8 Cara Mengusir Laron Tanpa Mematikan Lampu yang Efektif Bikin Tak Kembali

Reporter : TIM MAGANG ASIK
Selasa, 19 Desember 2023 17:22
8 Cara Mengusir Laron Tanpa Mematikan Lampu yang Efektif Bikin Tak Kembali
Cara mengusir laron tanpa mematikan lampu bisa dengan menggunakan bahan alami, tak repot harus mematikan lampu

Pernah nggak sih kamu merasa bete karena ada laron yang berkeliaran di sekitar rumah? Gak cuma bikin jengkel, laron juga bisa buat kita susah tidur dan nggak betah di rumah sendiri. Nah, tapi tenang aja, ternyata ada cara mengusir laron tanpa mematikan lampu yang bisa kita lakuin  tanpa harus membuat suasana jadi suram lho!. Mau tau gimana caranya? Yuk, kita bahas lebih lanjut!

Mungkin kita sering denger mitos kalo mematikan lampu bisa membuat laron di rumah. Tapi, faktanya, ini nggak selalu berlaku. Laron suka datang bukan cuma karena cahaya lampu, tapi juga karena makanan dan bau yang ada di sekitar kita. Jadi, selain cara mengusir laron tanpa mematikan lampu, kamu juga perlu memastikan kebersihan rumah dan memperhatikan bau-bau yang ada sehingga bisa mengundang laron datang.

Laron ternyata punya hidung yang cukup peka terhadap bau. Ada beberapa aroma yang bikin mereka nggak betah dan akhirnya pada cabut dari rumah kita. Salah satu bau yang gak disukai laron adalah bau cengkeh. Kita bisa mencampurkan minyak esensial cengkeh dengan air dan menyemprotkannya di area yang sering dihinggapi laron. Selain itu, bau jeruk juga bisa bikin mereka gak betah. Jadi, coba deh bersihin lantai atau permukaan yang sering dilewati laron dengan campuran air jeruk.

Pertanyaan yang sering muncul, nih! Berapa lama sih laron bakal minggat setelah kita coba usir pake cara-cara tadi? Sebenarnya, waktu yang dibutuhkan bisa bervariasi tergantung pada seberapa sering kita terapkan cara-cara tersebut dan seberapa parah laron yang datang. Namun, dengan konsisten menjaga kebersihan rumah dan menggunakan aroma yang tidak disukai laron, tunggu beberapa saat.

Berikut ini beberapa cara mengusir laron tanpa mematikan lampu yang bisa kamu terapkan di rumah.

 

1 dari 8 halaman

Menggunakan Raket Listrik

Cara Mengusir Laron Tanpa Mematikan Lampu © Diadona

Cara mengusir laron tanpa mematikan lampu yang pertama adalah menggunakan raket listrik yang biasanya digunakan untuk nyamuk. Caranya gampang banget kamu hanya perlu mengayunkan atau memukulnya pada laron yang berterbangan di rumah, dengan begitu laron akan terbakar dan mati.

Raket listrik jadi solusi yang praktis karena nggak butuh bahan kimia tambahan. Selain itu raket listrik juga bisa dipakai berkali-kali meski hanya sekali pengecasan, jadi lebih hemat dan ramah lingkungan. 

 

2 dari 8 halaman

Gunakan Air Dalam Wadah

Cara Mengusir Laron Tanpa Mematikan Lampu © Diadona

Tau nggak sih kalau ada cara mengusir laron tanpa mematikan lampu yang lebih simpel? Ternyata laron itu nggak suka dengan adanya air lho! Nah kamu bisa coba trik simpel ini! Tuangkan air dalam wadah yang agak besar, gunakan mangkok atau baskom, lalu letakkan di dekat arean yang sering dipenuhi laron.

Dengan cara tersebut laron akan susah untuk bergerak di atas air. Nah, agar trik ini lebih maksimal, pilih tempat yang strategis buat meletakkan wadah air. Misalnya dekat dengan sumber cahaya atau pintu masuk yang sering dilewati laron. 

 

3 dari 8 halaman

Buat Semprotan Sabun Cair

Cara Mengusir Laron Tanpa Mematikan Lampu © Diadona

Cara mengusir laron tanpa mematikan lampu selanjutnya adalah membuat semprotan dari sabun cair! Cara bikinnya pun nggak ribet. Siapkan botol semprot kosong lalu tuang sabun cair ke dalamnya dan tambahkan air secukupnya, setelah itu kocok biar semua tercampur rata.

Nah, cara ini bisa jadi senjata andalan buat mengusir laron di rumah kamu. Agar cara ini bisa lebih efektif, pilih sabun dengan aroma yang nggak disukai laron, misalnya sabun dengan aroma cengkeh atau lemon. 

 

4 dari 8 halaman

Gunakan Campuran Air dan Bawang Putih

Cara Mengusir Laron Tanpa Mematikan Lampu © Diadona

Selain cara diatas, campuran air dan bawang putih juga salah satu cara mengusir laron tanpa mematikan lampu yang nggak kalah ampuh. Salah satu kelemahan laron adalah aroma bawang putih yang tidak disukai. Caranya gampang banget, siapkan beberapa siung bawang putih yang telah dikupas kemudian potong kecil-kecil.

Lalu rendam potongan bawang putih tersebut ke dalam air semalaman. Keesokan harinya, saring airnya dan tuang ke dalam semprotan. Semprot campuran air dan bawang putih tersebut ke area yang sering dihuni laron. 

 

5 dari 8 halaman

Menggantung Cabai

Cara Mengusir Laron Tanpa Mematikan Lampu © Diadona

Cara mengusir laron tanpa mematikan lampu satu ini cukup dengan menyiapkan cabai merah atau cabai rawit saja! Kamu hanya perlu menggantungnya di area yang sering dikerubungi laron. Selain tidak menyukai aroma-aroma diatas, laron juga sangat membenci bau pedas dari cabai lho.

Agar cara ini tetap ampuh, maka jangan lupa untuk mengganti cabai secara berkala sehingga bau yang dikeluarkan pun masih fresh dan menyengat. Dengan menggantung cabai secara konsisten, maka rumah kamu akan terhindar dari serangan laron yang cukup mengganggu aktivitas. 

 

6 dari 8 halaman

Buat Semprotan Cuka

Cara Mengusir Laron Tanpa Mematikan Lampu © Diadona

Selanjutnya, semprotan cuka juga salah satu cara mengatasi laron tanpa mematikan lampu yang bisa dijadikan sebagai alternatif solusi. Laron ternyata juga tidak suka dengan bau asam dari cuka lho. Cara buatnya juga simpel, campurkan saja cuka dengan air dalam botol semprot.

Rasio air dan cuka sekitar 1:1 untuk hasil yang lebih ampuh. Supaya kamu tidak terganggu dengan bau cuka, maka bisa tambahkan beberapa tetes minyak esensial dengan aroma yang kamu suka. Jadi selain ngusir laron, kamu juga bisa bikin rumah jadi lebih wangi dan nyaman. 

 

7 dari 8 halaman

Taburan Garam

Cara Mengusir Laron Tanpa Mematikan Lampu © Diadona

Taburan garam bisa jadi cara mengatasi laron tanpa mematikan lampu yang cukup mudah kamu lakukan di rumah. Garam bisa bikin laron bingung dan membuat laron jadi kewalahan lewat di area yang bertaburan garam.

Caranya mudah banget, tinggal taburin aja garam di area-area yang sering dihuni laron terutama di pojok-pojok gelap atau sela-sela furnitur. Taburan garam ini juga aman buat rumah dan nggak beracun, jadi jangan khawatir jika menaburi garam di sekeliling rumah yang sering dilewati keluarga maupun hewan peliharaan. 

 

8 dari 8 halaman

Gunakan Semprotan Pembasmi Serangga

Cara Mengusir Laron Tanpa Mematikan Lampu © Diadona

Buat yang nggak mau ribet dan pengen solusi instan, nih coba pakai cara mengusir laron tanpa mematikan lampu dengan semprotan pembasmi serangga. Ada banyak produk pembasmi serangga yang bisa kamu beli di toko-toko terdekat.

Pilih yang aman buat rumah dan pastikan mengandung bahan-bahan yang bisa membasmi laron. Tidak butuh waktu lama, laron-laron yang ada di rumahmu akan berjatuhan. Meski memakai semprotan pembasmi serangga bisa cepat dan efektif, tapi kita harus tetap berhati-hati selama penggunaannya. 

Itulah tadi  cara mengatasi laron tanpa mematikan lampu yang super praktis. Dengan cara-cara sederhana yang telah dijelaskan, kamu bisa menjaga kebersihan rumah dan kenyamanan tanpa harus gelap-gelapan. Jadi, selamat mencoba trik-trik tersebut dijamin! Rumah akan terhindar dari serangan laron yang cukup mengganggu aktivitas.

 

Beri Komentar