Tips Diet untuk Lansia yang Mengalami Obesitas

Reporter : Mutia Wella Lukitasari
Selasa, 2 Maret 2021 10:25
Tips Diet untuk Lansia yang Mengalami Obesitas
Begini lho diet yang bisa dilakukan lansia..

Berat badan berlebih atau obesitas dapat meningkatkan risiko terjadinya sederet penyakit seperti diabetes, hipertensi dan gangguan kolestrol. Seriring bertambahnya usia, obesitas masih menjadi penyakit yang dapat menghampiri.

Bahkan menurunkan badan di usia lanjut menjadi semakin rumit. Hal ini karena adanya perubahan metabolisme pada tubuh yang dapat menyebabkan pembakaran kalori jadi kurang efektif.

Dilansir dari berbagai sumber, berikut ini adalah tips yang dapat dilakukan untuk lansia dalam menurunkan berat badan.

1 dari 3 halaman

Membatasai kalori yang masuk

Ilustrasi Lansia Diet © Diadona


Kalori umumnya jadi salah satu faktor bertambahnya berat badan tubuh. Karena itu menjadi penting untuk membatasi jumlah kalori yang masuk ke dalam tubuh, terlebih di usia lanjut.

Namun membatasi bukan berarti tak mengonsumsi ya, karena protein juga merupakan nutrisi yang dibutuhkan tubuh.

Perbanyak sayur dan buah

Ilustrasi Salad Sayuran © Diadona

Sayur dan buah menjadi sumber nutrisi yang baik bagi tubuh, Serat dari sayuran di dalam usus dapat mengikat kolesterol, sehingga jumlah kolesterol yang masuk ke dalam darah akan berkurang jumlahnya.

Selain itu beberapa buah juga dapat membuat perut jadi kenyang lebih lama. Kira-kira buah apa saja, kamu bisa simak di sini ya.

 

2 dari 3 halaman

Asupan protein yang tepat

Ilustrasi Lansia Minum Susu © Diadona

Hindari asupan protein dengan kandungan lemak tinggi, misalnya paha ayam dengan kulitnya. Ikan atau dada ayan memiliki kandungan lemak yang rendah.

Olahraga

Kesehatan Tubuh Menurun, Apa Aja sih Olahraga yang Cocok dan Aman Untuk Lansia? © Diadona

Meski olahraga yang dapat dilakukan lansia tak beragam, namun tetap dapat memaksimalkan olahraga seperti jogging, lari pagi atau berenak.

Namun tetap perhatikan ketahanan tubuh ya, jika dirasa lelah dan keseimbangan tubuh berkurang, sebaiknya segera beristirahat.

Nah itu dia tips bagi lansia untuk menurunkan berat badan. Meski cukup rumit, namun dengan tekat yang kuat tentu saja hal ini bukan halangan. Keep it healthy!

3 dari 3 halaman

Beri Komentar