Cara Membuat Kerajinan Tangan dari Sedotan yang Simple, Cocok untuk Pajangan di Rumah

Reporter : Novi Hardita Larasati
Sabtu, 15 Agustus 2020 09:26
Cara Membuat Kerajinan Tangan dari Sedotan yang Simple, Cocok untuk Pajangan di Rumah
Inilah cara membuat kerajinan tangan dari sedotan, unik dan bernilai seni tinggi.

Saat ini produksi plastik sedotan mulai berkurang, pasalnya limbah plastik yang tidak pernah bisa dipisahkan dari kehidupan masyarakat modern sangat mengganggu kesehatan lingkungan.

Namun, siapa sangka kalau ternyata sedotan juga bisa dimanfaatkan sebagai kerajinan tangan untuk menambah dekorasi di rumah tanpa perlu mengeluarkan banyak uang. Bahkan, sebuah sedotan yang biasanya hanya dipakai untuk menyeruput minuman saja bisa menjadi sebuah karya seni yang bernilai tinggi.

Nah, kalau kamu berminat untuk mengasah kreativitasmu dengan sedotan plastik ini, berikut cara membuat kerajinan tangan dari sedotan yang telah dilansir dari berbagai sumber.

1 dari 3 halaman

Cara Membuat Kerajinan Tangan dari Sedotan Beserta Gambar

Cara Membuat Kerajinan Tangan dari SedotanCara Membuat Kerajinan Tangan dari Sedotan © pinterest.com/sarungpreneur.com

Seperti yang telah dijelaskan di atas, bahwa cara membuat kerajinan tangan dari sedotan cukuplah mudah. Sehingga kamu tidak perlu megeluarkan biaya yang mahal untuk membeli alat serta bahan-bahannya.

Salah satunya ialah cara membuat kerajinan tangan dari sedotan yang bentuk bunga. Selain mudah, kamu bisa mengembangkan banyak sekali jenis bunga dengan hanya berbahan dasar warna sedotan plastik. Penasaran? Yuk ikuti langkah-langkah berikut ini.

1. Bunga Mawar

Sebelum membuatnya, siapkan alat dan bahan-bahannya terlebih dahulu:

- 1 sedotan pink
- 1 sedotan biru
- 1 sedotan putih
- lem
- gunting

Kalau semua alat dan bahan yang dibutuhkan telah tersedia, ikuti langkah-langkah berikut cara membuat kerajinan tangan dari sedotan beserta gambar.

1. Langkah pertama cara membuat kerajinan tangan dari sedotan ialah gunting vertikal pada ujunng sedotan sepanjang 4cm lalu dipotong ke samping secara diagonal.

2. Gunting kecil pada bagian bawah, dan gulung menjadi tangkai pada bagian atas yang sudah dipotong sebelumnya. Kemudian, bagian yang tidak tergunting tadi, digulung mengelilingi tangkai dengan gulungan yang rapi.

3. Cara membuat kerajinan tangan dari sedotan selanjutnya ialah beri lem pada bagian akhir sedotan yang habis digulung. Ulangi langkah diatas hingga membuat sebuah buket bunga dari bunga mawar sedotan.

2 dari 3 halaman

Cara Membuat Kerajinan Tangan dari Sedotan Selain Bunga

Cara Membuat Kerajinan Tangan dari SedotanCara Membuat Kerajinan Tangan dari Sedotan © pinterest.com/etsy.com

Untuk mengasah kreativitas pada anak maupun diri sendiri, tentu kamu juga harus mencoba berulang kali agar menghasilkan kerajinan tangan yang bagus. Salah satunya ialah dengan cara membuat kerajinan tangan dari sedotan selain bunga.

Apa itu? Yaps, kamu bisa mencoba membuat kerajinan tangan dari sedotan menjadi bentuk hiasan lampu gantung. Penasaran? Berikut cara membuat kerajinan tangan dari sedotan.

1. Hiasan Lampu Gantung

Sebelum membuatnya, siapkan bahan dan alat-alatnya terlebih dahulu:

- Kawat
- Tang potong
- Sedikit kain flanel
- Beberapa buah sedotan plastik

Setelah semua bahan dan alat yang dibutuhkan telah tersedia, berikut cara membuat kerajinan tangan dari sedotan yang mudah dan unik.

1. Langkah pertama membuat kerajinan tangan dari sedotan ialah siapkan 18 buah sedotan panjang dan 12 buah sedotan sedang dengan ukuran setengah dari sedotan untuk membuat bangun geometri segi enam.

2. Kemudian potong kain flanel menjadi 12 bagian dengan bentuk silang yang lebarnya harus sama dengan sedotan dan panjangnya 2cm. Jangan lupa buat 12 buah potong kain flanel dengan bentuk huruf T yang ukurannya sama.

3. Susun potongan sedotan menjadi bentuk segitiga terlebih dahulu, kemudian rangkai tiap segitiga sampai membentuk bangun segi enam.

4. Cara membuat kerajinan tangan dari sedotan selanjutnya adalah masukkan kawat dalam celah sedotan sambil merangkai, nantinya pada setiap sudut segitiga akan nampak ujung kawat yang mencuat.

5. Terakhir, tutup bagian kawat yang mencuat menggunakan kain flanel yang sudah di potong-potong sebelumya dan sesuaikan ukurannya dengan lampu rumah. Selesai.

3 dari 3 halaman

2. Bingkai Foto

Cara Membuat Kerajinan Tangan dari SedotanCara Membuat Kerajinan Tangan dari Sedotan © pianetadonne.blog

Selain menghasilkan bentuk hiasan lampu gantung, cara membuat kerajinan tangan dari sedotan bisa kamu jadikan kerajinan tangan dengan bentuk bingkai foto lho. Tentu hal ini akan lebih menghemat kamu agar tidak membeli album foto, ya nggak?

Sebelum membuatnya, siapkan bahan dan alat-alatnya terlebih dahulu:

- Pensil
- Sedotan
- Gunting
- Lem
- Bingkai kayu polos

Kalau semua bahan dan alat yang dibutuhkan telah tersedia, berikut cara membuat kerajinan tangan dari sedotan yang simple untuk hiasan rumah.

1. Langkah pertama membuat kerajinan tangan dari sedotan adalah siapkan 6 sedotan yang panjang, kemudian ambil sedotan yang lainnya yang sudah dipotong sesuai dengan lebar bingkai kayu bagian atas dan bagian bawah.

2. Tempelkan 3 sedotan yang panjang di bagian kanan dan bagian 3 di kiri menggunakan lem, lalu tempelkan juga sedotan yang sudah dipotong pada bagian atas dan bawah dengan posisi berdiri. Taraa! Bingkai foto buatanmu sudah jadi, sekarang cobalah masukkan foto ke dalamnya.

Itulah cara membuat kerajinan tangan dari sedotan yang simple dan sederhana, cocok jadi hiasan di rumah. Semoga bermanfaat!

Beri Komentar