4 Tips dan Trik Pencegahan Cat Rumah Rusak saat Musim Hujan

Reporter : Yayuk Harini
Rabu, 3 Maret 2021 14:20
4 Tips dan Trik Pencegahan Cat Rumah Rusak saat Musim Hujan
Ini adalah tips pencegahan cat rumah agar tidak rusak di musim hujan.

Warna cat pada hunian tentu sangalah penting. Sebagai informasi bahwa kondisi cat rumah juga dapat menujukkan karakter penghuni. Jadi, sudah sepantasnya Moms untuk senantiasa merawat warna cat di rumah.

Untuk bagian eksterior rumah tidak semudah yang dibayangkan, karena berada di luar rumah maka cat eksterior sangat rentang rusak terutama pada saat musim hujan. Salah satunya akan membuat cat menjadi mengelupas, bahkan jika dinding dibiarkan lembab terus menerus akan membuat cat menjadi berjamur.

Melansir dari Lamudi.co.id pada Rabu (3/3/2021), berikut ini adalah tips merawat cat rumah agar tidak rusak di musim hujan. Semoga membantu.

1 dari 4 halaman

1. Gunakan Cat Khusus Eksterior

Sebaiknya MOms memilih cat yang memang khusus untuk eksterior rumah. Jenis cat ini memiliki daya tahan tinggi bahkan ada beberapa produsen cat yang berani menjamin catnya tidak akan rusak dalam waktu 8 tahun.

2 dari 4 halaman

2. Jangan Mengecat Saat Cuaca Mendung

Jangan memilih cuaca mendung atau habis hujan saat akan mengecet rumah. Hal ini dikhawatirkan akan ada air yang terperangkap di dalam tembok. Sebelum mengecat, ada baiknya Moms membersihkan segala kotoran yang menempel pada tembok, tujuannya agar nanti cat dapat merekat dengan baik.

3 dari 4 halaman

3. Teknik Pengecatan

Tips dan Trik Pencegahan Cat Rumah Rusak saat Musim Hujan © Diadona

Untuk hasil terbaik, Moms harus memerhatikan tektik pengecatan.  Caranya dengan memberikan lapisan tipis pada tembok sebagai lapisan dasar, kemudian menjelang kering dilapis lagi agar hasilnya sempurna. Ada baiknya Moms untuk mengikuti petunjuk penggunaan pada kemasan produk cat.

4 dari 4 halaman

4. Periksa Kelembapan Dindi

Salah satu hal yang membuat cat rumah rusak ketika hujan adalah dinding yang lembab, karena rembesan air. Untuk itu periksalah dengan seksama dari mana sumber rembesan air tesebut ada. Biasanya rembesan air bisa muncul dari talang yang konstruksinya kurang baik.

Itulah tadi beberapa tips dan trik mengecah cat rumah agar tidak mudah rusak di musim hujan. Semoga bermanfaat ya Moms.

 

Beri Komentar