9 Bau yang Tidak Disukai Tikus Beserta Alasannya dan Cara Menggunakannya

Reporter : Arif Mashudi
Senin, 22 April 2024 11:47
9 Bau yang Tidak Disukai Tikus Beserta Alasannya dan Cara Menggunakannya
Tikus auto kabur kalau pakai bau-bauan ini~

Bau yang tidak disukai tikus sebenarnya sangatlah banyak. Namun untuk bau dari bahan alami ini sepertinya cuma ada beberapa dan tidak banyak. Seperti minyak peppermint, sereh, cengkeh dan beberapa lainnya itu bisa menjadi pilihan.

Nah, berikut ini adalah daftar bau yang tidak disukai tikus yang bisa kamu gunakan sebagai pengusir tikus. Jadi, mari kita simak ulasan detailnya di bawah ini.

1 dari 10 halaman

Ilustrasi Peppermint Oil © Diadona

Minyak Peppermint

Pertama, untuk bau yang tidak disukai tikus adalah minyak peppermint. Tikus tidak menyukai aroma menthol yang ada di dalam peppermint ini. Bahkan, tikus akan menghindari area yang tercium aroma peppermint atau menthol tersebut.

Untuk penggunaannya, kamu bisa meneteskan beberapa tetes minyak peppermint pada kapas atau bola kapas, lalu letakkan di area yang sering dilalui tikus. Atau, kamu juga bisa mencampur peppermint dengan air untuk disemprotkan di sekitar rumah.

2 dari 10 halaman

Ilustrasi Sereh © Diadona© 2020 https://wagwalking.com/

Sereh

Kemudian, yang kedua ada bau dari sereh. Tumbuhan yang satu ini memiliki kandungan zat citronellal dan geraniol yang membuatnya punya aroma yang tidak disukai tikus.

Cara penggunaannya mirip dengan minyak peppermint, yaitu dengan menempatkan potongan sereh di area yang sering dilalui tikus. Atau, sereh juga dapat dihaluskan dan dicampur dengan air untuk membuat semprotan yang bisa digunakan sebagai pengusir tikus.

3 dari 10 halaman

Ilustrasi Cabe Rawit © Diadona

Cabe Rawit

Cabe rawit ini juga memiliki bau yang tidak disukai tikus loh Diazens. Capcaisin yang terkandung dalam cabe ini punya aroma yang sangat kuat sehingga tikus cenderung tidak suka.

Tikus menghindari aroma pedas yang dihasilkan oleh capsaicin, sehingga cabe rawit efektif sebagai pengusir tikus. Cara penggunaannya yang paling ampuh adalah membuat campuran air dengan cabe rawit yang dihaluskan dan menyemprotkannya di area yang sering dilalui tikus.

4 dari 10 halaman

Bubuk Kayu Manis © Diadonahttps://www.independent.co.uk/

Kayu Manis

Selanjutnya ada kayu manis ya Diazens. Alasan kenapa kayu manis ini memiliki bau yang tidak disukai tikus adalah aroma kuat yang dihasilan dari zat cinnamaldehyde.

Tapi, kamu tidak bisa hanya meletakkan batang kayu manis begitu saja. Sebaliknya, kamu perlu merendam bola kapas dalam minyak kayu manis murni dan meletakkannya di tempat-tempat di mana kamu curiga tikus masuk ke dalam rumah.

5 dari 10 halaman

Ilustrasi Cengkeh © Diadona© worldspice.com

Cengkeh

Cengkeh juga memiliki aromatic yang membuat tiduk disuka. Beberapa zat aktif di dalam cengkeh seperti eugenol membuat tikus tidak suka dengan bau ini ya, Diazens. Bungkus rempah-rempah ini dengan kain kemudian letakkan di area yang dilewati tikus. Selain itu, bisa juga gunakan airnya sebagai semprotan.

Sebagai catatan saja ya, bau atau aroma dari cengkeh ini sangat kuat. Jadi pastikan kamu menyukainya kalau untuk digunakan ddi dalam rumah.

6 dari 10 halaman

Ilustrasi Bawang Putih © Diadona© 2019 https://www.diadona.id

Bawang Putih

Bau yang tidak dikuai tikus yang selanjutnya adalah bawang putih. Alasannya adalah kansungan Allicin di dalamnya yang membuat bau bawang begitu kuat. Dalam penggunaannya kamu bisa mengkombinasikannya dengan bawang bombai ya Diazens.

Cara penggunaannya seperti di bawah ini:

  • Rebus empat gelas air sampai mendidih.
  • Tambahkan satu bawang bombay, cincang bersama dan 2-4 siung bawang putih.
  • Kecilkan api dan biarkan mendidih selama 5 menit.
  • Matikan api dan biarkan campuran benar-benar dingin.
  • Saring campuran dan masukkan sisa air ke dalam botol semprot kaca.

7 dari 10 halaman

Ilustrasi Merica Putih © Diadona© 2020 https://www.diadona.id

Merica Bubuk

Merica bubuk juga bisa dimanfaatkan sebagai bau yang tidak disukai tikus. Tikus tidak menyukai aroma yang dihasilkan oleh merica bubuk karena rasa pedasnya yang kuat.

Kamu hanya perlu menaburkan bubuk merica di sudut-sudut rumah terutama di bagian dapur dan area yang biasa dijangkau tikus. Tetapi jangan lupa membersihkan setiap sudut rumah yang ditaburi merica. Rumah yang bersih tentu tidak nyaman untuk disambangi tikus.

8 dari 10 halaman

Ilustrasi Cuka Putih © Diadona

Cuka Putih

Kemudian ada cuka yang bisa kamu manfaatkan juga Diazens. Cuka putih tidak hanya menimbulkan bau tidak sedap bagi tikus, tetapi juga bisa menyengat jika dijilat.

Caranya juga mudah, kamu bisa membuat beberapa wadah kecil berisi cuka dan tempatkan di area yang sering dilalui tikus. Atau yang juga nggak kalah efektif adalah membuat campuran cuka dengan air dan menyemprotkannya di sekitar rumah atau tempat yang sering dilalui tikus.

9 dari 10 halaman

Ilustrasi Kapur Barus © Diadona

Kapur Barus

Terakhir nih Diazens, sekaligus ini juga bisa menjadi bau yang yang tidak disukai tikus yang paling ampuh. Kamu bisa menaburkan kapur barus di beberapa titik tempat yang dilalui tikus.

Namun perlu kamu ingat ya kalau penggunaan kapur barus yang terlalu banyak ini akan berdampak pada kesehatan loh. Dampak kapur barus dalam jumlah banyak gas beracun yang dapat menyebabkan mual, muntah, sakit kepala, dan gangguan pernapasan.

10 dari 10 halaman

Sebagai catatan aja nih Diazens, untuk penggunaan bahan-bahan alami ini memerlukan konsistensi agar efektivitasnya dapat dirasakan dalam jangka waktu yang lebih lama. Selain itu, perlu diingat bahwa setiap rumah atau area memiliki kondisi yang berbeda, jadi diperlukan pengujian untuk menemukan bahan dan metode yang paling efektif untuk mengusir tikus.

Jadi, selamat mencoba dan semoga berhasil ya!

Beri Komentar