Bangun Tidur Jantung jadi Berdebar-debar, Kenapa Ya?

Reporter : M. A. Adam Ramadhan
Jumat, 18 Maret 2022 08:27
Bangun Tidur Jantung jadi Berdebar-debar, Kenapa Ya?
Ada yang pernah merasakan ini?

Seseorang pasti pernah merasakan jantung yang berdebar-debar. Bisa saja karena, misalnya, gugup ketika tampil di depan umum, bertemu dengan gebetan, atua hal lainnya.

Namun, pernahkah kamu merasakan jantung yang berdebar-debar setelah bangun tidur? Melansir dari Hellosehat, ini beberapa kemungkinan penyebabnya.

1 dari 8 halaman

Dehidrasi

Gejala Dehidrasi © Diadona

Kurang cairan alias dehidraasi ternyata bisa menyebabkan jantung berdebar-debar ini setelah bangun. Kurang cairan tubuh bisa menebabkan tekanan darah sehingga menekan tubuh yang membuat detak jantung berdebar-debar. Jadi, pastikan cukup minum sebelum tidur, ya.

2 dari 8 halaman

Stress

Stres bisa menyebabkan orang yang baru tidur jantungnya jadi berdebar. Selain itu, yang dirasakan bisa gemetar, keringat dingin, dan perasaan yang aburadul. Sebab stres bisa meningkatkan kadar adrenalin dan kortisol sehingga menyebabkan detak jantung, bahkan ketika tidur.

3 dari 8 halaman

Kafein

Ilustrasi Minuman Kafein © Diadona

Kita tahu bahwa kafein yang berlebihan bisa menyebakan jantung berdebar kencang. Kafien bisa merangsang sisten saraf pusat otak. Jika bangun dalam kondisi jantung berdebar-debar, coba ingat-ingat lagi berapa kafien yang dikonsumsi sehari sebelumnya.

4 dari 8 halaman

Anemia

Ilustrasi Sakit Jantung © Diadona

Animia merupakan kurangnya sel darah merah, sehingga tidak punya cukup darah untuk oksigen. Akhirnya mudah lelah dan lemah. Beberapa orang merasa jantungnya jadi sering berdebar, bahkan saat bangun tidur karena kurang oksigen dalam darah.

5 dari 8 halaman

Sleep Apnea

Kondisi sleep apnea merupakan napas yang berhenti tiba-tiba dalam beberapa kali saat tidur. akibatnya, kadar oksigen berkurang dan memberikan tekanan ekstra ke jantung. Saat bangun tidur, bisa-bisa jantung jadi berdebar-derbar.

6 dari 8 halaman

Kondisi Buruk Jantung

Ilustrasi Sakit Jantung © Diadona

Selain itu, jantung berdebar saat bangun tidur juga bisa pertanda aritmia, yaitu kelainan jantung dengan kecepatan detak yang tidak normal. Bisa terlalu cepat, terlalu pelan, pokonya tidak teratur. Seain aritmia, juga bisa karena serangan dan gagal jantung.

7 dari 8 halaman

Obat-Obatan Tertentu

Obat-obatan tertentu yang dikonsumsi juga bisa menyebabkan detak jantung berdebar bahkan saat bangun tidur. Sebut saja obat asma atau tiroid. Jika memang jantung berdebar saat bangun karena obat-obatan yang dikonsumsi, lebih baik konsultasi ke dokter untuk penanganan ke depannya.

Beri Komentar