Buat Lantai Rumah Kuat dan Tahan Lama dengan Lapisan Epoxy, Apa Saja Manfaatnya?

Reporter : Yayuk Harini
Jumat, 9 Oktober 2020 11:10
Buat Lantai Rumah Kuat dan Tahan Lama dengan Lapisan Epoxy, Apa Saja Manfaatnya?
Lantai jadi makin awet dan tahan lama Moms.

Epoxy merupakan bahan yang memiliki manfaat sebagai pelapis pada lantai beton. Istilah epoxy coatings (pelapis epoxy) dan epoxy paints (cat epoxy) sering membuat beberapa orang bingung. Kendati demikian, pelapis dan cat sering digunakan secara bergantian namun sebenarnya ada perbedaan yang mencolok antara pelapis lantai dengan epoxy dan cat epoxy itu sendiri.

Cat epoxy dilihat dari bahannya, merupakan produk akrilik lateks yang memiliki sejumlah kecil epoxy dalam campurannya. Produk ini memiliki daya rekat dan ketahanan yang lebih baik daripada cat akrilik standar, namun berbeda dengan pelapis lantai epoxy.

 

1 dari 5 halaman

Pelapis lantai epoxy sendiri merupakan dua bahan komponen yang terdiri dari resin epoxy dan penguat poliamina. Sebelum menggunakan pelapis lantai epoxy, kedua bagian harus dicampurkan terlebih dahulu. Berbeda dengan cat, pelapis bersifat cepat kering dan juga tahan terhadap proses pewarnaan tahan kimia dan abrasi.

Cat umumnya lebih mudah diaplikasikan daripada pelapis. Pengaplikasian cat, aplikator hanya cukup mencuci permukaan lantai beton, membiarkan permukaan mengering, dan kemudian menggunakan satu atau dua lapisan cat. Hasilnya, lantai dapat terlihat bagus dan mudah dikerjakan, hemat serta praktis.

2 dari 5 halaman

Lapisan Epoxy © Diadona

Pelapis lantai epoxy memiliki ketahanan selama beberapa tahun lamanya. Sistem pelapisan ini akan tahan terhadap abrasi, bahkan di area yang lalu lintasnya padat, serta juga tahan bahan kimia. Pelapis ini tidak berpori, tidak akan mengelupas, dan juga tidak licin.

Berikut ini beberapa manfaat lapisan Epoxy yang diaplikasikan pada lantai.

3 dari 5 halaman

Pelapis epoxy dapat digunakan di lantai untuk bangunan komersial, trotoar, bahkan di dinding atau langit-langit gedung bertingkat. umumnya, epoxy paling sering digunakan di lantai garasi. Berikut adalah manfaat dari penggunaan pelapis lantai epoxy.


1. Daya Tahan yang Lebih Baik

Lantai beton yang dilapisi epoxy akan mampu bertahan lebih lama dibandingkan yang dilapisi cat biasa, sehingga bisa menghemat uang.

2. Kuat dan Tahan Lama

Setelah epoxy diubah menjadi polimer padat, epoxy menjadi sangat kuat dan mencegah kerusakan kimia.

4 dari 5 halaman

Lapisan Epoxy © Diadona

3. Menghemat Waktu

Pelapis lantai epoxy biasanya cepat dan mudah dipasang, yang berarti lebih sedikit waktu untuk mematikan produksi instalasi jika digunakan di pabrik (shut down time).

4. Nilai Estetika tinggi

Pelapis lantai epoxy biasanya tersedia dalam berbagai warna dan pola agar sesuai dengan gaya spesifik Moms.

5. Tahan Korosi dan Bahan Kimia

Pelapis epoxy dapat bertahan meski terus terpapar bahan kimia, sehingga sangat cocok untuk gudang atau tanaman yang mungkin terkena bahan tersebut.

5 dari 5 halaman

Hal terpenting dari penggunaan pelapis epoxy adalah biaya yang rendah untuk perawatan dan pembersihan. Jadi, setelah beton dilapisi pelapis lantai epoxy, tidak akan mudah keropos lantaran sudah disegel atau proses lainnya dan lebih mudah dibersihkan.

Beri Komentar