Untuk Kamu Coffee Addict, Ini 5 Tips Ampuh Mengurangi Ketergantungan Kopi

Reporter : Mila
Kamis, 1 Juli 2021 18:57
Untuk Kamu Coffee Addict, Ini 5 Tips Ampuh Mengurangi Ketergantungan Kopi
Meski bisa jadi energy booster, ketergantungan kopi juga gak baik lho!

Minuman berkafein seperti kopi memang bisa memberi dorongan energi yang kamu butuhkan. Tapi Namun, minum terlalu banyak kopi justru bisa menimbulkan masalah bagi tubuh. Seperti masalah detak jantung, kebiasaan tidur, kecemasan, lekas marah, dan peningkatan frekuensi buang air kecil.

Mengingat bahaya konsumsi kopi yang berlebihan, kamu sebisa mungkin harus membatasi jumlah konsumsinya. Tapi jelas bukan perkara mudah kalau kamu sudah ketergantungan. Untuk membantu melepaskan diri dari ketergantungan kopi yang serius, berikut adalah beberapa saran yang dilansir dari laman Insider dan Healthy Eater.

1 dari 4 halaman

Makan Makanan Sehat

Kamu mungkin terbiasa mengandalkan kopi untuk meningkatkan energi. Supaya bisa lepas dari ketergantungan, cobalah untuk memperoleh energi dari makanan.

Makan makanan yang memiliki serat, karbohidrat kompleks, lemak omega 3, dan protein tanpa lemak bisa membantu menyeimbangkan gula darah yang membuat energi tetap stabil. Jangan lupa makan buah dan sayuran segar supaya kamu tetap terhidrasi.

2 dari 4 halaman

Makan Cokelat

Cokelat adalah camilan lezat favorit banyak orang. Lebih dari itu, cokelat bisa dimanfaatkan untuk kamu yang sedang mengurangi ketergantungan pada kopi. Kandungan magnesium di dalam kakao bisa membantu sakit kepala yang terkait dengan penarikan kafein.

3 dari 4 halaman

Minum Teh Hijau

Untuk mengurangi ketergantungan pada kafein kopi, cobalah lakukan penggantian sumber kafein sedikit demi sedikit. Teh hijau bisa jadi salah satu pilihan. Teh hijau juga mengandung kafein, tetapi dalam jumlah yang jauh lebih sedikit dan merupakan minuman sehat. Teh hijau juga meningkatkan mood dan energi serta tidak menyebabkan insomnia seperti kopi.

4 dari 4 halaman

Tidur yang Cukup

Biarkan tubuh menggunakan simpanan energi alaminya sendiri sehingga kamu tidak perlu bergantung pada kafein untuk menjalani hari. Usahakan untuk tidur minimal 7--8 jam setiap malam. Berikan tubuh istirahat yang diperlukan, dengan begitu kamu tidak akan merasa perlu kopi untuk meningkatkan energi.

Nah, mudah bukan? Semoga informasi ini bermanfaat ya!

Beri Komentar