Berapa sih Suhu Ideal yang Bisa Bikin Nyaman Berada di Dalam Rumah?

Reporter : Yayuk Harini
Senin, 23 Agustus 2021 16:48
Berapa sih Suhu Ideal yang Bisa Bikin Nyaman Berada di Dalam Rumah?
Suhu udara sangat pengaruhi kenyamana tinggal di dalam rumah lho!

Kenyamanan dalam rumah tidak hanya Tak hanya bergantung pada furnitur dan dekorasi saja, suhu juga berpengaruh memberikan rasa nyaman tinggal di dalam rumah lho. Yap, suhu yang terlalu panas atau dingin akan memberikan suasana yang tidak nyaman dalam rumah.

1 dari 5 halaman

Untuk menyeimbangkan suhu terasa nyaman, penggunaan AC atau pendingin ruangan bisa menjadi salah satu pilihan tepat. Adapun suhu dari luar ruangan memiliki efek yang drastis pada interior rumah.

Lalu, berapa suhu terbaik untuk di dalam rumah? Dikutip dari Decortips via Kompas.com pada Senin (23/8/2021), kisaran 21 derajat celcius adalah suhu terbaik di siang hari sebab pada suhu ini udara tidak terlalu panas atau dingin, sehingga paling baik untuk tubuh manusia.

2 dari 5 halaman

Suhu dalam Rumah © Diadona

Namun, pada malam hari tidak masalah jika suhu turun di bawah kisaran 17-18 derajat Fahrenheit. Sebab biasanya orang akan menghangatkan tubuh dengan selimut.

Untuk mengatur suhu dalam rumah tergantung dari tata letak, serta ruang yang ditempati. Jika ruangan berada di lantai atas dan menghadap ke arah selatan, suhu AC yang harus disetel lebih rendah dari 25,5 derajat celcius agar tetap nyaman.

3 dari 5 halaman

Tak kalah penting untuk diperhatikan adalah faktor usia dan kesehatan juga memengaruhi derajat suhu yang dibutuhkan. Orang lanjut usia dan orang dengan kesehatan yang buruk bisanya lebih menyukai suhu yang lebih hangat. Saat udara panas, hidupkan kipas angin untuk membantu menjaga kelembaban, sehingga menghadirkan kondisi lembab, bukan dingin.

Kelembaban ini berfungsi untuk mengontrol suhu di dalam rumah agar tetap seimbang. Saat udara dingin, humidifer bisa menjadi pilihan terbaik untuk menyeimbangkan kelembaban.

4 dari 5 halaman

Suhu dalam Rumah © Diadona

Tak hanya itu saja, untuk menjaga keseimbangan suhu di dalam rumah, Moms bisa menggunakan tirai untuk mencegah sinar matahari terlalu banyak masuk ke dalam ruangan dan menyebabkan hawa panas di dalam ruangan. Sementara itu, semakin ruangan memiliki luasan kecil semakin mudah mengontrol tingkat kelembaban, sebaliknya semakin besar ruangannya semakin sulit untuk mengatur suhu di dalamnya.

Suhu ruangan ideal untuk bayi

Bayi sangat sensitif terhadap perubahan suhu. Sangat penting untuk memberikan suhu ruangan yang ideal untuk bayi. Secara umum, suhu ruangan 18-20 derajat celcius adalah suhu ruangan yang ideal agar bayi merasa nyaman.

5 dari 5 halaman

Suhu ruangan ideal untuk lansia

Suhu yang aman adalah antara 20-23 derajat celcius untuk orang yang berusia di atas 65 tahun. Suhu di dalam rumah tidak boleh di bawah 18 derajat celcius, karena dapat meningkatkan risiko penyakit pernapasan dan bahkan hipotermia jika terjadi pemaparan dalam waktu lama. Ini terutama pada penderita penyakit paru-paru dan jantung.

Nah, sekarang Moms sudah tahu kan seberapa besar tingkat suhu yang perlu diatur dalam rumah untuk menghadirkan rasa nayamn di dalamnya. Semoga menginspirasi ya!

Beri Komentar