Anggota Keluarga Perlu Pahami, 11 Cara Bantu Cegah Lansia Terjatuh di Rumah

Reporter : Hevy Zil Umami
Kamis, 8 Juli 2021 14:57
Anggota Keluarga Perlu Pahami, 11 Cara Bantu Cegah Lansia Terjatuh di Rumah
Bagaimana cara terbaik mencegah jatuh pada lansia? Berikut caranya, dicatat ya!

Entah itu karena pusing, efek samping pengobatan, kondisi kesehatan tertentu seperti aritmia atau hanya tersandung permukaan yang tidak rata, faktanya semakin tua kita, semakin besar kemungkinan kita jatuh.

Untuk beberapa manula, ini adalah masalah serius dan malah kerap kali berulang. Lantas bagaimana cara terbaik mencegah jatuh pada lansia? Berikut caranya, dicatat ya!

1 dari 11 halaman

Di Kamar Mandi

ilustrasi kamar mandi © Diadona

Letakkan keset karet anti selip atau strip self-stick di lantai bak mandi atau pancuran. Jika punya, pasang pegangan di dalam bathtub dan di samping toilet. Pertimbangkan untuk memasang pancuran yang rendah, jangan yang terlalu tinggi.

2 dari 11 halaman

Periksa Lantai

Pindahkan perabotan di jalan setapak dan lorong sehingga jalurnya jelas. Lepaskan karpet atau gunakan selotip dua sisi atau alas anti selip agar karpet tidak tergelincir. Ambil semua benda mudah jatuh seperti kertas, buku, handuk, sepatu, majalah, kotak, dan selimut. Rekatkan atau jepit kabel-kabel ke dinding.

3 dari 11 halaman

Periksa Tangga dan Anak Tangga

Sering Jadi Pijakan, Bagaimana sih Menentukan Ukuran Anak Tangga yang Ideal? © Diadona

Selalu jauhkan benda-benda dari tangga. Perbaiki area yang longgar atau tidak rata. Jika di rumahmu memasang karpet, pastikan karpet menempel kuat pada setiap area, atau lepaskan karpet dan pasang tapak karet anti selip pada tangga. Mintalah teknisi listrik memasang lampu overhead di bagian atas dan bawah tangga. Pastikan pegangan tangan terpasang erat ke dinding.

4 dari 11 halaman

Di Dapur

Pindahkan barang-barang yang lebih sering digunakan seperti cangkir dan piring ke rak bawah lemari. Jika kamu harus menggunakan bangku bantuan untuk menjangkau barang-barang yang disimpan lebih tinggi, dapatkan satu dengan palang untuk dipegang. Jangan pernah menggunakan kursi. Pastikan semua kursi dapur rata dan tidak bergoyang-goyang.

5 dari 11 halaman

Di Kamar Tidur

Ilustrasi Kamar Tidur Istimewa © Diadona

Tempatkan lampu di dekat tempat tidur yang mudah dijangkau. Pasang lampu malam sehingga orang tua di rumah dapat melihat di mana mereka berjalan di malam hari. Pertimbangkan karpet yang dapat meredam dampak jatuh lebih baik daripada ubin.

6 dari 11 halaman

Periksa Obat

Minta apoteker untuk meninjau obat yang diminum karena beberapa dapat membuat lansia merasa mengantuk, pusing dan lebih rentan jatuh.

7 dari 11 halaman

Pakai Alas Kaki Beralas Karet Sesering Mungkin

Ilustrasi Sepatu Kanvas © Diadona

Pastikan dan pakai alas kaki di dalam dan di luar rumah. Sepatu kets dengan bagian bawah karet yang kuat yang mencengkeram tanah dengan baik adalah yang terbaik. Hindari bertelanjang kaki atau mengenakan sandal atau kaus kaki.

8 dari 11 halaman

Akses Mudah ke Bantuan Keadaan Darurat

Simpan nomor telepon darurat dalam cetakan besar dan di dekat setiap telepon. Letakkan telepon di dekat lantai, semisal ada kondisi seseorang jatuh dan tidak bisa bangun. Pikirkan tentang memakai perangkat alarm yang dengan mengklik tombol akan membawa bantuan jika ada lansia jatuh dan tidak bisa bangun.

9 dari 11 halaman

Pemeriksaan Penglihatan

Ilustrasi Mata Keriput © Diadona

Lakukan pemeriksaan penglihatan secara teratur setidaknya setahun sekali. Penglihatan yang buruk dapat menyebabkan lansia mudah jatuh.

10 dari 11 halaman

Olahraga Teratur

Olahraga membuat tubuh lebih kuat dan meningkatkan keseimbangan dan koordinasi. Olahraga teratur dapat membantu mengurangi jatuh atau cedera akibat jatuh. Selalu periksa dengan dokter sebelum memulai program latihan.

11 dari 11 halaman

Perubahan Nutrisi

Ilustrasi Vitamin © Diadona

Bicaralah dengan dokter kamu tentang menambahkan kalsium, vitamin D dan C. Ini dapat membantu mencegah patah tulang dan mengurangi jatuh menurut beberapa penelitian.

Beri Komentar