Gak Perlu Panggil Tukang, Berikut 5 Cara Mudah Buat Menutup Dinding Rumah yang Retak

Reporter : Yayuk Harini
Senin, 7 September 2020 16:24
Gak Perlu Panggil Tukang, Berikut 5 Cara Mudah Buat Menutup Dinding Rumah yang Retak
Atasi dinding retak dengan 5 cara mudah berikut Moms.

Hal yang biasa umum terjadi pada suatu bangunan adalah mengetahui dinding yang retak. Banyak faktor yang menyebabkan dinding bisa retak, bisa karena pengerjaan yang kurang sempurna, ataupun kurangnya pengawasan di lapangan.

Masalah ini dapat terjadi karena proses plester pada dinding yang dilakukan belum benar-benar kering. Proses pengerjaan yang belum sempurna ini akan membuat dinding retak di permukannya. 

Tak hanya itu, faktor lain yang bisa terjadi bisa karena komposisi adukan yang kurang tepat. Pengecatan ulang dapat dilakukan untuk mengatasi masalah ini, namun akan membutuhkan banyak biaya dan pross pengerjaannya. Tak perlu repot, berikut ini adalah hal yang biisa Moms lakukan untuk mengakalinya.

1 dari 5 halaman

Pasang Wallpaper

Diding dengan Wallpaper © Diadona

Wallpaper mampu menutup permukaan dinding dengan sempurna, tentu tanda permukaan dinding yang retak pun tidak terlihat. 

Wallpaper juga tersedia dalam berbagai motif dan warna yang dapat disesuaikan dengan kebutuhan ruang. Pilih warna dan motif kecil agar ruang tetap terasa lega saat ingin mengaplikasikan

2 dari 5 halaman

Cat Bertekstur Pada Dinding

Cat Bertekstur © Diadona

Cat dengan efek washed, ragged, atau efek lainnya akan menyamarkan retak pada dinding. Warnanya sendiri sengaja dibuat tidak rata untuk menyiasati keretakan. Dengan dinding bermotif dapat juga dapat menjadi aksen yang menarik pada ruang. Namun, janganlah mengaplikasikan cat efek berwarna tua ke seluruh permukaan dinding, karena akan membuat ruang terlihat ramai dan penuh.

3 dari 5 halaman

Tutup Penuh dengan Cermin

Menutup Dinding dengan Kaca © Diadona

Untuk menutupi bidang retak pada dinding, Moms juga dapat memasang cermin berukuran besar pada ruangan. Selain dapat menutup retak pada dinding, cermin juga dapat memberikan ilusi ruangan yang lebih besar dan megah.

4 dari 5 halaman

Gunakan Panel Dinding

Panel Dinding © Diadona

Panel dinding mampu menutup dinding retak dengan sempurna. Panel dapat dibuat sendiri, atau membeli panel yang sudah jadi. Bahannya pun bermacam-macam, mulai dari kayu hingga PVC.

5 dari 5 halaman

Pajang Foto Berbingkai Besar

Lukisan Bingkai Besar © Diadona

Terakhir adalah dengan memajang foto atau lukisan berbingkai besar. Cara ini cocok untuk diaplikasikan di retakan dinding yang sedikit pada tembok.

Namun, Moms juga harus mengetahui seberapa besar keretakan terjadi. Sebesar apapun bingkai foto tentu tidak akan mampu menutupi bagian retak yang cukup luas.

Itulah tadi beberapa cara untuk menutupi bagian dinding yang retak. Semoga membantu Moms.

Beri Komentar