Gak Sembarang Bun, Simak Cara Membersihkan Daun Tanaman Hias yang Baik dan Benar

Reporter : Hevy Zil Umami
Rabu, 30 Desember 2020 06:45
Gak Sembarang Bun, Simak Cara Membersihkan Daun Tanaman Hias yang Baik dan Benar
Merawat tanaman hias merupakan salah satu tren hobi sepanjang tahun 2020, dengan latar belakang pandemi virus corona yang menjadikan aktivitas di dalam ruangan penting untuk mencegah penularan virus.

Namun pada dasarnya tanaman hias memberikan banyak manfaat bagi pemilik rumah. Salah satunya, tanaman hias menambah nuansa natural dan hijau pada dekorasi rumah. Meski begitu, jangan sampai melupakan setiap detail perawatan tanaman hias agar bisa tumbuh dengan baik. Ini termasuk membersihkan daun tanaman hias bunda secara teratur.

Dilansir dari Smart Garden Guide, Selasa (29/12/2020), cara terbaik membersihkan daun tanaman hias bergantung pada jenis tanaman, jenis daun, dan kotoran pada daun. Beberapa cara membersihkan daun tanaman yang disarankan adalah dengan menyeka dengan kain, menggunakan kuas atau kemoceng, membilas dengan air, atau menyemprot dengan larutan sabun. Berikut beberapa cara membersihkan daun tanaman hias yang bisa diterapkan.

1 dari 5 halaman

1. Bersihkan dengan Kemoceng

Ilustrasi Membersihkan Daun Tanaman Hias © Diadona

Jika hanya ada lapisan debu halus pada daun, bunda dapat segera menghilangkan penumpukan ini dengan kemoceng atau produk serupa lainnya. Sikat dedaunan dengan lembut untuk menghilangkan kotoran sebanyak mungkin tanpa terlalu keras dan cenderung mematahkan daun dari batang. Cara ini tidak selalu menghilangkan kotoran dan kotoran, tetapi meminimalkan penumpukan pada daun. Selain itu, cara ini juga memudahkan bunda dalam membersihkan daun tanaman hias dalam ruangan secara ekstensif.

2 dari 5 halaman

2. Seka Daun Tanaman dengan Kain

Ilustrasi Membersihkan Daun Tanaman Hias © Diadona

Salah satu cara sederhana selanjutnya adalah menyeka debu dari daun tanaman hias. Cara ini paling cocok untuk tanaman yang tidak terlalu kotor dan memiliki sedikit daun atau daun yang lebih besar.

Namun, metode ini bukanlah pilihan yang efisien untuk tanaman dengan banyak daun yang lebih kecil, tetapi dapat digunakan jika bunda ingin menghabiskan waktu dan tenaga. Cara ini juga membersihkan daun tanpa meninggalkan bercak air. Bahan yang dibutuhkan untuk membersihkan daun dengan cara ini hanyalah kain dan air hangat. Bisa berupa kain lap, handuk tangan, atau kain mikrofiber, asalkan bahannya cukup lembut untuk mencegah permukaan daun tergores. Pilihan yang lebih baik adalah memotong kaus lama dan menggunakan potongan kain untuk menyeka tanaman bunda.

Basahi kain bunda dengan air bersih dan seka bagian atas dan bawah setiap daun dengan hati-hati. Gunakan tangan bunda untuk menopang bagian bawah setiap daun saat bunda menyeka untuk mencegah kerusakan atau mematahkan daun dari batang tanaman. Hindari menggunakan air panas atau dingin dan bilas kain secara berkala untuk menghilangkan kotoran dan kotoran yang menumpuk. Selain itu, kain kering dapat digunakan untuk menghilangkan sisa air yang tertinggal di daun.

3 dari 5 halaman

3. Rendam Tanaman di Dalam Air

Ilustrasi Membersihkan Daun Tanaman Hias © Diadona

Tanaman yang lebih kecil atau yang memiliki banyak daun dapat memanfaatkan dengan cepat mencelupkannya ke dalam bak mandi air hangat. Untuk menghilangkan lapisan tipis debu, mulailah dengan mengisi wastafel atau baskom dengan air hangat. Balik wadah dengan hati-hati, gunakan satu tangan untuk memegang tanaman dan tanah di dalam pot, lalu celupkan daun secara perlahan ke dalam air hangat.

Setelah bunda memutar tanaman di sekitar air hangat, balikkan sehingga sisi kanannya menghadap ke atas dan biarkan menetes hingga mengering sebelum dipindahkan kembali ke lokasi semula. Jika terdapat banyak air pada daun, bunda bisa mengeringkannya dengan lembut menggunakan kertas dapur atau kain lembut. Mengeringkan daun seperti ini membantu mencegah terbentuknya bintik-bintik air di permukaan daun, dan bunda perlu membersihkannya kembali. Jika bunda khawatir akan menimbulkan kekacauan saat membalik wadah, ada beberapa trik untuk membuatnya lebih mudah. Agar tanah tidak tumpah di semua tempat saat bunda membalikkan wadah, bunda bisa menyirami tanah dengan baik terlebih dahulu untuk mengikatnya di dalam wadah atau membungkus bagian atas pot dengan bungkus plastik untuk menahan tanah.

4 dari 5 halaman

4. Bersihkan dengan Kuas

Ilustrasi Membersihkan Daun Tanaman Hias © Diadona

Tanaman dengan daun berbulu halus perlu dibersihkan dengan cara selain air, karena air dapat merusak bulu halus pada permukaan daun. Dalam kasus ini, gunakan kuas lembut seperti kuas cat kerajinan kecil, sikat gigi berbulu lembut, atau sikat jamur untuk membersihkan daun tanaman. Cara ini bekerja dengan baik pada tanaman dengan rambut halus seperti Violet Afrika. Bulu menarik debu dan kotoran tetapi bisa rusak jika air masuk ke daun. Sikat yang lembut akan menghilangkan kotoran dan debu dari rambut bunda tanpa menyebabkan kerusakan. Bulu sikat yang lembut dengan lembut membersihkan kotoran dan debu.

Kerjakan dari pangkal daun ke ujung, mulai dari atas tanaman ke bawah. Tiup debu dari bulu sikat secara berkala atau seka sikat dengan cepat atas kertas karton atau permukaan lain untuk melepaskan kotoran.

5 dari 5 halaman

5. Semprotkan Larutan Sabun

Ilustrasi Membersihkan Daun Tanaman Hias © Diadona

Jika tanaman dalam ruangan bunda sangat kotor, diperlukan lebih dari lingkungan menyemprot dengan udara untuk benar-benar membersihkannya dengan baik. Jika tanaman sangat kotor, tidak apa-apa mencampurkan larutan sabun lembut untuk membantu menghilangkan kotoran dan debu. Buat larutan yang mengandung seperempat sendok teh sabun cuci piring untuk setiap liter air hangat di dalam botol semprot. Kocok hingga tercampur, lalu semprotkan ke seluruh tanaman dengan lembut saat berada di wastafel atau bak mandi.

Setelah menyemprot tanaman dengan larutan sabun, bilas secara perlahan dengan air hangat untuk menghilangkan sisa sabun. Biarkan mengering atau tepuk dengan tisu dapur dan kain lembut, kemudian tempatkan kembali di ambang jendela atau lokasi lain yang berada.

Beri Komentar