Tips Mudah dan Low Budget Menghias Kamar dengan Karpet Vinyl, Anti Ribet-Ribet Club!

Reporter : Yayuk Harini
Rabu, 2 September 2020 09:00
Tips Mudah dan Low Budget Menghias Kamar dengan Karpet Vinyl, Anti Ribet-Ribet Club!
Cocok banget buat kamu yang lagi bingung memilih dekorasi lantai kamar.

Girls, tanggal muda nih. Kantong terbilang masih tebal dong? Nah, buat kamu yang lagi demen buat dekorasi kamar, boleh banget menyisihkan sedikit uang jajan untuk mengubah tampilan lantai dengan mengadaptasi tren penggunaan karpet vinyl.

Salah seorang pengguna akun Instagram @nonamirna membagikan tips dan pengalamnya dalam mengaplikasikan pemasangan karpet vinyl pada lantai ruang kamarnya.

Dengan ukuran luas ruangan 2,5 × 2,5 meter, ia memerlukan sekitar 3,5 meter karpet. Jadi untuk kisaran biayanya, membutuhkan Rp110.000 saja dengan harga per meter karpetnya adalah Rp30.000,00. Nah, kamu bisa membeli bahan ini di toko karpet dan busa atau di Shopee.

1 dari 3 halaman

Tips Membeli

Sebelum membeli, kamu sebaiknya memilih karpet tipe ukuran 2 meter agar tidak terlalu banyak sambungan. Pastikan juga kamu memilih karpet model matte (tidak mengkilap) dengan menonjolkan tekstur agar tampak layaknya kayu asli.

Disarankan juga agar karpet yang sudah kamu beli dalam kondisi packing yang baik ya. Jangan sampai karpet dikemas dalam keadaan dilipat. Lebih baik digulung saja biar tidak muncul bekas serta memudahkan dalam proses pemasangannya.

2 dari 3 halaman

Proses Memasang

Untuk memasangnya, kamu memerlukan double tape untuk merekatkan tiap ujung karpet agar tidak mudah geser serta pastikan juga lantai dalam kondisi bersih. Potong dan susun karpet supaya rapi dan sambungannya tidak terlihat. Pasang double tape di setiap ujung karpet. ? Buka double tape di salah satu ujung dulu, lalu ambil lap kain basah.

Tekan serta elus-elus bagian  ujung karpet yang sudah dilepas double tape-nya sambil didorong agar gelembung udara di dalam karpet keluar ke arah ujung karpet yang  double tape-nya belum dilepas. Setelah cukup kencang, lepas double tape di ujung satunya dan tempelkan karpet pada lantai.

3 dari 3 halaman

Ketika kamu mendapati bagian karpet yang muncul gelembung, hal itu terbilang wajar karena akan hilang dengan sendirinya setelah kira-kira 3 hari.

Itulah tips mudah untuk memasang karpet vinyl pada lantai ruangan kamar. Bagaimana, mudah bukan? Semoga bermanfaat ya!

      View this post on Instagram    

Hari Minggu mari beberes kamar! Akhir-akhir ini banyak yg tanya soal lantai kayu. Aku pasang sendiri dan gampang banget kok. Yuk aku ceritain yah ????‍??? -? Lantai kamar aku pasang karpet vinyl motif kayu. Harganya Rp 30.000/meter. Kadang disebut karpet plastik, ada juga yg bilang taplak burjo ???????????? Utk ukuran kamarku 2,5 × 2,5 meter ini memerlukan sekitar 3,5 meter karpetnya. Jadi utk beli karpet biayanya Rp 110.000 aja. Belinya biasanya di toko karpet & busa atau di Shopee juga banyak, search aja "karpet vinyl"? -? Oiya pilih yg lebar karpetnya 2 meter ya, biar ga banyak sambungan. Pastikan karpet lantainya matte (gak mengkilap) dan ada tekstur dikit. Jadi nampak kayak lantai kayu asli hahaha ????????? -? Saat beli karpet, jangan bolehin dilipat ya, digulung aja. Supaya gak ada bekas nya dan mempermudah pemasangan.? -? Setelah beli karpet, kita memerlukan double tape. Utk merekatkan ujung karpet ke lantai agar tidak geser. Ga perlu pake lem, nanti malah lantainya rusak ????? -? Pastikan lantai bersih, lalu mulai buka gulungan karpet. Potong dan susun supaya rapi dan sambungan ga keliatan. Setelah udah mantap sama susunannya, lalu pasang double tape di ujung2 karpet.? -? Buka double tape di salah satu ujung dulu, lalu ambil lap kain basahin dikit. Dari ujung karpet yg sudah dilepas double tape nya, kita elus-elus sambil dorong gelembung karpet ke arah yg double tape nya belum dilepas. Setelah cukup kencang, baru double di ujung satunya dilepas dan ditempelin ke lantai.? -? Jangan sedih kalo masih ada gelembung di karpetnya, karena nanti lama-lama akan hilang sendiri. Kira-kira 3 hari gitu deh udah bakal rapi lantainya ????? -? Selamat mencoba ya! Semoga tips menghias kamar low budget ini bermanfaat ????

A post shared by Mirna Sari (@nonamirna) on

Beri Komentar