11 Cara Mengusir Tokek dari Rumah dan Membuatnya Nggak Datang lagi

Reporter : Dhewi Bayu Larasati
Selasa, 6 Oktober 2020 17:42
11 Cara Mengusir Tokek dari Rumah dan Membuatnya Nggak Datang lagi
Tokek memang berisik, tapi tahu nggak sih kalau salah satu cara mengusir tokek yakni dengan bikin suara yang lebih berisik?

Cara mengusir tokek nih harus kamu tahu ketika kamu udah terganggu banget dengan suaranya di malam hari. Kotoran tokek juga akan mengotori barang-barang yang ada di rumah.

Dilansir dari Anteia-Expert, tokek adalah reptil dengan mata melotot dan bantalan jari kaki yang lengket. Ukurannya bisa bervariasi.

Tokek adalah kadal tropis yang menyukai kondisi hangat dan beriklim sedang. Tokek aktif di malam hari dan memakan seranggak kayak kecoak atau ngengat. Dalam hal ini sih pemilik rumah harusnya terbantuk banget dong ya dengan keberadaan tokek, tapi kalau doi terlalu sering berkunjung ya malah jadi masalah.

Meskipun tokek yang kecil jarang banget menyebabkan masalah struktural di rumah, tapi tetep aja mengganggu. Suaranya tuh berisik banget apalagi kalo sampai mengganggu waktu tidur di malam hari. Bikin pengen cepet cari tahu gimana sih cara mengusir tokek dari rumah.

Selain berisik, kotoran tokek juga mengganggu dan bikin bau yang nggak menyenangkan. Reptil ini juga bisa aja membawa bakteri Salmonella.

Untuk cara mengusir tokek dari rumah, yuk baca terus tips yang udah Diadona kumpulkan dari berbagai sumber berikut ini:

1 dari 2 halaman

Cara Mengusir Tokek dari Rumah

Cara Mengusir Tokek © Diadona

Ternyata sebagian besar cara mengusir tokek dari rumah tergantung pada kontrol sumber makanan dan cara gimana makhluk tersebut keluar dari rumah.

Insektisida

Tokek terlihat dan berperilaku mirip dengan kadal pada umumnya karena tokek diklasifikasikan sebagai sejenis kadal. Artinya semua tokek adalah kadal tetapi tidak semua kadal adalah tokek. Nah trus kok cara mengusir tokek dari rumah pakai insentisida sih?

Ini karena tokek memakan serangga. Dengan menggunakan insektisida, maka serangga sumber pangan tokek bakalan hilang. Lalu apa akhirnya? Tokek tersebut kan pergi karena nggak ada lagi sumber makanan untuk mereka.

Papan Lem

Kalau kamu nggak tahu di mana letak tokek yang ada di dalam rumah dan ingin menjebaknya, coba deh dengan cara memasang papan lem di sepanjang pintu masuk atau celah yang mungkin dimasuki tokek.

Cukup lepaskan jertas pelindung dari papan lem trsu letakkan di skeitar rumah di mana tokek mungkin aktif. Kalau tokek tertangkap oleh lem, kamu bisa langsung membaut paan lem beserta tokek yang udah terperangkan. Cara mengusir tokek yang jitu kan?

Membersihkan Rumah

Salah satu prinsip pnting dalam cara mengusir berbagai binatang di rumah, mulai dari kecoa hingga tokek adalah dengan membersihkan rumah.

Gini nih ceritanya kenapa rumah yang bersih bisa jadi cara mengusir tokek. Tokek bisa bertahan hidup dengan memakan serangga kecil yang biasanya bersarang di di sudut rumah yang kotor. Semakin banyak serangga, maka semakin banyak tokeknya.

Apa jadinya kalau rumah jadi bersih dari serangga-serangga tersebut? Secara nggak langsung ini bakalan jadi cara mengusir tokek karena mereka nggak punya persediaan makanan lagi. Ya kan?

Gunakan Cahaya Terang

Kalau kamu perhatikan, tokek suka sekali dnegan ruangan yang remang atau gelap. Biasanya sih mereka suka banget nongkrong di langit-langit rumah yang redup. Ini karena mereka sensitif banget sama cahaya.

Maka cara mengusir tokek dari rumah yaitu dengan memassang lampu yang terang di wilayah tokek biasanya nongkrong. Ini bakalan bikin mereka terkejut trus ngibrit deh!

Bikin Suara Bising

Tokek emang berisik, tapi salah astu cara mengusir tokek dari rumah yakni dengan bikin suara yang lebih berisik. Saat tokek datang, coba deh bikin suara yang bising misalnya memukul-nukul benda yang nyaring di sekitar tokek.

Mendinginkan Ruangan

Tokek adalah binatang yang suka sama dingin tapi tahan dengan udara panas. Maka cara mengusir tokek dari rumah yaitu dengan membuat udara ruangan tempat nongkrong tokek menjaid lebih dingin.

Caranya? Bisa pake AC atau kipas angin. Kalau mau yang lebih alami, coba deh buka lebar-lebar pintu dan jendela di ruangan.

2 dari 2 halaman

Cara Mengusir Tokek di Dalam Rumah

Apalagi kalau tokek berada di dalam rumah, waduh, semakin bahaya nih. Suaranya tentu mengganggu belum lagi ditambah ancaman kotoran yang berbahaya untuk kesehatan. Gimana cara mengusir tokek ini?

Ada beragam bahan alami yang mungkin bisa kamu coba. Dikutip dari 99.co, yuk intip apa aja yang bisa kamu lakukan:

Cangkang Telur

Tempatkan sejumlah cangkang telur di sudut rumah atau lokasi yang mungkin dihinggapi oleh tokek. Tahu nggak sih, cangkang tekur ini bakalan diangap sebagai predator oleh tokek. Akhirnya tokek itu jadi kabur karena ngerasa ketakutan deh.

Eh tapi dalam cara mengusir tokek, jangan gunakan cangkang tekur yang udah hancur ya melainkan kulit telur yang terbagi menjadi dua bagian. Bersihkan dulu untuk menghindari adanya kuman trus ganti setiap dua minggu sekali.

Bawang Putih

Aroma bawang putih yang tajam nggak cuman dibenci oleh sebagian orang, melainkan buat tokek juga lho. Untuk cara mengusir tokek, tempatkan beberapa siung saja di dalam rumah atau di titik masuk tokek.

Bawang Merah

Nggak cuman bawang putih aja, irisan bawang merah juga ampuh nih untuk cara mengusir tokek. Lagi-lagi karena baunya yang tajam.

Caranya tetap sama kok, yakni dengan menemoaykan irisan bawang merah di tempat dimana tokek bersembunyi.

Semprotkan Merica

Kalau manusia bisa teriritasi karena semprotan bahan masakan satu ini, begitu juga dengan tokek. Campurkan merica dan sejumlah air ke dalam tabung semprot trus semprotkan larutan ini ke tempat di mana tokek bersembunyi ya. Lakukan setiap hari.

Nggak cuman aromanya yang mengganggu, tokek juga bakalan ngerasain panas karena campuran merica ini.

Tembakau dan Kopi

Bukan buat ngopi sambil ngerokok trus ngobrol baik-baik sama tokek kok. Cara mengusir tokek dilakukan dengan membuat bola-bola kecil dari bubuk kopi yang masih basah dan tembakau. Trus tancapkan ke tusuk gigi.

Letakkan bola ini di tempat di mana tokek sering sembunyi. Nantinya bola ini bakalan dilahap oleh tokek trus mati deh!

Cara mengusir tokek yang udah Diadona share barusan itu semoga bisa membantu kamu mengurangi serangan tokek di rumah ya! Selamat mencoba!

Beri Komentar