13 Desain Rumah Ukuran 4x6 Meter, Tetap Efisien dan Nyaman di Ruang Terbatas

Reporter : Dhewi Bayu Larasati
Senin, 18 Maret 2024 11:51
13 Desain Rumah Ukuran 4x6 Meter, Tetap Efisien dan Nyaman di Ruang Terbatas
Dibutuhkan kreativitas dalam merancang dan memanfaatkan ruang yang terbatas, salah satunya di rumah dengan ukuran 4x6 meter

Rumah dengan ukuran  4x6 meter umumnya emang dianggap sebagai rumah yang cukup kecil. Tapi jangan salah, rumah mungil ini punya banyak keunggulan dan tantangan.

Keuntungan rumah berukuran kecil seperti itu 4x6 ini termasuk di antaranya efisiensi penggunaan ruang, biaya perawatan yang lebih rendah, dan kesederhanaan dalam desain. Rumah kecil juga dapat mendorong gaya hidup minimalis dan ramah lingkungan karena mengurangi konsumsi energi dan material.

Tapi rumah kecil punya banyak tantangan yang menyulitkan, seperti sulitnya menyesuaikan ruang dengan kebutuhan anggota keluarga yang mungkin saja berkembang, keterbatasan ruang untuk menyimpan barang, kurangnya privasi, dan masih banyak lagi

Secara keseluruhan, desain rumah berukuran 4x6 meter sangat tergantung pada preferensi individu, kebutuhan, dan kreativitas dalam merancang dan memanfaatkan ruang yang terbatas. Apakah deretan desain rumah ukuran 4x6 di bawah ini ada yang memenuhi kebutuhan dan seleramu?

 

1 dari 13 halaman

Desain dan Denah Rumah Ukuran 4x6 Meter

Desain dan Denah Rumah Ukuran 4x6 Meter © Diadona©livingnatiny.com

Membangun rumah kecil memang lebih hemat, tapi ada banyak tantangan yang harus kamu hadapi untuk menyiasati bangunan yang kecil. Seperti pada gambar di atas yakni model rumah ukuran 4x6 dengan jendela dan pintu lebar untuk memasukkan sebanyak mungkin cahaya alami alami rumah. 

Cahaya alami memberikan kesan visual yang lebih terang dan cerah pada ruangan. Nah, ruangan yang terang cenderung terlihat lebih luas daripada ruangan yang gelap. Cahaya yang merata juga membantu mengurangi bayangan yang bisa membuat ruangan terasa lebih kecil.

2 dari 13 halaman

Desain dan Denah Rumah Ukuran 4x6 meter © Diadona©dreamtinyliving.com

Yang unik dari desain rumah berukuran 4x6 meter di atas yakni keberadaan kamar mandi yang justru terletak di bagain depan rumah. Penempatan kamar mandi di bagian depan memudahkan akses bagi tamu dan pengunjung buat ke kamar mandi, tanpa harus melewati dapur.

3 dari 13 halaman

Rumah Ukuran 4x6 Tipe House Loft

Rumah Ukuran 4x6 Tipe House Loft © Diadona©Pinterest.com

Konsep rumah house loft ini umumnya digunakan untuk memanfaatkan bangunan yang dulunya digunakan untuk tujuan industri atau komersial, seperti gudang atau pabrik, yang kemudian diubah menjadi tempat tinggal. Makanya, tempat tinggal ini punya langitlangit yang tinggi dengan desain terbuka.

House loft seringkali diminati oleh mereka yang punya keterbatasan lahan untuk membangun rumah dan menghargai desain unik. Selain itu, pemiliknya juga harus punya kemampuan untuk menyesuaikan ruang sesuai dengan kebutuhan mereka. Tantangan lain yang harus dihadapi yakni privasi yang terbatas dan ruang yang tidak kedap suara karena kurangnya dinding pembatas.

4 dari 13 halaman

Denah Rumah 4x6 Meter 1 Kamar

Denah Rumah 4x6 Meter 1 Kamar © Diadona©Pinterest.com

Denah rumah 4x6 meter seperti pada gambar di atas memungkinkan kamu memiliki kamar mandi memanjang walau lebar yang sempit, begitu pula dengan bagian dapur.

Terapkan beberapa tips berikut ini untuk menyiasati desain dapur sempit dan memanjang, antara lain :

  • masukkan cahaya alami sebanyak mungkin
  • gunakan lemari pintu geser
  • manfaatkan setiap celah
  • beli perabotan dapur sesuai ukuran

5 dari 13 halaman

Denah Rumah Ukuran 4x6 1 Kamar Tidur © Diadona© Pinterest

Sementara itu pada desain rumah berukuran 4x6 berikut ini, kamar tidur terletak di bagian paling belakang rumah dengan dapur sempit dan minimalis. Pastikan dapur selalu bersih terhindar dari sampah, binatang khas dapur agar tak mengganggu kenyaman dalam rumah.

6 dari 13 halaman

Desain Rumah Ukuran 4x6 Sederhana

Desain Rumah Ukuran 4x6 Sederhana © Diadona©instagram.com/bursa_rumahjogja/

Salah satu tip menyiasati rumah sempit berukuran 4x6 meter yakni penggunaan pintu geser. Pintu geser nggak memerlukan ruang ekstra untuk membuka dan menutup, sehingga ruang tresebut bisa kamu manfaatkan secara maksimal.

Nggak hanya di ruang tamu rumah sempit, tapi terapkan pintu geser pada kamar mandi, atau ruang yang memiliki pola lalu lintas yang sibuk.

7 dari 13 halaman

Tampak Depan Rumah Ukuran 4x6 meter Dengan Desain Trapesium

Tampak Depan Rumah Ukuran 4x6 meter Dengan Desain Trapesium © Diadona©instagram.com/cari.rumah.jogja/

Walau berukuran kecil tapi nggak menghalangi rumah berukuran 4x6 untuk tampil unik dan estetik, salah satunya dengan menghadirkan desain trapesium. Ini bisa menjadi daya tarik visual yang kuat dan memberikan kesan modern atau futuristik tergantung pada bagaimana desainnya diimplementasikan.

8 dari 13 halaman

Tampak Depan Rumah Ukuran 4x6 Meter

Tampak dEpan Rumah Ukuran 4x6 Meter © Diadona©jbsolis.com

Rumah dengan atap datar sering dikaitkan dengan desain modern dan kontemporer. Atap datar memberikan rumah penampilan yang bersih, sederhana, dan minimalis.

Trus karena atap datar memberikan platform datar, rumahrumah seperti ini seringkali dimanfaatkan untuk membuat atap menjadi ruang terbuka atau ruang hijau yang dapat digunakan sebagai area bersantai atau berkebun di atap (rooftop garden). Desain bangunan dengan atap datar juga pas banget bila diproyeksikan sebagai bangunan dengan dua lantai.

Denah rumah berukuran 4x6 berikut ini menempatkan dapur di sisi samping rumah dengan ukuran lebar sempit namun memanjang.

 

9 dari 13 halaman

Rumah Ukuran 4x6 1 Lantai

Rumah Ukuran 4x6 1 Lantai © Diadona© fb.watch

Walaupun sempit, tapi rumah dengan atap tinggi seperti pada desain berikut ini ngasih kesan ruangan yang lebih besar dan terbuka. Ketinggian atap ngasih ruang vertikal tambahan yang bisa dimanfaatkan buat bikin ruangan terasa lebih luas dan nyaman.

10 dari 13 halaman

Rumah Ukuran 4x6 Memanjang

Rumah Ukuran 4x6 Memanjang © Diadona©track.fiverr.com

Desain rumah berukuran 4x6 meter sangat tergantung pada preferensi individu, kebutuhan, dan kreativitas dalam merancang dan memanfaatkan ruang yang terbatas, dan denah rumah berikut ini membuktikan keapikannya.

Ruang tamu, kamar tidur dan dapur mendapatkan akses sinar matahari dari depan rumah, membuat kesan ruangan terasa lebih lega.

11 dari 13 halaman

Denah Rumah Minimalis 4x6 Meter

Denah Rumah Minimalis 4x6 Meter © Diadona©Pinterest.com

Ruang tamu, dapur dan ruang makan pada desain rumah berikut ini menggunakan desain open space sehingga bikin ruangan terasa lebih lega. Pandangan tidak terhalang oleh partisi jaid memungkinkan mata buat bisa melihat ke seluruh ruangan. Akibatnya, terciptalah ilusi ruang yang lebih besar karena pandangan tidak tidka 'terpotobg'.

12 dari 13 halaman

Denah Rumah Ukuran 4x6 meter

Denah Rumah Ukuran 4x6 meter © Diadona©track.fiverr.com

Dikutip dari berbagai sumber, untuk membuat ruangan jadi terkesan lebih luas, gunakan keramik lantai berwarna tenang dan cerah. Pilih juga keramik berukuran besar yang akan membantu mengurangi garis-garis batas ata garis nat antar ubin, membuat rumah jadi tampak lebih luas.

13 dari 13 halaman

Denah Rumah Ukuran 4x6 meter

Denah Rumah Ukuran 4x6 meter © Diadona©go.fiverr.com

Buat pengganti meja makan, pilih minibar dengan desain minimalis pada rumah sempit berukuran 4x6 meter. Sebab minibar minimalis ngasih tampilan yang bersih dan rapi sehingga bikin rumah terlihat lebih tenang dan lapang.

Mendesain rumah dengan ukuran 4x6 meter memang penuh dengan tantangan. Dibutuhkan kreativitas agar rumah sempit tersebut bisa memnuhi kebutuhan ruang seluruh anggota keluarga.

Beri Komentar