Cara Membuat Lampion dari Benang Wol dan Balon Tutorial Lengkap beserta Gambar dan Tipsnya

Reporter : Dhewi Bayu Larasati
Selasa, 0 0 00:00
Cara Membuat Lampion dari Benang Wol dan Balon Tutorial Lengkap beserta Gambar dan Tipsnya
Nggak asal, ada hal-hal yang kudu kamu perhatikan dalam cara membuat lampion dari benang wol dan balon.

Cara membuat lampion dari benang wol bisa menghasilkan prakarya yang menarik dengan harga yang murah banget. Membuatnya juga nggak sulit kok.

Membuat lampion bisa kamu lakukan dengan kertas berwarna -warni. Umunya lampion yang berwara merah kerap dijadikan hiasan di momen perayaan hari besar China. Tapi banyak juga nih digunakan untuk hiasan dan dekorasi taman dan ruangan.

Sedangkan lampion dari benang wol ini sudah populer sejak beberapa waktu yang lalu. Kamu bisa menemukan tutorialnya dengan mudah di internet. Intinya sih, balon digunakan untuk membantu membentuk ikatan wol menjadi bulat, lalu lem akan melakukan tugasnya menjaga bentuk tersebut. Dengan biaya produksi yang murah banget, kamu bisa menghasilkan lampion yang punya nilai jual mahal. Dan cahaya lampu nggak akan sama lagi dengan kehadiran lampion ini. Makin tertarik dengan cara membuat lampion ini kan?

1 dari 2 halaman

Cara Membuat Lampion dari Benang Wol

Sebelum beranjak ke cara membuat lampion dari benang, kamu harus melengkapi dulu bahan-bahan yang dibutuhkan ya. Tenang aja, nggak sulit kok menemukan bahan-bahan tersebut.

- Balon karet
- Benang wol, pilih warna kesukaanmu
- Kuas, digunakan untuk mengoleskan lem pada balon
- Gunting, diperlukan buat merapikan bentuk lampion
- Lem kayu, gunanya untuk merekankan benang ke balon karet atau balon plastik
- Bohlam lampu, minimal 5 waat atau tergantung kebutuhan pencahayaan ruanganmu

Setelah bahan dan peralatan siap, yuk langsung cus aja ke cara membuat lampion dari benang wol.

Pertama, tiup atau isi angin balon sesuai dengan ukuran yang kamu ingin. Semakin besar, maka semakin banyak benang dan lem yang akan kamu perlukan, jadi hitung dengan cermat ya! Kamu bisa meniupnya dengan menggunakan mulut atau peniup balon.

Cara Membuat Lampion dari Benang © Diadona

Lalu, campur lem kayu dengan sedikit air untuk membuatnya jadi sedikit lebih encer. Lem yang encer bisa membautnya jadi lama kering trus daya rekatnya jadi kurang. Beberapa orang malah ada yang menambahkan tepung jagung atau maizena.

Cara Membuat Lampion dari Benang © Diadona

Selanjutnya, lapisi semua permukaan balon dengan lem menggunakan kuas. Lakukan secara hati-hati dan merata ya.

Cara Membuat Lampion dari Benang © Diadona

Segera setelah permukaan balon dilapisi oleh lem, maka lilitkan benang e balon secara vertikal, lalu horizontal. Bungkus sesuian dengan keinginan kamu. Namun perhatikan ya, semakin tebal dan tertutup permukaan balon dengan tali bmaka cahaya yang dihasilkan oleh lampu lampion bakalan semakin redup.

Cara membuat lampion dari benang selanjutnya yatu gunakan seutas benang buat menggantung lampion selagi menunggunya kering.

Cara Membuat Lampion dari Benang © Diadona

Biarkan bola mengering kira-kira 24 jam atau tergantung pada suhu di lingkungan kamu. Eits, jangan gantung balon mengenai matahari ya karena bisa bikin balon meletus terkena panas.

Setelah lem sudah kering, letuskan balon. Kalau perlu, semprot bola dnegan cat semprot bening yang cepat kering. Cara membuat lampion selanjutnya yaitu pasang bohlam dan kabel yang menghubungkannya ke sumber listrik. Atau kalau ingin sedikit variasi, kamu bisa melilitkan tumblr lamp di lampion tersebut seperti pada gambar berikut. Cantik banget deh!

Cara Membuat Lampion dari Benang © Diadona

2 dari 2 halaman

Cara Membuat Lampion dari Balon dan Benang

Cara Membuat Lampion dari Benang © Diadona

Hal-hal yang kudu kamu perhatiakn dalam cara membuat lampion dari benang, antara lain:

Membuat lampion pasti bikin berantakan, salah satunya lem berceceran. Biar lantai kamu nggak terkena lem, maka gunakan alas seperti koran.

lem yang digunakan adalaha lem kayu, bukan lem UHU atau lemsetan

LLampionmu penyok? Kemungkinan ini karean lilitan benag woll yang kurang tebal. Bisa juga karena dalam cara membuat lampion, lem yang kamu gunakan masih terlalu kental.

Lem yang sudah kering idtanai dengan warna benang woll kembali seperti semula. Pegang juga bagian benag untuk memastikan lem sudah benar-benar kering atau belum.

Setiap langkah cara membuat lampion ini harus kamu lakukan dengan seksama dan teliti. Kan sayang banget kalau nggak jadi!

Cara membuat lampion dari benang woll yang berhasil bisa membuahkan buah karya yang unik dan bernilai jual. Bisnisin nggak nih?

Beri Komentar