15 Penyebab Perut Kembung dan Mual pada Bayi, Moms Wajib Tahu nih!

Reporter : Wicha Mashita
Jumat, 5 Juni 2020 12:45
15 Penyebab Perut Kembung dan Mual pada Bayi, Moms Wajib Tahu nih!
Jangan keburu panik ya mommies, kenali dulu penyebab perut kembung pada bayi.

Tahu nggak sih moms, ternyata mengalami kembung dan mual nggak hanya berlaku pada anak-anak atau orang dewasa saja loh, bayi pun bisa. Ada beberapa hal yang bisa jadi penyebab perut kembung dan mual pada bayi. Bahkan sang ibu juga bisa mempengaruhi.

Perut kembung ini dikarenakan saluran pencernaan terisi dengan udara atau gas secara berlebihan. Biasanya akan menimbulkan rasa tidak nyaman, nyeri dan membuat perut terasa membesar. Penyebabnya pun bisa bermacam-macam, mulai dari maag sampai kekurangan enzim.

1 dari 4 halaman

Penyebab Perut Kembung Terus-Menerus

Penyebab Perut Kembung © Diadona
Penyebab perut kembung ini bisa terjadi karena kebiasaan kita sehari-hari, seperti:

1. Makan terlalu banyak atau terlalu cepat.

2. Setelah makan langsung berbaring.

3. Mengonsumsi makanan pedas dan berlemak.

4. Minum menggunakan sedotan.

5. Merokok

6. Mengunyah permen karet.

7. Memakai gigi palsu tapi yang longgar.

2 dari 4 halaman

Selain kebiasaan-kebiasaan tersebut, ada juga penyebab perut kembung karena gangguan kesehatan, seperti:

1. Masuk Angin


Meski sebenarnya masuk angin ini nggak ada dalam istilah medis tapi banyak dipercaya kalau angin masuk terlalu banyak ke tubuh bisa membuat perut kembung.

Hal ini bisa terjadi karena menelan udara terlalu banyak saat berbicara, makan, menelan atau tertawa. Kondisi ini mirip dengan maag dan biasanya gejalanya sering bersendawa.

2. Maag


Dalam istilah medis, ini biasa disebut dispepsia atau indigestion. Biasanya muncul gejala nyeri, perut tidak nyaman di bagian atas secara terus-menerus dan berulang. Nggak hanya kembung, tapi juga mual dan muntah.

3. Kekurangan Enzim


Keadaan kekurangan enzim juga bisa menyebabkan perut kembung. Padahal enzim berfungsi untuk mengolah makanan menjadi partikel yang lebih kecil agar nutrisi terserap dalam tubuh.

Kalau sudah begini biasanya suhu tubuh akan meningkat atau demam. Kekurangan enzim ini bisa disebabkan oleh stres, mengonsumsi alkohol sampai kebiasaan merokok.

3 dari 4 halaman

Penyebab Perut Kembung pada Bayi

Penyebab Perut Kembung pada Bayi © Diadona
Selain hal-hal di atas yang bisa terjadi, ada juga faktor penyebab perut kembung pada bayi yang perlu diperhatikan moms.

1. Posisi yang salah saat menyusui bayi bisa berpengaruh pada saluran pencernaannya loh moms. Kalau posisinya membuat bayi menelan banyak udara bisa membuat perut kembung.

2. Dot bayi buat yang meminum susu formula ini sebaiknya diperhatikan bagian ujungnya ya moms. Soalnya kalau ujung dot yang terlalu kecil membuat udara lebih banyak masuk ke perut bayi saat meminum susu. Hal ini lah yang bisa menimbulkan masalah dan membuat perut kembung si bayi.

4 dari 4 halaman

3. Bayi juga tidak dianjurkan untuk minum selain ASI, misalnya susu formula dan air putih. Selain itu jus juga bisa membuat bayi mengalami diare dan sakit perut.

4. Makanan yang dikonsumsi bayi juga berpengaruh. Nggak semua yang dirasa sehat itu bagus untuk pencernaan bayi. Sayur brokoli misalnya bisa jadi penyebab perut kembung pada bayi.

5. Nggak hanya yang dikonsumsi si bayi, yang mommies makan juga bisa memicu perut kembung. Sebaiknya kurangi makanan yang membentuk gas, seperti brokoli, kembang kol, kubis, bawang dan kentang.

Itu tadi beberapa hal yang bisa jadi penyebab perut kembung, khususnya pada bayi. Bisa dari kebiasaan si ibu maupun yang dikonsumsi bayi itu sendiri. Lebih diperhatikan lagi ya, moms!

Beri Komentar