9 Furnitur Rumah Minimalis yang Efisien dan Gak Bikin Sempit

Reporter : TIM MAGANG ASIK
Kamis, 7 Desember 2023 13:05
9 Furnitur Rumah Minimalis yang Efisien dan Gak Bikin Sempit
Furnitur rumah minimalis ini justru bikin tampilan rumahmu makin estetik walaupun punya ruang terbatas

Desain interior rumah minimalis selalu menonjolkan keindahan dalam kesederhanaan namun tetap terlihat elegan dan menawan. Furnitur rumah minimalis menjadi salah satu elemen kunci dalam memberikan sebuah estetika pada ruangan. Dengan mengutamakan fungsi dan penggunaan dekoratif yang tidak berlebihan, furnitur rumah tersebut mampu menciptakan ruangan yang bersih dan terlihat lapang. Furnitur minimalis banyak menggunakan warna-warna netral, sederhana namun tetap berkualitas.

Dalam sebuah rumah minimalis, setiap furnitur memiliki peran yang penting untuk memberikan sifat yang fungsional dan menjadi tambahan dekorasi estetis. Furnitur rumah minimalis cenderung memiliki desain yang sederhana, sehingga memberikan kesan ruangan yang lebih terbuka.

Hal ini akan sangat membantu jika hunianmu memiliki tata letak yang terbatas. Desainnya yang sederhana seringkali memudahkan penggunanya untuk melakukan proses pembersihan dengan cepat. Beberapa furnitur minimalis umumnya dirancang untuk berfokus pada fungsionalitas. Hal ini membuat rumah lebih efisien dan nyaman untuk digunakan. 

Desain furnitur rumah minimalis cenderung fleksibel dan mudah dipadukan dengan berbagai gaya dekorasi rumah. Sehingga memudahkan penghuninya untuk memilih furnitur sesuai dengan gaya atau selera mereka.

Desain furnitur minimalis seringkali menyertakan solusi penyimpanan yang efektif seperti meja lipat atau rak tersembunyi yang dapat membantu mengorganisir ruangan. Untuk kamu yang sedang mencari inspirasi furnitur rumah minimalis, langsung aja yuk cek beberapa rekomendasinya di bawah ini!

 

1 dari 9 halaman

Sofa Minimalis

Furnitur Rumah Minimalis © Diadona

Rekomendasi furnitur rumah minimalis yang pertama adalah sofa minimalis. Sofa minimalis memiliki desain yang sederhana tanpa membutuhkan detail yang berlebihan.

Kamu dapat memilih sofa dengan warna netral seperti putih, abu-abu, beige dan hitam untuk menciptakan kesan yang bersih dan rapi pada area ruang tamu atau ruang keluarga.

Pilihan bahan  berkualitas seperti kain linen atau kulit dengan tekstur yang halus dapat digunakan untuk melapisi sofa minimalis karena mampu memberikan kesan elegan dan mewah.

2 dari 9 halaman

Rak Dinding

Furnitur Rumah Minimalis © Diadona

Rak dinding dapat menjadi furnitur rumah minimalis yang membantu untuk mengoptimalkan ruang, memberikan ruang penyimpanan dan memberikan sentuhan estetika pada rumah. Rak dinding minimalis cenderung memiliki desain terbuka tanpa pintu, hal ini memudahkan akses bagi penggunanya dan memberikan tampilan yang terbuka.

Kamu juga dapat memilih model rak dinding dengan elemen penyimpanan tersembunyi seperti laci kecil atau pintu yang dapat ditutup untuk menyembunyikan barang-barang agar lebih terorganisir.

 

 

3 dari 9 halaman

Meja dan Kursi Makan Minimalis

Furnitur Rumah Minimalis © Diadona

Meja dan kursi makan minimalis menjadi salah satu elemen penting dalam furnitur rumah minimalis pada ruangan dapur. Material yang umumnya digunakan untuk meja makan minimalis mencakup kayu, kaca atau logam. Beberapa material tersebut dapat dipilih untuk memberikan kesan yang menawan dan berkualitas.

Warna-warna netral seperti coklat muda dengan kombinasi putih seringkali menjadi pilihan yang populer digunakan untuk kursi maupun meja makan minimalis. Warna netral dapat menciptakan tampilan yang lebih bersih dan modern. 

 

4 dari 9 halaman

Lemari Minimalis

Furnitur Rumah Minimalis © Diadona

Lemari merupakan salah satu furnitur rumah minimalis untuk menyimpan berbagai barang-barang atau kebutuhan rumah. Pemilihan lemari yang sesuai dengan dekorasi minimalis mampu menciptakan tampilan yang bersih, rapi dan efisien sebagai ruang penyimpanan.

Kamu dapat memilih lemari dengan material kayu atau MDF karena bersifat kokoh dan lebih tahan lama. Beberapa lemari minimalis dapat dirancang dengan fungsi ganda seperti menjadi lemari TV, lemari penyimpanan multifungsi untuk membantu mengoptimalkan penggunaan ruang dengan lahan terbatas.

5 dari 9 halaman

Tempat Tidur

Furnitur Rumah Minimalis © Diadona

Tempat tidur menjadi komponen penting furnitur rumah minimalis untuk menjadi tempat istirahat yang menenangkan. Pemilihan tempat tidur yang sesuai dengan estetika minimalis mampu menciptakan ruang tidur yang lebih bersih dan efisien.

Kamu dapat memilih dasar tempat tidur dengan warna netral seperti putih, abu-abu atau warna kayu alami karena mampu menciptakan atmosfer menenangkan. Kamu dapat memilih model tempat tidur minimalis yang dilengkapi dengan laci penyimpanan untuk menyimpan sprei, selimut atau barang dekorasi lainnya. 

 

6 dari 9 halaman

Kursi Ruang Kerja

Furnitur Rumah Minimalis © Diadona

Kursi ruang kerja mampu menambah efektivitas penggunanya ketika sedang belajar atau bekerja dari rumah. Sehingga beberapa orang menjadikan kursi ruang kerja sebagai furnitur rumah minimalis yang mampu menciptakan produktivitas saat bekerja.

Kursi ruang kerja minimalis seringkali dirancang dengan desain yang ergonomis untuk memberikan kenyamanan optimal saat bekerja. Kamu dapat memilih kursi ruang kerja dengan tinggi yang sesuai dan mampu memberikan kenyamanan bagi punggung.  

 

7 dari 9 halaman

Lampu Minimalis

Furnitur Rumah Minimalis © Diadona

Lampu minimalis merupakan salah satu elemen kunci yang sering dipakai untuk melengkapi furnitur rumah minimalis. Lampu minimalis memiliki desain yang sederhana dan tidak berlebihan. Bahan-bahan seperti logam ringan atau metal sering digunakan sebagai bahan dasar lampu.

Kamu dapat memilih lampu dengan nuansa hangat berwarna putih atau kuning yang dapat memberikan atmosfer hangat saat tidur di malam hari. Lampu minimalis juga dapat menggunakan teknologi pencahayaan modern seperti lampu LED yang hemat energi dan memberikan banyak pilihan variasi warna. 

 

8 dari 9 halaman

Kabinet Dapur

Furnitur Rumah Minimalis © Diadona

Kabinet dapur berfungsi untuk menyediakan ruang penyimpanan berbagai peralatan dapur seperti piring, gelas, alat mask, peralatan makan hingga bahan-bahan makanan. Hal ini menjadikan kabinet dapur sebagai furnitur rumah minimalis yang cukup penting agar ruangan tersebut tetap terorganisir dengan baik.

Kabinet dapur terkadang dirancang dengan elemen penyimpanan yang fleksibel seperti laci, rak geser atau rak yang dapat diatur untuk memungkinkan pemilik rumah menyusun atau mengakses barang dengan lebih mudah. 

 

9 dari 9 halaman

Rak TV Minimalis

Furnitur Rumah Minimalis © Diadona

Rak TV sebagai furnitur rumah minimalis tidak hanya berfungsi sebagai tempat meletakkan Televisi saja, namun juga menjadi sebuah elemen dekoratif yang dapat memberikan estetika minimalis. Pilihlah material dengan kualitas tinggi yang mampu menahan TV dengan kuat seperti material logam, MDF, kayu hingga komposit.

Rak TV minimalis dapat dirancang sebagai rak terbuka untuk menampilkan dekorasi atau sebagai rak tertutup untuk menyembunyikan berbagai peralatan elektronik dan barang-barang lainnya.

Itulah sejumlah rekomendasi furnitur rumah minimalis yang dapat dijadikan pilihan untuk memberikan estetika pada ruangan. Pastikan untuk memilih furnitur yang berkualitas agar dapat digunakan dalam jangka waktu yang lama. Semoga bermanfaat!



Editor: An Nisa Maulidiyah

 

 

Beri Komentar