7 Cara Mengusir Kucing Liar Agar Tidak Berak Sembarang, Pakai Teknik Tanpa Bikin Bahaya ya!

Reporter : Dhewi Bayu Larasati
Rabu, 26 Oktober 2022 13:45
7 Cara Mengusir Kucing Liar Agar Tidak Berak Sembarang, Pakai Teknik Tanpa Bikin Bahaya ya!
Dalam mengusir kucig agar tidak berak sebarangan, kamu bisa mengunakan berak cara mulai dari menggunakan bahan-bahan berabua tajam yang mereka tidak suka.

Nyebelin banget kan udah bersihkan halaman dan buat taman yang indah, eh malah ada kucing liar yang berak sembarangan. Nggak cuman baunya yang mengganggu, tapi keberadaannya berpotensi menghasilkan ancaman kesehatan buat orang sekitar. Kalau kamu lagi nyari cara mengusir kucing liar biar nggak berak sembarang, well, kamu ada di halaman yang tepat.

Keberadaan mereka tak bisa kita kita kendalikan. Tahu sendiri kan kalau kucing liar bahkan berkembang biak dengan sangat cepat. Kita sih cukup baik hati memberi mereka makan, tapi tentu tak cukup punya waktu dan energi bila mereka berak sembaragan di lingkungan rumah kita.

Menambahakn bangunan, memasang pagar memang bisa jadi solusi paten mencegah kucing liar masuk ke rumah. Tapi tentu butuh biaya yang tak sedikit. Mau coba versi sederhana dan murah meriahnya? Perli diingat bahwa dalam cara mengusir kucing liar agar tidak berak sembarangan, tetap gunakan metode yang tanpa melibatkan kekesan dan menimbulkan bahaya bagi kucing.

1 dari 4 halaman

Cara Mengusir Kucing Liar Agar Tidak Berak Sembarangan © Diadona

Bersihkan Kotoran dan Hilangkan Baunya Terlebih Dahulu

Tahu nggak sih kalau kucing tuh sensitif dengan bau lho! selain itu mereka juga cenderung bakalan berak lagi di tempat yang sama. Apa jadinya kalau kamu malas membersihkan poop kucing di halaman? Maka keesokan harinya, kucing tersebut melaksanakan hajatnya di situ lagi dan lagi.

Maka sebelum kamu melakukan cara mengusir kucing liar agar tidak berak sembarangan, hal pertama yang harus kamu lakukan adalah membersihkan poop kucing yang sudah ada di sana terlebih dahulu. Nggak ada gunanya nih semua cara pengusiran yang akan kamu lakukan bila poop yang sudah ada di sana tidak kamu bersihkan terlebih dahulu.

2 dari 4 halaman

Tanam Bunga Berduri

Coba deh tanam bunga berduri pada lahan yang suka jadi tempat kucing berak sembarangan. Metode ini nggak bikin bahaya buat kucing kok karena secara insting mereka sudah pasti akan menghindari tempat itu duluan. Kamu bisa menanam kaktus, mawar atau euphorbia.

Tutup Taman dengan Daun Kasar

Atau kalau kamu nggak mungkin menanam tanaman berduri, kamu bisa mengatasinya dengan cara menempatkan ranting atau tanaman berdaun kasar di hamparan tanah untuk membuat mereka menjauh. Soanlya FYI aja nih, kucing nggak suka tanah berduri atau permukaan tajam di bagian bawah kakinya.

Cara mengusir kucing liar biar nggak berak sembarangan ini nih emang nggak bikin halaman kamu estetik, tapi merupakan cara yang sederhana dan mudah banget. Atau pilihan lain adalah gunakan mulsa batu, ulit telur yang udah dihancurkan dan lainnya.

3 dari 4 halaman

Cara Mengusir Kucing Liar Agar Tidak Berak Sembarangan © Diadona

Pakai Semprotan Pengusir Kucing

Salah satu cara alami menghentikan kucing masuk ke wilayah tertentu lalu berak di sana adalah dengan menyemprotkan aroma yang nggak mereka suka. Kucing disebut nggak duka dengan bau yang kuat seperti lavender, peppermint atau kayu manis. Hancurkan etiga bahan tersebut lalu campur dengan sedikit air agar baunya kuat. Sepmrotkan di sekitar wilayah yang kamu jaga maka kucing tak akan lagi datang.

Cara mengusir kucing liar biar nggak berak sembarangan ini selain murah meriah juga nggak berbahaya buat keselamatan mereka.

Kulit Pisang

Kucing nggak suka dengan bau pisang. Maka agar dia nggak mendekat dan berak di tempat, kamu bisa manfaatkan kulit pisang yang sudah tak terpakai. Potong haslu kulitnya lalu hamparkan di bagian taman yang sering menjadi tempat kucing melakukan aksinya. Pilih pisang yang matang karena mengeluarkan bau yang kuat sehingga kucing tidak tahan

4 dari 4 halaman

Cara Mengusir Kucing Liar Agar Tidak Berak Sembarangan © Diadona

Kulit Jeruk

Kalau kamu lagi nggak punya pisang, kamu bisa menggantinya dengan kulit jeruk apa saja yang tersedia. Potong kulit jeruk dengan ukuran kecil lalu taburkan. Sama halnya dengan lavender dan peppermint, kucing nggak suka dengan bau jeruk.

Tempatkan Litter Box di Luar Rumah

Kalau cara mengusir kucing liar di atas nggak berhasil juga, mungkin kamu harus coba dengan menempatkan litter box di bagian luar taman kamu. Memang sih ngurusin berak kucing liar bukan tugas kamu tapi bisa dibilang iu merupakan solusi yang cerdas untuk menghindarkan berak di halaman atau bagian rumah lainnya.

Silakan pakai cara mengusir kucing liar yang paling sesuai dengan kondisimu ya dan semoga berhasil!

Beri Komentar