Waspada, Ini 5 Bahaya yang Mengincar Orang yang Sering Pakai Celana Jeans

Reporter : Mila
Senin, 21 Maret 2022 07:57
Waspada, Ini 5 Bahaya yang Mengincar Orang yang Sering Pakai Celana Jeans
Jangan pakai jeans yang terlalu ketat ya!

Menggunakan pakaian yang nyaman adalah hal yang harus dipastikan untuk menunjang aktivitas harian. Pasalnya, mengenakan baju dan celana yang tidak nyaman, seperti terlalu ketat akan mengganggu produktivitas, ruang gerak, bahkan memicu masalah kesehatan tertentu.

Salah satunya celana jeans. Pemakaian celana jeans ketat memicu sejumlah gangguan kesehatan kalau kamu menggunakannya dalam jangka waktu yang lama. Apa saja?

1 dari 6 halaman

Sindrom Kompartemen dan Kerusakan Saraf

Memakai celana jeans ketat berisiko bahaya makin tinggi oleh pengidap obesitas dan diabetes. Melansir jurnal MERALGIA PARESTHETICA: A REVIEW OF THE LITERATURE, penggunaan pakaian ketat bisa menyebabkan jenis kompresi saraf tulang belakang yang disebut meralgia paresthetica.

  • Rasa kesemutan di telapak kaki.
  • Sensasi mati rasa.
  • Sensasi nyeri terbakar di daerah paha bagian luar.
  • Lutut terasa pegal.

2 dari 6 halaman

Gangguan Kesehatan Vagina

Ilustrasi Celana Jeans © Diadona

Memakai celana jeans ketat juga memicu gangguan kesehatan pada area vagina, yaitu risiko vulvodynia (kondisi yang ditandai dengan nyeri kronis di area genital eksternal wanita).

Risikonya semakin tinggi saat kamu mengenakan jeans ketat empat kali atau lebih dalam seminggu, apalagi kalau kamu menghilangkan seluruh rambut kemaluan.

3 dari 6 halaman

Mengganggu Kesuburan Pria

Dampak memakai celana jeans ketat selanjutnya adalah menurunkan kesuburan pria. Hal itu dipertegas dalam jurnal berjudul Lifestyle and fertility: the influence of stress and quality of life on male fertilityyang menemukan bahwa jenis pakaian tertentu bisa memengaruhi kesehatan reproduksi.

4 dari 6 halaman

Masalah Sendi dan Sakit Punggung

Ilustrasi Celana Jeans © Diadona

Masalah sendi dan sakit punggung juga jadi dampak kalau kamu sering memakai celana jeans ketat. Kebiasaan ini menyebabkan fleksi punggung bawah yang berlebihan, sehingga bisa meregangkan jaringan ikat, fascia, dan meningkatkan tekanan pada cakram.

Kalau sudah begitu, postur tubuh seseorang akan berubah. Tentunya tidak mau kan?

5 dari 6 halaman

Sakit Perut dan Masalah Pencernaan

Pakai celana jeans ketat apalagi ditambah ikat pinggang bisa meningkatkan tekanan di perut dan menyebabkan rasa sakit dan asam lambung. Risikonya semakin tinggi kalau kamu sering melakukan gerakan membungkuk atau jongkok menggunakan celana jeans.

Beri Komentar