Cara Membuat Hiasan Dinding dari Kertas yang Mudah dan Praktis, tapi Tetap Terlihat Aesthetic

Reporter : Novi Hardita Larasati
Jumat, 4 September 2020 08:03
Cara Membuat Hiasan Dinding dari Kertas yang Mudah dan Praktis, tapi Tetap Terlihat Aesthetic
Inilah cara membuat hiasan dinding dari kertas apa saja yang bisa kamu praktikkan di rumah.

Pada umumnya, untuk membuat hiasan dinding tidak melulu harus menggunakan bahan-bahan atau barang-barang mahal. Pasalnya, membuat hiasan dinding yang simple dan unik pun bisa kamu lakukan dengan manfaatkan kertas-kertas yang ada di sekitarmu.

Salah satunya ialah cara membuat hiasan dinding dari kertas koran atau origami. Dengan begini, dinding yang akan kamu dekorasi pun akan terlihat cantik dan membuatmu nyaman seharian di rumah.

Nah, kalau kamu ingin mencoba dan belajar cara membuat hiasan dinding dari kertas, langsung saja simak ulasan berikut ini yang telah dilansir dari berbagai sumber.

1 dari 4 halaman

Cara Membuat Hiasan Dinding dari Kertas Koran

Cara Membuat Hiasan Dinding dari Kertas © Diadona

Akhir-akhir ini, mendekor rumah dengan hiasan dinding dari kertas tengah popular di kalangan masyarakat. Hal ini tidaklah aneh, sebab selain hemat biaya, cara membuat hiasan dinding dari kertas tidak memerlukan keterampilan khusus.

Selain itu, kamu juga bisa membuat hiasan ini dari barang yang sudah tidak terpakai seperti kertas koran atau karton gulungan kertas tisu. Penasaran bagaimana cara membuat hiasan dinding dari kertas koran? Yuk ikuti tipsnya di bawah ini.

1. Jam Dinding dari Kertas Koran

Hasil kerajinan tangan yang bisa kamu lakukkan di rumah dengan belajar cara membuat hiasan dinding dari kertas koran ialah jam dinding.

Alat dan bahan:

- Gunting
- Koran bekas
- Jarum
- Benang
- Kepingan CD/Dvd
- Mesin jam
- Batu baterai

Cara membuat:

- Langkah pertama membuat hiasan dinding dari kertas koran ialah lipat koran dengan membentuk dua buah gulungan. Lalu, buat lubang pada gulungan koran dengan jarum dan masukkan benang di lubang yang sudah dibuat.

- Selanjutnya, susun gulungan koran menggunakan benang hingga membentuk sebuah lingkaran dan posisikan kepingan cd di bagian tengah lingkaran yang sudah dibuat sebelumnya.

- Cara membuat hiasan dinding dari korang berikutnya adalah tambahkan angka dengan menggambar/menulis angka seperti jam pada umumnya, kemudian pasanglah mesin jam dan jarum jam yang sudah disiapkan pada rangka jam dinding koran yang sudah dibuat.

- Jangan lupa tambahkan batu baterai supaya jam bisa berjalan dengan normal dan tidak terjadi masalah. Taraaa! jam dinding dari koran buatanmu siap di pajang di rumah, deh.

2 dari 4 halaman

2. Lukisan

Cara Membuat Hiasan Dinding dari Kertas © Diadona

Selain jam dinding, cara membuat hiasan dinding dari kertas koran juga bisa menghasilkan lukisan yang unik dari lainnya lho. Bahkan, kamu juga tidak memerlukan biaya yang banyak untuk membuatnya.

Adapun cara membuat hiasan dinding dari kertas koran ialah siapkan alat dan bahannya terlebih dahulu, seperti kanvas, koran, lem, kuas, gunting, cat dan gambar.

Setelah semua alat dan bahan disiapkan, berikut cara membuat hiasan dinding dari kertas koran dengan bentuk lukisan.

- Pertama, sobek koran menjadi banyak bagian lalu tempelkan sobekan koran pada kanvas yang telah diolesi lem. Ohya, pastikan mengolesi kanvas dengan kuas untuk hasil yang rapi.

- Cara membuat hiasan dinding dari kertas koran selanjutnya adalah print out gambar yang akan dibuat lukisan. Pilihlah gambar yang mudah untuk dipotong ya, guys.

- Kemudian, potong gambar print out yang sudah disiapkan lalu tempelkan potongan gambar pada kanvas yang sudah ditutupi kertas karton.

- Langkah terakhir membuat hiasan dinding dari kertas koran berikutnya ialah semprotkan cat pada gambar print out sesuai selera. Selesai.

3 dari 4 halaman

Cara Membuat Hiasan Dinding dari Kertas Origami

Cara Membuat Hiasan Dinding dari Kertas © Diadona

Seperti yang diketahui, kertas origami merupakan kertas warna-warni yang bisa dibentuk menjadi berbagai kerajinan tangan untuk hiasan dinding di rumah.

Meskipun bentuk dari kertas origami ini hanya persegi empat, tapi jangan salah kalau cara membuat hiasan dinding dari kertas origami ini bisa menghasilkan nilai jual tinggi, lho!

Oleh karena itu, ada beberapa model cara membuat hiasan dinding dari kertas origami yang bisa kamu prkatikkan langsung di rumah, salah satunya ialah bentuk kupu-kupu.

Alat dan bahan:

- Kertas origami
- Penggaris
- Pensil

Cara membuat:

- Langkah pertama membuat hiasan dinding dari kertas origami ialah lipat kertas origami menjadi persegi diagonal yang sejajar lalu buat garis halus di atas kertas yang di mulai dari tengah atas sampai tengah ke bawah, dan kiri tengah sampai kanan tengah.

4 dari 4 halaman

Cara Membuat Hiasan Dinding dari Kertas © Diadona

- Kemudian, lipat kertas yang sudah berbentuk persegi diagonal menjadi bentuk diagonal yang lebih kecil ke arah yang berlawanan. Lalu, luruskan kertas seperti semula dan lipat kertas di bagian tengah sampai membentuk persegi kecil dan buka kertas lipat tersebut.

- Tahap cara membuat hiasan dinding dari kertas origami selanjutnya adalah ambil garis paling tengah dan tarik kedalam sampai berbentuk seperti segitiga.

Setelah itu, ambil sudut kiri dan lipat ke atas lalu ambil sudut kanan dan lipat ke atas seperti sudut sebelah kiri.

- Kalau sudah, putar kertas lipatmu dan lipat 2 sisi segitiga ke atas, putar lagi, dan lipat ujung sisi siku-siku segitiga ke atas (sekitar 2 cm).

- Langkah terakhir, lipat sudut kecil yang melewati garis segitiga yang nantinya lipatannya akan melebihi batas sisi atas dan membuat bagian kertas bawah sedikit melengkung. Selesai.

Itulah cara membuat hiasan dinding dari kertas yang mudah dan praktis untuk di coba di rumah. Semoga bermanfaat!

Beri Komentar