Bawang Merah Mampu Atasi Perut Kembung untuk si Kecil, Emang Ngaruh?

Reporter : Novi Hardita Larasati
Sabtu, 15 Februari 2020 19:00
Bawang Merah Mampu Atasi Perut Kembung untuk si Kecil, Emang Ngaruh?
Bawang merah taruh di perut bayi emang nggak panas, ya?

Sampai saat ini banyak obat tradisional yang masih digunakan oleh sebagian masyarakat untuk menyembuhkan penyakit. Apalagi saat mengalami perut kembung, perut kembung bisa dialami siapa saja, tidak terkecuali oleh bayi. Tapi, saat perutnya kembung, bisa jadi bayi akan rewel dan susah tidur. Sehingga salah satu cara yang digunakan adalah menggunakan bawang merah dan campuran minyak telon suntuk mengatasi perut kembung pada si kecil. Tapi benarkah cara tersebut aman dan efektif?

1 dari 2 halaman

Menurut Konsultan tumbuh kembang Fakultas Kedokteran Universitas Indonesia, RS Cipto Mangunkusumo, dr. Bernie Endyarni Medise, Sp. A (K), MPH, penggunaan bawang merah dapat membuat kulit balita iritasi. Hal ini juga menganggu kenyamanan dan memengaruhi proses tumbuh kembangnya. Selain itu, bayi juga mengalami iritasi yang menyebabkan tidak nyaman dan kondisi ini ditandai dengan munculnya kemerahan pada lipatan-lipatan kulit. Sehingga, mereka mengalami nyeri dan akhirnya rewel. Jika kondisi ini berkepanjangan, akan menganggu tidur maupun gerakan atau aktivitas balita.

2 dari 2 halaman

Namun, Prof. Dr. Badriul Hegar, Ph.D, SpA (K) mengatakan bahwa secara medis bawang merah belum benar-benar terbukti mampu mengatasi perut kembung bagi anak, dan sejauh ini bawang merah untuk perut kembung tidak pernah memberikan efek samping. Hanya saja, bau bawang yang cenderung menyengat memang bisa membuat anak akan merasa tidak nyaman. Efek penggunaan bawang merah untuk bayi kembung, sebenarnya mirip dengan penggunaan minyak telon. Kalau anak kurang nyaman dengan bau bawang merah, maka kamu bisa menggantinya dengan minyak telon yang beraroma lebih enak.

Selain itu, menurut dr M. Tatang Puspanjono, SpA, dokter spesialis anak RS Siloam, menyarankan untuk mengatasi kembung pada anak bisa dilakukan dengan pemijatan. Hal ini dianggap sebagai salah satu efek dari rileks yang ia rasakan.

Beri Komentar