Biar Memasak Lebih Nyaman, Ini lho Standar Ukuran Lebar dan Tinggi Kitchen Set Ideal

Reporter : Yayuk Harini
Jumat, 19 Maret 2021 15:00
Biar Memasak Lebih Nyaman, Ini lho Standar Ukuran Lebar dan Tinggi Kitchen Set Ideal
Ini lho Moms ukuran ideal kitchen set biar aktivitas memasak jadi lebih nyaman.

Area dapur adalah salah satu ruangan favorit ibu-ibu. Aktivitas memasak akan jadi makin menyenangkan dengan konsep dapur yang ditata sesuai selera. Hingga, kita akan merasakan efek visual yang indah dipandang.

Tak hanya itu saja, salah satu hal penting yang bisa Moms perhatikan adalah menentukan kitchen set yang sesuai dengan ukuran standar idealnya. Hal ini tentu sangat berpengaruh dengan keamanan serta kenyamanan kita selama memasak. Tak mau dong kalau Moms merasa pegal selama mencuci piring atau berdiri kala menggoreng ikan?

Melansir dari 99.co pada Jumat (19/3/2021), berikut ini adalah beberapa ketentuan dan desain kitchen set standar yang idealnya Moms ketahui sebelum membangun. Semoga membantu ya.

1 dari 4 halaman

1. Ukuran Kitchen Set pada Area Kerja

Hal pertama yang harus Moms pertimbangkan adalah ukuran area kerja. Dalam hal ini, adalah adanya ruang bebas yang dipersiapkan antara counter (meja) satu dengan counter lainnya yang letaknya saling berhadapan.

Jarak idealnya adalah kurang lebih mencapai 80 cm – 115 cm. Ini untuk memudahkan Moms mengambil barang yang berada di bawah atau menaruh rak piring di lantai bawah yang mengharuskan Moms untuk membungkuk. Sementara untuk ukuran jarak antara meja satu dengan yang lainnya adalah kurang lebih 120 cm.

Mengenal 7 Bagian Penting Kitchen Set, Area Masak Favorit Ibu nih! © Diadona

2. Tinggi Meja Kitchen Set Ideal

Ini adalah ketinggian yang akan dipergunakan untuk mencuci piring dan memasak dan umumnya dilakukan pada meja dapur yang dilengkapi dengan kabinet bawah. Maka, ketinggian yang harus Moms atur adalah kurang lebih sekitar 76 cm – 85 cm dari lantai.

2 dari 4 halaman

3. Jarak Ideal Ketinggian Kitchen Set

Sebuah kitchen set juga biasanya dilengkapi dengan kabinet atas. Ketinggiannya perlu diperhitungkan agar memudahkan saat pengambilan barang. Oleh sebab  itu, jarak ideal antara meja dengan bagian bawah kabinet atas sebaiknya 85  cm – 110 cm agar masih cukup nyaman digunakan.

4. Lebar Meja dengan Struktur Kabinet Bawah

Salah satu hal terpenting adalah lebar meja dapur atau kabinet bawah. Kabinet bawah ini berguna sebagai meja untuk area kamu meracik, memasak dan mencuci. Lebar meja dapur yang ideal adalah kurang lebih sekitar 50 cm-70 cm, dengan ukuran panjang 60cm–150 cm untuk kabinet bawah dengan dua pintu dan tingginya mencapai 70 cm-85 cm.

3 dari 4 halaman

5. Lebar Kabinet Atas

Hal lain yang juga perlu diperhatikan adalah lebar kabinet atas. Di Indonesia, ukuran ideal yang dipakai adalah 35 cm – 50 cm. Sementara itu, ukuran standar internasional mencapai 40 cm. Ini bisa dipilih sesuai preferensi Moms.

Mengenal Bagian Penting Kitchen Set © Diadona

6. Lemari Kabinet Laci

Ukuran laci yang dipakai mengikuti bentuk lemari kabinet dengan panjang sekitar 45 cm – 60 cm dan lebar 60 cm. Fungsi laci ini biasanya untuk menyimpan sendok dan garpu. Akan tetapi, ukuran lemari laci saat ini juga dibuat besar dan dalam sehingga dapat digunakan untuk menyimpan panci dan wajan.

7. Lekukan Bawah Kabinet

Untuk lekukan bawah kabinet, ukuran idealnya adalah sekitar 10-15 cm. Ini supaya kamu dapat dengan nyaman berdiri tegak menghadap meja dapur.

4 dari 4 halaman

8. Ukuran Ideal Kitchen Sink

Sink atau wastafel adalah salah satu bagian kitchen set. Untuk ukuran sink di Indonesia, biasanya mencapai 80 cm – 90 cm.

9. Lemari sudut

Jika model kitchen set terdapat lemari sudut, maka untuk ukuran lemari kabinet sudut menggunakan ukuran panjang 65 cm – 100 cm. Adapun lebar sisi yang panjang mencapai 85 cm – 100 cm, lebar sisi yang pendek 60 cm dan ketinggigiannya mencapai 85 cm.

10. Kaki Kitchen Set

Dikutip arsitur, untuk menambah kenyamanan kitchen set, sisakan 10 cm dari lantai untuk digunakan sebagai area kaki kitchen set. Sebaiknya kaki ini masuk ke dalam 5 cm – 10 cm untuk menghindari jari kaki menabrak kaki kitchen set.

Nah, ityulah tadi beberapa ketentuan ukuran standar menghadirkan kitchen set di dapur. Kini, memasak pun jadi lebih nyaman karena ukuran tersebut sudah sesuai dengan ruang gerak kala kita memasak dan melakukan aktivitas di dapur. Semoga menginspirasi ya Moms

 

Beri Komentar