Cara Mengatasi WC Mampet dengan Soda Api, Ketahui Dulu Hal-hal Penting ini Terlebih Dahulu

Reporter : Arif Mashudi
Kamis, 16 Maret 2023 13:50
Cara Mengatasi WC Mampet dengan Soda Api, Ketahui Dulu Hal-hal Penting ini Terlebih Dahulu
Sebaiknya ketahui dulu bagaimana cara-caranya menggunakan soda api untuk wc ini sih

Kamu sedang mencari cara untuk mengatasi WC mampet? Mungkin kamu butuh soda api untuk menyelesaikan permasalahan tersebut. Ya, ini merupakan bahan yang cukup efektif meskipun ada beberapa hal yang harus kamu perhatikan betul.

Nggak pakai lama deh, kuy kita simak bareng-bareng cara mengatasi WC mampet dengan soda api dan beberapa hal lainnya yang mempunyai hubungan ini. So, check this out!

1 dari 4 halaman

Bolehkah WC Diberi Soda Api?

Cara Mengatasi WC Mampet dengan Soda Api © Diadona

Pertanyaan seperti ini cukup sering muncul loh. Pasalnya, ada beberapa kasus pipa aliran WC meleleh akibat penggunaan soda api. Atas hal tersebut wajar rasanya jika muncul kekhawatiran.

Sebenarnya, yang menjadi masalah di sini adalah ketika kamu sering menggunakan soda api untuk membersihkan WC. Jangan gunakan soda api layaknya kamu menggunakan sabun pembersih.

Mengapa demikian? Soalnya, soda api adalah zat yang sangat korosif dan dapat menyebabkan kerusakan pada permukaan toilet yang terbuat dari bahan tertentu, seperti keramik atau plastik.

Kesimpulannya, penggunaan soda api untuk melancarkan saluran air WC yang mampet sudah benar. Masalah hanya akan muncul ketika kamu menggunakannya layaknya sebagai sabun pembersih.

Jadi pastikan bahwa penggunaan soda api hanya dalam keadaan mendesak seperti saat WC mampet dan bukan untuk pemakaian sehari-hari.

2 dari 4 halaman

Apa Kegunaan Soda Api untuk WC Mampet?

Cara Mengatasi WC Mampet dengan Soda Api © Diadona

Sebelum lanjut ke cara mengatasi WC mampet dengan soda api. Ada baiknya kalau kita harus tahu dulu bagaimana cara soda api bekerja sebagai pembersih. Pasti masih belum tahu kan kamu?

Soda api atau soda kaustik merupakan nama pasaran bahan kimia Sodium hidroksida atau Natrium hidroksida (NaOH). Nah, bahan ini bereaksi dengan air membentuk gelembung-gelembung yang membantu menghancurkan penyumbat organik. Meskipun berwujud padat, soda api tidak akan mengendap di pipa pembuangan air atau di septic tank karena bahan ini larut dalam air.

Dan pasti akan ada pertanyaan lagi, berapa bungkus soda api untuk WC mampet?

Secara jelasnya, tidak ada takaran pasti terkait jumlah soda api yang harus dipakai. Pasalnya, ini tergantung pada tingkat keparahan sumbatan.

Nah, lebih baiknya kamu bisa mulai menggunakan dengan sedikit lalu menambahkan lebih banyak jika sumbatan tetap terjadi. Yang terpenting, selalu dahulukan keselamatan saat kamu menggunakan bahan yang cukup beresiko ini.

3 dari 4 halaman

Cara Mengatasi WC Mampet dengan Soda Api

Cara Mengatasi WC Mampet © Diadona

Kita semua pasti sepakat, kalau WC mampet akan menjadi masalah yang sangat menjengkelkan. Untuk mengatasi itu, soda api bisa menjadi solusi yang cukup menjanjikan. Namun, sebelum mencobanya, ada beberapa hal yang perlu kamu perhatikan agar dapat menggunakan soda api dengan aman dan efektif.

Pakai Alat Pelindung

Pertama-tama, pastikan kamu menggunakan alat-alat pelindung diri seperti sarung tangan dan kacamata pelindung saat menggunakan soda api. Hal ini penting karena soda api bisa sangat korosif dan berbahaya jika terkena kulit atau mata.

Tuangkan dan Diamkan Soda Api di WC

Langkah selanjutnya adalah tuangkan soda api ke dalam WC. Pastikan kamu harus hati-hati dan tidak menggunakannya terlalu banyak.

Setelah soda api kamu tuangkan, diamkan dulu beberapa menit untuk memberikan waktu pada soda api untuk bekerja. Sebaiknya jangan menggunakan soda api lebih dari 30 menit karena dapat merusak pipa dan toilet.

Siram Soda Api dengan air

Setelah kamu diamkan dengan waktu yang sudah kamu tentukan, siram kembali WC dengan air untuk membilas soda api. Pastikan kamu sudah membilas toilet sampai bersih ya. Setelah itu, bersihkan area sekitar WC dengan kain atau lap yang bersih.

Simpan di Tempat Aman

Terakhir, jangan lupa untuk menyimpan soda api di tempat yang aman dan tidak terjangkau anak-anak. Kamu harus menyimpan soda api di tempat yang kering dan sejuk, dan jauh dari bahan kimia atau zat lainnya yang dapat membahayakan.

4 dari 4 halaman
Beri Komentar