rencana Pengeluaran

Rencana atau biaya pengeluaran dalam setahun menjadi salah satu faktor pengelola apartemen menetapkan IPL. Total dari pengeluaran yang akan didapat akan dikurangi dengan jumlah pendapatan. Nantinya, hasil dari pengeluaran tersebut yang wajib dibayarkan oleh pemilik unit.

2. Pemasukan Lain

Pengelola apartemen perlu mengetahui kira-kira dari mana saja pendapatan atau pemasukan selain dari IPL. Contohnya seperti biaya sewa spot mesin ATM, sewa ruang untuk evetn, dan lain-lainnya.

3. Luas Apartemen

Luas unit apartemen juga bisa menentukan besaran IPL yang ditetapkan. Tarif IPL bahkan dihitung dari luas per meter sebuah unit apartemen.

4. Kenaikan UMR

Jika terjadi kenaikan UMR, maka biaya IPL juga mengalami perubahan. Jika UMR seuatu daerah naik, maka IPL apartemen juga ikut naik.

5 dari 5 halaman

Cara Menghitung IPL Apartemen

IPL Apartemen adalah © Diadona© shutterstock.com

Pada dasarnya, besaran IPL ditentukan dari luas unit apartemen yang dimiliki. Jadi, semakin luas unit apartemennya, maka akan semakin besar biaya IPL yang harus dibayar.

Seperti contoh, jika biaya per meter dari IPL yang dipatok sebesar Rp50.000, dan luas unit mencapai 15 meter persegi, maka tinggal dikalikan saja. Biaya IPL = IPL apartemen x luas unit apartemen. 50.000 x 15 = 750.000

Jadi, dari rumus tersebut ditemukan bahwa besaran biaya IPL apartemen yang dikenakan yaitu Rp750.000. Biaya tersebut sangat fluktuatif karena didasarkan dari berbagai faktor.

Jadi, dari keterangan di atas, diketahui bahwa IPL apartemen adalah biaya yang dikenakan kepada pemilik apartemen sebagai bentuk perawatan fasilitas yang didapatkan. Semoga membantu ya Diazens.

Beri Komentar