Cara Membuat Origami Bintang dengan Mudah, Cocok untuk Hiasan Dirumah atau Dijadikan Nilai Jual

Reporter : Novi Hardita Larasati
Rabu, 23 September 2020 07:41
Cara Membuat Origami Bintang dengan Mudah, Cocok untuk Hiasan Dirumah atau Dijadikan Nilai Jual
Inilah cara membuat origami bintang dengan mudah, yang bisa dipraktikkan bareng si kecil.

Masih ingat kan dengan pembahasan sebelumnya tentang cara membuat origami kupu-kupu? Nah, kali ini kami akan mengulas kembali bagaimana menghasilkan kerajinan tangan yang memanfaatkan kertas origami dengan bentuk bintang.

Pada umumnya, cara membuat origami bintang tidak jauh berbeda dengan bentuk-bentuk yang lainnya. Sebab, kamu hanya membutuhkan beberapa alat dan bahan yang berada disekitarmu. Selain itu, hal ini pun bisa dipraktikkan oleh siapapun, termasuk si kecil.

Untuk itu, langsung saja simak ulasan berikut ini tentang cara membuat origami bintang yang telah kami lansir dari berbagai sumber.

1 dari 3 halaman

Cara Membuat Origami Bintang yang Mudah

Cara Membuat Origami Bintang © Diadona

Seperti yang diketahui, origami adalah karya seni lipat kertas yang sejak dulu ada dan berkembang hingga saat ini. Menurut catatan sejarah, origami sendiri berasal dari bahasa Jepang yang terdiri dari dua kata, yaitu ori dan kami.

Origami yang sudah dikenal sejak lama memang sudah biasa dan akan sering didengar oleh banyak orang. Nah, kali ini Diadona.id akan menjelaskan cara membuat origami bintang yang mudah. Berikut diantaranya.

Alat dan Bahan yang Perlu Disipakan:

Sebelum mempraktikkan cara membuat origami bintang bersama si Kecil, pastikan kamu sudah menyiapkan beberapa alat dan bahan berikut ini:

- Pulpen
- Gunting
- Penggaris
- Kertas Origami

Supaya lebih aman, kamu bisa menggunakan gunting mainan untuk si Kecil. Tapi kalau tidak punya, sebaiknya kamu yang bertugas untuk menggunting kertas origami tersebut.

2 dari 3 halaman

Cara Membuat:

Cara Membuat Origami Bintang © Diadona

Setelah semua alat dan bahan di atas telah dipersiapkan, selanjutnya kamu bisa mengikuti langkah berikut dalam cara membuat origami bintang yang mudah dan sederhana.

- Pertama-tama, potong terlebih dahulu kertas origami selebar 1 cm dan panjangnya kurang lebih 10 cm. Kemudian, lipat kertas layaknya sebuah sampul ikatan.

- Setelah itu, cara membuat origami bintang yang mudah yaitu tarik ikatan kertas dengan perlahan hingga menyerupai bentuk segi lima. Kalau sudah terbentuk, lipat sisa kertas ke bagiam dalam.

- Kemudian, lipat terus bagian kertas yang lebih panjang memutari bentuk segi lima sampai habis. Lalu, selipkan sisa kertas sampai mengunci bentuknya.

- Langkah terakhir cara membuat origami bintang yang mudah dan sederhana adalah kembungkan bagian sampingnya dengan kuku sampai berbentuk bintang kecil. Taraaa! origami bintang buatanmu dan si kecil pun jadi.

3 dari 3 halaman

Manfaat Melipat Origami untuk Anak-Anak

Cara Membuat Origami Bintang © Diadona

Meski terkesan sederhana, ternyata ada begitu banyak manfaat yang bisa si Kecil dapatkan dari cara membuat origami bintang. Apa saja manfaat bermain origami? Berikut diantaranya.

- Mengajarkan Konsep Geometri

Kata geometri mungkin terdengar abstrak untuk anak prasekolah, namun hal ini bisa tersampaikan secara sederhana lewat origami. Sebab, saat melipat kertas, sang anakn akan berkenalan dengan konsep dasar geometri, seperti istilah panjang, lebar, tinggi, dan diagonal.

- Melatih Keterampilan Berpikir

Selain mengajarkan konsep geometri, cara membuat origami bintang juga bisa melatih keterampilan berpikir anak agar bisa mengikuti dan memahami instruksi, dan berpikir sistematis. Sehingga, dalam hal ini anak dibiasakan runtut, melakukan langkah demi langkah untuk memperoleh bentuk lainnya.

- Mempelajari Konsep Pembagian

Melipat kertas menjadi dua, tiga, atau empat bagian, dan seterusnya ternyata memberikan wujud nyata bagaimana proses pembagian sebenarnya. Misalnya, untuk memperoleh bentuk segi empat kecil, maka kertas harus dilipat dua di bagian tengah, lalu lipat lagi. Saat kertas dibuka, tampak empat kotak kecil dalam satu kertas origami.

- Mengasah keterampilan Problem Solving

Bagian terbaik dari cara membuat origami ialah anak diajak untuk mengasah keterampilan problem solving. Sebab, dalam membuat origami, ada banyak cara untuk menyelesaikan sebuah permasalahan. Bahkan, pendekatan yang diambil tidak selalu sama. Oleh karena itu, bermain origami juga bisa membiasakan anak untuk berkawan dengan kegagalan.

Itulah cara membuat origami bintang yang mudah dan sederhana. Selain untuk hiasan dinding ataupun maninan anak, kegiatan ini juga bisa kamu jadikan hobi baru untuk menghasilkan nilai jual tinggi, lho!

Beri Komentar