4 Tips Menjaga Tanaman Tetap Tumbuh Saat Ditinggal dalam Waktu Lama

Reporter : Yayuk Harini
Selasa, 12 Januari 2021 12:00
4 Tips Menjaga Tanaman Tetap Tumbuh Saat Ditinggal dalam Waktu Lama
Lakukan beberapa tips merawat tanaman ini sebelum meninggalkan rumah untuk bepergian lama Moms!

Melakukan perjalanan wisata atau berlibur bareng keluarga dan sahabat adalah suatu hal yang sangat menyenangkan. Terlebih, saat ini kita sedang masa jenuh untuk segera menghabiskan quality time, tapi tentunya tetap mematuhi protokol kesehatan demi mencegah tersebarnnya virus.

Berbicara mengenai liburan, tentu kita akan memerlukan waktu berhari-hari bahkan ada yang sampai berminggu-minggu demi terpenuhinya jadwal yang sudah dibuat sebelumnya. Maka dari itu, Moms tentu ingin waktu berlibur berjalan dengan dengan baik tanpa perlu khawatir dengan keadaan rumah dong? Terlebih kalau Moms memiliki aneka peliharaan seperti tanaman hias.

Nah, biar tanaman tetap terjaga dan tumbuh dengan baik, berikut beberapa tips yang bisa Moms terapkan sebelum meninggalkan rumah. Semoga membantu!

1 dari 5 halaman

1. Merendam Tanaman

Jika Moms akan melakukan perjalanan jangka pendek yaitu sekitar satu atau dua minggu, hal pertama yang bisa Moms lakukan adalah dengan merendam tanaman sebelum pergi. Setelah selesai, pastikan juga bahwa pot mengering sehingga campuran tanaman dalam pot menjadi jenuh, namun jangan sampai membuat tanaman direndam dengan air cukup banyak sehingga membuatnya tenggelam.

Tanaman Hias © Diadona

2 dari 5 halaman

2. Jauhkan dari Banyaknya Paparan Sinar Matahari

Beberapa tanaman tropis berdaun, umumnya dapat dengan mudah menjadi layu. Hal ini dikarenakan terlalu banyak menerima sinar matahari secara langsung. Oleh karena itu, jika Moms tidak berada di rumah untuk memerthatikan tanaman setelah satu atau dua minggu, daun tanaman dapat menjadi kasar.

Jika biasanya menyimpan tanaman di dekat jendela, Moms sebaiknya memindahkannya sedikit jauh dari ruangan tengah saat akan pergi. Langkah ini dilakukan untuk memastikan bahwa tanaman masih mendapatkan sinar matahari tanpa tanahnya menjadi kering.

3 dari 5 halaman

3. Jangan Diberi Pupuk

Tanaman Hias © Diadona

Jika Moms menginginkan agar tanaman tetap tumbuh ketika ditinggal pergi, jangan berikan pupuk ke dalam tanaman. Sama seperti manusia, tanaman juga butuh istirahat dan rileks. Hal ini terjadi karena ketika musim dingin biasanya tanaman tidak butuh pupuk meski sampai berbulan-bulan lamanya.

4 dari 5 halaman

4. Stabilkan Suhu Rumah

Suhu yang berfluktuasi dari sistem pemanas dan jendela terbuka lebar dapat menyebabkan kerusakan serius pada tanaman hias. Jadi, pada umumnya tanaman lebih menyukai kondisi suhu yang stabil. Oleh karena itu, pastikan agar Moms menyimpan tanaman ketika suhu rumah sedang tidak dingin namun juga tidak terlalu panas.

5 dari 5 halaman

Nah, itulah beberapa hal yang bisa Moms lakukan untuk membuat tanaman tetap hidup dengan baik meski ditinggal dalam jangka waktu lama di rumah tanpa harus memerlukan perawatan ekstra. Jadi, waktu liburan gak bakal terganggu dengan perasaan khawatir akan aneka tanaman hias di rumah. Semoga membantu ya Moms.

Beri Komentar