Cara Membuat Paper Bag dari Kertas Kado yang Simple dan Lucu, Mudah Dipraktikkan

Reporter : Novi Hardita Larasati
Jumat, 11 September 2020 08:12
Cara Membuat Paper Bag dari Kertas Kado yang Simple dan Lucu, Mudah Dipraktikkan
Inilah cara membuat paper bag yang murah dan mudah dipraktikkan.

Seperti yang diketahui, paper bag merupakan tas yang terbuat dari kertas yang bisa digunakan untuk membawa barang seperi baju, sepatu, ataupun oleh-oleh. Selain itu, paper bag juga biasa digunakan untuk wadah cenderamata atau hadiah.

Bahkan, limbah dari kertas paper bag juga lebih mudah dihancurkan daripada kresek. Apalagi cara membuat paper bag juga bisa kamu praktikkan di rumah, sehingga tidak perlu untuk membelinya.

Penasaran bagaimana cara membuat paper bag yang unik dan lucu? Langsung saja simak ulasan berikut ini yang telah dilansir dari berbagai sumber.

1 dari 3 halaman

Cara Membuat Paper Bag dari Kertas Kado (Cara I)

Cara Membuat Paper Bag © Diadona

Penggunaan paper bag memang dianggap sangat efisien sebab kamu bisa menggunakannya berkali-kali. Meski banyak dijual di toko-toko, namun sebenarnya kamu bisa membuat paper bag sendiri di rumah.

Selain mudah, cara membuat paper bag sendiri pun juga membuatmu lebih hemat. Untuk itu, yuk simak ulasan di bawah ini agar kamu bisa langsung mempraktikkannya di rumah.

Alat dan Bahan:

- Pensil
- Karton
- Hiasan
- Gunting
- Kertas kado
- Pelubang kertas
- Double tape atau selotip

Setelah semua bahan alat yang dibutuhkan telah disiapkan, berikut cara membuat paper bag dari kertas kado.

- Langkah pertama cara membuat paper bag dari kertas kado ialah potong kertas kado sesuai dengan ukuran yang diinginkan. Pastikan panjang kertas kado harus lebih dari pada lebarnya.

2 dari 3 halaman

Cara Membuat Paper Bag © Diadona

- Kemudian, tempelkan double tape di bagian samping, mulai dari atas sampai bagian bawah kertas. lalu tempelkan juga pada ujung yang berlawanan dengan double tape. Tepatnya pada bagian yang ada double tape.

- Setelah melekatkan double tape pada kertas, cara membuat paper bag dari kertas kado selanjutnya adalah dengan mulai menyambungkan kertas, yakni lipat bagian bawah kertas (1.5 x ukuran tebal barang yang ingin dimasukkan dalam paper bag).

- Selanjutnya, lipat kedua bagian ujung yang sudah dilipat hungga membentuk segitiga. Kemudian lipat bagian atas dan bawah dengan ukuran lebih setengah dari yang telah dilipat sebelumnya.

- Cara membuat paper bag dari kertas kado berikutnya ialah tempel bagian atas dan bagian bawah yang sudah dilipat dan dilanjutkan  lipat bagian atas, sama seperti pada langkah nomor 3.

- Kalau sudah, gunting kedua ujung bagian yang sudah dilipat, sesuai dengan panjang yang sudah dilipat. Setelah itu, gunting kertas karton yang sudah disediakan sesuai dengan tinggi dan lebar bagian atas yang terlipat, lalu siapkan 2 potongan karton dengan ukuran sama.

- Berikutnya, tempel kertas karton pada bagian dalam lipatan dan mulai tempel kembali ke dalam lipatan. Jangan lupa beri lubang menggunakan alat pelubang kertas dengan jarak yang sejajar.

- Terakhir, buat empat lubang dan masukkan tali ke dalam lubang yang sudah dibuat. Selesai.

3 dari 3 halaman

Cara Membuat Paper Bag dari Kertas Kado (Cara II)

Cara Membuat Paper Bag © Diadona

Selain langkah diatas, kamu bisa mencoba cara membuat paper bag dari kertas kado pada tahan yang 2. Apa saja itu? Berikut diantaranya.

- Tahap pertama cara membuat paper bag dari kertas kado adalah ambil kertas berbentuk segi empat dengan ukuran 21×21 cm. Kemudian, lipat menjadi dua bagian secara horizontal dan buka serta lipat menjadi bentuk segi tiga.

- Lakukan cara diatas yang sama pada sisi lainnya, kemudian lipat ke dalam mengikuti garis yang terbentuk. Setelah itu, bagilah bagian bawah kertas menjadi tiga bagian yang sama rata.

- Cara membuat paper bag dari kertas kado berikutnya adalah lipat sisi kanan dan kiri sesuai dengan ukuran. Ohya, pada setiap bagian pastikan saling bertimpangan dan lakukan pada sisi lain, ya.

- Setelah itu, buka lipatannya, lalu lipat sisi kanan dan kiri ke bawah. Beri double tape pada bagian bawahnya, kemudain lipat lagi ke dalam. Lakukan hal yang sama pada sisi lain.

- Kalau sudah, rekatkan bagian yang ada double tapenya ke bagian dalam kemudian buka kertas dan ratakan bagian alasnya. Langkah berikutnya dari cara membuat paper bag ialah beri lubang pada bagian atas sisi kanan dan kiri untuk memasukkan tali.

- Kalau ingin lebih unik dan lucu, kamu bisa menambahkan aksesoris lainnya seperti pita atau kertas origami pada paper bag buatanmu. Selesai.

Itulah cara membuat paper bag dengan mudah dan simple, yang bisa kamu praktikkan di rumah. Semoga bermanfaat!

Beri Komentar