6 Cara Mudah Tanam Rumput Gajah Mini di Rumah, Agar Suasana Makin Segar!

Reporter : Hevy Zil Umami
Kamis, 28 Januari 2021 00:55
6 Cara Mudah Tanam Rumput Gajah Mini di Rumah, Agar Suasana Makin Segar!
Apa arti taman jika hanya dihias dengan bunga? Taman itu pasti terlihat gersang dan kurang estetis.

Oleh karena itu taman juga harus dilengkapi dengan rumput. Di Indonesia sendiri, rumput gajah mini sudah menjadi idola penghias taman rumah.

Rumput gajah mini terkenal dengan ukurannya yang kecil sehingga cocok untuk berbagai konsep taman rumah. Benihnya sendiri mudah ditemukan di pasaran. Selain itu, rumput gajah mini juga mampu bertahan hidup di iklim tropis dan perawatannya sangat mudah.

Bahkan, rumput gajah mini juga bisa kamu tanam sendiri di taman rumah, lho! Lalu, bagaimana caranya? Yuk, ikuti langkah-langkah di bawah ini!

1 dari 7 halaman

Beli Bibit Rumput Gajah Mini

Ilustrasi Rumput Gajah Mini © Diadona

Bibit rumput gajah mini dijual per meter persegi. Bentuknya sudah berupa rumput, bukan dari bijinya. Bunda juga tidak perlu menabur terlebih dahulu. Dengan demikian, tentunya bunda akan lebih menghemat waktu dan kemungkinan gagal sangat minim.

Belilah bibit rumput gajah mini di toko pertanian atau toko tanaman terpercaya. Pilih satu dengan daun yang tampak segar. Untuk jumlahnya, sesuaikan dengan luas tanah rumah bunda yang akan ditumbuhi rumput.

2 dari 7 halaman

Siapkan Lahan untuk Rumput Gajah Mini

Ilustrasi Rumput Gajah Mini © Diadona

Setelah bibit tersedia, saatnya menyiapkan lahan untuk ditanami rumput gajah mini. Selama proses persiapan, sirami tanah agar lebih mudah dicangkul. Setelah itu, buang tanah keras bagian atas dan gulma. Pastikan gulma dicabut beserta akarnya agar pertumbuhan rumput gajah miniatur tidak terganggu.

Perhatikan juga kemiringan permukaan tanah. Sebaliknya, buatlah sedikit miring ke arah saluran pembuangan. Tujuannya agar air hujan tidak menggenangi rumput gajah mini dan membuatnya membusuk.

3 dari 7 halaman

Gunakan Tanah Merah

Ilustrasi Rumput Gajah Mini © Diadona

Bila tanah sudah bersih dari gulma, kini saatnya menutupi permukaan tanah dengan tanah merah halus. Jenis tanah ini merupakan media tanam yang tepat untuk rumput gajah mini. Jika tanah merah telah menutupi seluruh permukaan tanah, ambil papan kayu. Kemudian, tekan perlahan tanah dengan papan. Cara ini bisa meratakan permukaan agar rumput gajah mini tidak tumbuh bergelombang dan taman rumah akan terlihat semakin asri.

4 dari 7 halaman

Potong Bibit Rumput Gajah Mini

Ilustrasi Rumput Gajah Mini © Diadona

Seperti yang sudah dijelaskan sebelumnya, rumput gajah mini dijual per meter persegi. Jadi, jika ingin segera mendapatkan taman yang rapi, bunda bisa langsung menanamnya. Namun, jika ingin lebih hemat sebaiknya memotong bibit rumput menjadi ukuran yang lebih kecil. Yang terpenting, pastikan saja akarnya tidak terbuang percuma saat pemotongan, ya!

5 dari 7 halaman

Tanam Rumput Gajah Mini

Ilustrasi Rumput Gajah Mini © Diadona

Jika memilih untuk memotong bibit rumput gajah miniatur, proses penanamannya harus mengikuti pola zigzag. Setidaknya, sisakan jarak sekitar 7 hingga 10 cm. Kikis sedikit bagian tanah yang akan ditanam, kemudian tempatkan bibit rumput gajah mini dan pastikan akarnya masuk ke dalam tanah. Bunda bisa menggunakan balok kayu, sekop mini, atau alat berkebun lainnya untuk menyadap tanah agar akarnya benar-benar terkubur di dalam tanah.

6 dari 7 halaman

Perawatan

Ilustrasi Rumput Gajah Mini © Diadona

Berbeda dengan tanaman biasa, jenis rumput gajah mini ini tidak perlu dibuahi. Bunda hanya perlu mengolahnya dengan air. Selama masa pertumbuhan, sirami rumput setiap pagi dan sore hari. Jika bunda menanamnya saat musim hujan, bunda bisa mengurangi frekuensi pekerjaan penyiraman ini. Ini semakin mudah, bukan?

Jangan lupa membasmi gulma secara teratur! Jika mendapat cukup air dan sinar matahari, maka rumput gajah mini akan langsung tumbuh. Permukaan tanah juga akan tertutup rerumputan dengan sempurna.

7 dari 7 halaman

Sekadar informasi, rumput gajah mini akan tumbuh menyamping bukan ke atas. Ukurannya kecil, sesuai dengan namanya, karena itu bawaan lahir, rumput gajah mini tidak akan berubah bentuk. Kelebihan dari karakteristik ini? Tentu tidak perlu repot memotong rumput!

Caranya, cara menanam rumput gajah mini sangat mudah bukan? Dijamin tidak akan gagal dan tamannya indah. Yuk, lakukan penanaman bersama anggota keluarga biar makin seru!

Beri Komentar