Manfaat Insulasi Atap, Peredam Panas Rumah yang Kian Popoler!

Reporter : Yayuk Harini
Sabtu, 10 Oktober 2020 11:00
Manfaat Insulasi Atap, Peredam Panas Rumah yang Kian Popoler!
Bagaimana insulasi atap mampu meredam hawa panas?

Membuat sirkulasi udara yang bagus di dalam rumah memang sangat penting dilakukan. Umumnya tentu Moms akan memanfaatkan kehadiran jendela ya? Namun, selain itu juga ada elemen lain yang perlu diperhatikan guna membuat ruang tetap sejuk.

Keberadaan insulasi atap dipercaya mampu meminimalisir panas di dalam rumah. Insulasi diperlukan untuk meminimalisir panas. Nah, ini dia hal-hal yang wajib Moms ketahui dari peredam panas atap tersebut.

 

1 dari 5 halaman

Mengenal Insulasi Atap

Insulasi Atap © Diadona

Insulasi atap merupakan pemasangan bahan material sebagai fungsi meredam suhu panas dari atap rumah. Hal ini tentu bisa membuat ruangan di bawahnya menjadi lebih sejuk dari biasanya. Selain itu, dengan penggunaan insulasi atap sangat memungkinkan bisa mengurangi penggunaan Air Conditioner (AC) jadi rumah lebih hemat listrik.

Terdapat banyak jenis insulasi atap, namun yang paling banyak digunakan adalah termal alumunium foil. Cara bekerja dari abhan ini adalah memantulkan sinar infra red, meredam suara dari luar rumah seperti, rintik-rintik hujan dan masih banyak lagi.

2 dari 5 halaman

Bagaimana Cara Memasangnya?

Insulasi atap bisa diaplikasikan dengan cara menempelkan pada bagian atas atap langsung. Jika di bawah atap terdapat lapisan lain yang melindungi ruangan, maka Moms bisa menempelkannya pada lapisan tersebut. Beberapa alat yang dibutuhkan seperti jaring kawat, gunting, lem, jenis insulasi atap yang kamu pilih, dan perlengkapan kontruksi lain.

Cara kerja insulasi atap adalah saat terjadi pemantulan dan penyerapan ketika panas matahari menyinari atap. Panas matahari pun kemudan akan diserap oleh atap dan diteruskan ke dalam ruangan.

Berbeda halnya jika Moms memakai insulasi atap, ia akan langsung menghalangi panas dan menangkapnya dalam lapisan yang berongga. Hasilnya, suhu ruangan tidak terlalu panas dan lebih sejuk.

3 dari 5 halaman

Jenis-Jenis Insulasi Atap

Insulasi Atap © Diadona

Alumunium Foil, Seperti yang sudah dikatakan di atas, alumunium foil adalah insulasi atap yang paling banyak dijual dan dipakai.

Jenis ini berbentuk lembaran berwarna perak. Lembarannya terdiri dua lapisan utama yang saling berkolaborasi dalam meredam panas. Melansir dari 99.co pada Sabtu (10/10/20200 berikut beberapa jenis insulasi atap.

Insulasi Atap Polyester, selain digunakan untuk membuat campuran bahan pakaian, botol plastik ini bisa menjadi penyerap panas yang baik.

Jenis yang sering digunakan yaitu, R3.5. Bahan ini sangat ringan dan aman untuk lingkungan apapun, namun harganya relatif lebih mahal dan efeknya bisa tidak nyaman bagi kulit.

4 dari 5 halaman

Bahan Bubble Foil, jenis yang satu ini hampi memiliki sifat dan bentuk yang sama dengan alumunium foil. Letak perbedaannya hanya ada di permukan yang berbentuk lingkaran-lingkaran bersusun.

Bahan Glass Wool, salah satu peredam atap rumah terbaik ini terbuat dari serat fiberglass yang diolah sedemikian rupa hingga membentuk lapisan seperti wool. Bahan glass wool sering digunakan sebagai peredam pada gedung perkantoran, studio musik, pabrik dan lainnya.

5 dari 5 halaman

Insulasi Atap © Diadona

Insulasi Atap Panel Styrofoam, meskipun bahan panel ini terbuat dari plastik tapi sangat ampuh untuk menyerap panas. Sebab, terbuat dari butiran plastik yang dipadatkan kemudian diisi lagi dengan udara. Kelebihan bahan ini adalah harga yang cukup terjangkau sehingga bisa menghemat anggaran.

Bahan Polyurethane Foam, polyurethane foam adalah salah satu bahan yang juga akan menyerap panas dengan baik. Bahan ini memiliki tekstur cairan yang agak padat sehingga bisa menyerap panas lebih kuat dan tidak mudah luntur baik terkena panas atau dingin.

Nah, itulah tadii manfaat dan beberapa jenis insulasi atap yang bisa Moms gunakan untuk meredam hawa panas dalam rumah. Semoga menginspirasi ya.

Beri Komentar