5 Makanan yang Sebaiknya Dihindari saat Sahur Kalau Mau Kuat Berpuasa

Reporter : M. A. Adam Ramadhan
Rabu, 21 April 2021 15:27
5 Makanan yang Sebaiknya Dihindari saat Sahur Kalau Mau Kuat Berpuasa
Yuk, yang mau nggak lemas saat berpuasa~

Bulan ramadan merupaka bulan wajib bagi umat islam berpuasa. Sedangkan puasa secara umum merupakan menahan lapar dan minum dari terbit fajar hingga terbenamnya matahari.

Biar kuat menjalani puasa, makanya umat muslim sangat dianjurkan untuk sahur, yaitu makan sebelum waktu imsak tiba. Namun, ternyata makanan yang dikonsumsi harus cermat. Jika ceroboh, bisa-bisa kamu nggak kuat berpuasa.

Melansir dari Staying Healthy via Merdeka.com, 5 makanan ini sebaiknya kamu hindari saat sahur jika ingin kuat berpuasa.

 

1 dari 6 halaman

Gorengan

Ilustrasi Gorengan © Diadona

Gorengan emang salah satu makanan lezat sih. Gurih dan sedap, bikin nagih. Ternyata, makanan ini sebaiknya kamu hindari saat sahur. Sebab gorengan punya lemak tinggi dan sulit dicerna tubuh. Sehingga, tubuh pun jadi cepat lelah nih guys. Akhirnya, nanti bisa lemes selama menjalani ibadah puasa.

 

2 dari 6 halaman

Gula

Selain itu, kamu juga sebaiknya menghindari makanan yang punya kandungan gula tinggi. Emang manis dan lezat banget sih, cuma makanan jenis ini hanya membuatmu bertenaga sesaat kamu memakannya saja. Sebaliknya, setelahnya energi kamu bakal terkuras dan malah lemas seharian.

 

3 dari 6 halaman

Daging Merah

Ilustrasi Steak Daging Sapi © Diadona

Siapa sangka, daging merah ternyata adalah salah satu jenis makanan yang seharusnya dihindari nih guys. Sebab makanan ini butuh waktu lama untuk dicerna dan mengandung banyak lemak sehingga bisa membuat energi tubuh terkuras untuk mencernanya.

Namun tenang aja. Meskipun sebaiknya dihindari saat sahur, daging merah justru disarankan untuk berbuka puasa kok!

4 dari 6 halaman

Makanan Rendah Zat Besi

Untuk sahur, hindari makanan yang rendah zat besi. Justru, perbanyaklah makanan yang tinggi zat besi. Contohnnya adalah bayam dan kacang-kacangan. Makanan tinggi zat besi bakal membuatmu tak merasa lelah dan lesu saat berpuasa.

 

5 dari 6 halaman

Kopi

Ilustrasi wanita minum kopi © Diadona

Yang suka ngopi, sebaiknya jangan dulu saat sahur deh, ya. Sebab minum kopi saat sahur justru bisa menguras energi dan bisa membuat lemas di siang hari. Memang setelah ngopi, energi yang diberikan bakal meninggal pesat, namun kemudian bakal langsung turun secara drastis.

Tak hanya itu, kopi adalah minuman dengan sifat diuretik. Bawaannya mau kencing mulu, bisa-bisa kamu dehidrasi di saat puasa.

Beri Komentar