Viral Video Pembuatan Semangka Goreng, Baguskah Jika Dikonsumsi?

Reporter : M. A. Adam Ramadhan
Rabu, 21 April 2021 16:55
Viral Video Pembuatan Semangka Goreng, Baguskah Jika Dikonsumsi?
Pernah nyobain? Lagi viral nih.

Baru-baru ini, viral seorang pria yang menggoreng buah semangka utuh yang sudah dipotong-potong menjadi beberapa bagian. Pria tersebut terlihat tanpa ragu untuk menggorengnya di dalam wajan besar berisi sejumlah minyak panas.

Video ini berasal dari akun Youtubbe Rizky AA. Simak videonya berikut ini.

 

1 dari 3 halaman

Baguskah untuk Kesehatan?

Namun, yang menjadi pertanyaan, apakah buah semangka bagus dikonsumsi jika digoreng seperti itu? Melansir dari Kompas.com, ternyata hal tersebut bisa menimbulkan sejumlah dampak negatif. Hal ini disampaikan oleh ahli gizi, Lily Arsanti Lestari, pengajar di Program Studi Gizi Kesehatan, Fakultas Kedokteran, Universitas Gadjah Mada (UGM).

Dia mengatakan bahwa gizi di dalam buah semangka itu akan mengalami kerusakan jika digoreng seperti itu, terutama kandungan vitaminnya. Diketahui bahwa ternyata semangka punya kandungan vitamin dan mineral yang sangat banyak, seperti vitamin C, A, serta mineral pottasium. Parahnya, bisa menyebabkan radikal bebas!

" Lalu, karena kandungan air yang tinggi, ketika digoreng, air dalam buah akan masuk ke minyak yang dapat menyebabkan minyak lebih mudah terhidrolisis dan teroksidasi menghasilkan radikal bebas yang menyebabkan berbagai masalah kesehatan."

 

2 dari 3 halaman

Sehingga, semangka jika digoreng seperti video tersebut, tak akan memberikan manfaat gizi apa pun karean vitamin C menghilang. Senyawa-senyawa yang punya fungsi antioksidan pun juga akan mengalami kerusakan.

" Selain itu juga jika dipanaskan, terjadi kerusakan senyawa-senyawa yang memiliki aktivitas antioksidan."

Selain itu, buah semangka yang digoreng seperti itu pun akan termasuk kategori makanan jenis merah, yaitu kategori yang tidak sehat. Makanan ini harus banget dibatasi karena mengandung kalori, lemak, garam, dan gula yang tinggi.

" Maka semangka yang tadinya termasuk kategori hijau (paling sehat) akan berubah menjadi kategori merah jika melalui proses penggorengan.

 

3 dari 3 halaman

Sebenarnya bisa saja sih semangka digoreng kata Lilu, tapi dengan cara teknik vacuum frying, yang biasa dipakai dalam pembuatan kripik buah-buahan.

Meski demikian, semangka memang paling bagus dimakan langsung sih~

Beri Komentar