Jarang Diketahui, Ini 5 Manfaat Mengunyah Permen Karet untuk Kesehatan

Reporter : Mila
Selasa, 18 Oktober 2022 07:57
Jarang Diketahui, Ini 5 Manfaat Mengunyah Permen Karet untuk Kesehatan
Sayang banget nih kalau dilewatkan!

Makan dan mengunyah permen karet dipercaya punya beragam manfaat bagi kesehatan, tapi tidak berlaku untuk semua jenis permen karet, ya. Permen karet yang baik untuk kesehatan adalah permen karet bebas gula. Permen karet dikatakan bebas gula, atau yang kadar gula di dalamnya kurang dari 0,5 gram.

Lantas, apa saja manfaatnya? Simak selengkapnya yuk!

1 dari 6 halaman

Menjaga Kesehatan Gigi dan Mulut

Permen karet yang bebas gula juga bermanfaat untuk menjaga kesehatan gigi dan mulut. Berbagai riset menunjukkan bahwa orang yang rutin mengunyah permen karet bebas gula punya risiko lebih rendah mengalami gigi berlubang.

Hal ini karena saat mengunyah permen karet, produksi air liur akan meningkat, sehingga bisa membantu membersihkan gigi dan mulut dari bakteri dan sisa-sisa makanan. Meski begitu, permen karet tidak bisa menggantikan fungsi dari menyikat gigi. Untuk menjaga kesehatan serta kebersihan gigi dan mulut, kamu juga perlu rutin menyikat gigi 2 kali sehari dan menggunakan dental floss.

2 dari 6 halaman

Mengurangi Stres

Sebuah riset menunjukkan bahwa permen karet bisa membantu mengatasi stres. Dalam riset itu disebutkan bahwa orang yang mengunyah permen karet ketika sedang merasa cemas dan stres, misalnya ketika menghadapi ujian, akan menjadi lebih tenang dan bisa konsentrasi dengan lebih baik. Pasalnya, aktivitas mengunyah permen karet membantu menurunkan hormon stres, seperti kortisol.

Selain itu, kamu juga bisa mencoba cara lain untuk mengatasi stres, misalnya mengatur pernapasan, relaksasi, atau meditasi.

3 dari 6 halaman

Mencegah Infeksi Telinga Anak

Beberapa penelitian menunjukkan bahwa anak-anak yang makan dan mengunyah permen karet dengan kandungan xylitol berisiko lebih rendah untuk terkena infeksi telinga. Hal ini karena kebiasaan mengunyah permen karet bisa membantu membuat rahang anak lebih kuat, serta melapangkan tuba eustachius dan liang telinga anak.

4 dari 6 halaman

Membantu Menurunkan Berat Badan

Permen karet juga bisa membantu mengurangi rasa lapar dan membuat nafsu makan lebih terkontrol, sehingga mengurangi keinginan untuk ngemil atau makan secara berlebih.

Meski begitu, kamu tidak bisa hanya mengandalkan permen karet. Kamu juga perlu melakukan cara lain, seperti menjaga pola makan tetap sehat, minum air putih yang cukup, dan berolahraga secara rutin.

5 dari 6 halaman

Mengencangkan Otot Wajah

Tidak hanya memperkuat rahang, kebiasaan mengunyah permen juga bisa membantu mengencangkan otot-otot wajah.

Tapi, bukan berarti permen karet bisa membuat bentuk wajah jadi tirus seketika. Hal ini karena bentuk wajah umumnya dipengaruhi oleh banyak faktor, seperti faktor genetik dan berat badan.

Beri Komentar