18 Cara Mengatasi Perut kembung dan Mual pada Bayi dan Anak

Reporter : Dhewi Bayu Larasati
Rabu, 15 Januari 2020 18:37
18 Cara Mengatasi Perut kembung dan Mual pada Bayi dan Anak
Perut kembung memang membuat tidak nyaman, namun bisa hilang dengan mudah melalui perawatan yang sederhana.

Di dalam saluran pencernaan manusia memang terdapat gas maupun udara. Yang jadi masalah adalah bila jumlahnya berlebih, yang kemudian disebut dengan perut kembung. Bila hal ini menimpa anak-anak dan orang dewasa, tentu kelebihan gas bisa dengan mudah dikeluarkan. Namun cara mengatasi perut kembung pada bayi berbeda.

Perut kembung pada bayi bisa disebabkan karena adanya udara yang terikut pada proses menyusui, makan, atau menangis. Biasanya, dideteksi dengan cara menepuk bagian perut dengan telapak tangan. Karean biasanya merupakan suatu kondisi medis yang tidak darurat, nggak ada salahnya kamu coba dulu 18 cara mengatasi perut kembung seperti yang sudah Diadona kumpulkan untuk kamu dari berbagai sumber.

1 dari 4 halaman

Cara Mengatasi Perut Kembung pada Bayi

Ilustrasi Bayi © Diadona

Kondisi perut kembung pada bayi sebenernya merupakan hal yang wajar. Dalam sehari, rata-rata bayi mengeluarkan gas sekitar 13- 21 kali. Gas ini umumnya terjadi pada bayi berusia satu sampai empat bulan.  Biasanya, disebabkan karena menelan udara saat menangis, menyusui, atau saat makan.

Mengosok Perut Bayi

Seperti halnya orang dewasa, saat kembung, menggosok perut memang jadi kegiatan paling nyaman untuk dilakukan. Namun untuk bayi, cara mengatasi perut kembung dengan menggosok ini berbeda dengan yang dilakukan pada orang dewasa. Saat menggosok, gas berlebih di dalam perut bisa dikeluarkan dan perut akan nyaman seperti semula.

Pertama, gosok perut bayi dari arah punggung ke pusar. Kemudian berikan tekanan yang sangat lembut ketika akan mendekati pusar. Perhatikan cara menekannya, jangan terlalu menekan keras karena bisa membuat perut bayi sakit. 

Memijat dengan Lembut

Memijat lembut pada bagian perut dapat menjadi cara mengatasi perut kembung pada bayi. Kamu bisa melakukan pijatan di daerah perut, punggung dan juga dada. Gunakan juga  minyak untuk menghangatkan tubuh bayi dan dibalurkan di area perut.

Gerakan Football Hold

Cara mengatasi perut kembung bisa kamu dapatkan dari mempraktekkan gerakan football hold. Seperti apa gerakannya? Letakkan bayi bertelungkup di lengan dengan kaki mengangkangi pergelangan tangan, dan dagu berada di sisi siku. Gaya gravitasi akan memberikan tekanan pada perut si kecil yang akan membantu menenangkan dan melepaskan gas. Sebagai tekanan tambahan, berikan pijatan lembut di bagian punggung.

Pijat Perut

Saat berbaring, pijat perut bayi dan gosok lembut searah jarum jam. Selanjutnya, Tarik tangan ke bawah di bagian tekut perutnya. Beberapa perawat menggunakan gerakan ‘I Love U’ dengan dua atau tiga jari untuk memberikan tekanan lembut di sekitar perut.

Bedong

Dokter anak Harvey Karp, MD, percaya kalau bedong bayi mensimulasikan sensasi dan pengalaman bayi di dalam lahir, sehingga bayi bisa merasa lebih nyaman. Namun sayangnya, cara mengatasi perut kembung dnegan metode ini masih menjadi kontroversial di kalangan tenaga medis.

Gerakan Mengayuh Sepeda

Cara mengatasi perut kembung yang satu ini bisa dibilang menyenangkan untuk bibu dan bayi. Caranya, baringkan bayi, lalu gerakkan kaki bayi seperti sedang mengayuh sepeda. Gerakan ini akan emndorong udara dari perut bergerak ke atas dan keluar lewat sendawa bayi.

2 dari 4 halaman

Cara Mengatasi Perut Kembung dan Mual

Ilustrasi Sakit Perut © Diadona

Mual adalah gejala umum yang terjadi saat perut kamu terasa kembung. Keduanya terjadi dengan cara bersamaan, dan biasanya akan hilang seiring dengan hilangnya salah satu gejala.

Duduk dengan Posisi Tegak

Bila perut kembung dan mual terjadi karena refluks asam akibat kambuhnya maag, maka cara mengatasinya yakni dengan duduk dalam posisi tegak. Dengan posisi ini akan mengurangi aliran asam di kerongkongan kamu.

Minum Cairan Bening

Fungsinya untuk membuat perut merasa nyaman. Hindari mengkonsumsi minuman berasa atau yang trebuat dari gula alcohol, karena justru akan membuat perut kembung semakin parah.

Minum Obat

Ada obat anti gas yang banyak tersedia di apotik. Obat-obat tersebut tidak selalu jadi cara mengatasi perut kembung yang efektif, namun bisa juga tetap kamu jadikan pertimbangan.

 

3 dari 4 halaman

Cara Mengatasi Perut Kembung pada Bayi baru Lahir

Ilustrasi Bayi © Diadona

Menepuk Punggung Bayi dengan Lembut

Bayi bisa mengalami perut kembung karena terikutnya udara pada proses menyusui. Kondisi ini biasanya terjadi setelah bayi minum susu formula, minum ASI atau bahkan mendapatkan makanan pendamping ASI.

Sendawa bisa menjadi cara mengatasi perut kembung pada bayi. Tetapi karena mereka tidak bisa melakukannya sendiri, maka harus dibantu dengan menggendongnya menghadap kamu, tempelkan perutnya di bagian dada kamu. Selanjutnya,  tepuk-tepuk kecil punggungnya sehingga si kecil terpancing untuk bersendawa

Biarkan Bayi Tengkurap

Cara mengatasi perut kembung bisa kamu lakukan dengan membuat bayi dalam posisi tengkurap. Dengan posisi ini, akan membantu gas perut mendapatkan tekanan dari berat badan. Selanjutnya bayi bisa buang angin dengan bersendawa atau buang angin dari bawah.

Ubah Posisi Menyusui

Saat sedang menyusui, usahakan untuk membuat kepala dia dalam posisi yang  lebih tinggi daripada perut, sehingga sirkulasi antara susu dan uadar tidak terganggu. Susu dapat dnegan mudah masuk ke perut, dan udara bisa naik ke atas dan keluar.

Biarkan Bayi Bergerak

Meski khawatir, usahakan untuk membiarkan bayi tetap aktif bergerak sesuai dengan pola perkembangannya. Saat dia aktif bergerak, bukan nggak mungkin akan membaut dia lebi cepat bersendawa dan mengluarkan gas di dalam perut kembungnya.

4 dari 4 halaman

Cara Mengatasi Perut Kembung pada Anak

Ilustrasi Anak Sakit Perut © Diadona

Terperangkapnya udara dalam system pencernaan bisa mengakibatkan kembung dan ketidaknyamanan. Dan ini rentang sekali terjadi pada anak karena disebabkan oleh system pencernaan yang sedang berkembang, dan mereka sedang berusaha belajar memindahkan gas melalui saluran pencernaan secara efektif.

Bila kondisi tersebut sudah mengkhawatirkan, kamu sebaiknya segera memeriksakannya ke dokter. Namun bila gelajanya masih ringan, ada banyak cara mengatasi perut kembung yang bisa kamu lakukan sendiri.

Perhatikan Sayuran

Kembung pada perut bisa disebabkan karena makanan dengan kadar rafinosa atau fruktosa tinggi. Mengapa? Karena raffinosa adalah jenis gula yang tidak tercerna sampai kemudian difermentasi oleh bakteri di usus sehingga menghasilkan gas. Gas inilah yang bikin perut jadi kembung. Raffinosa banyak terkandung dalam sayuran seperti asparagus, kacang-kacangan, brokoli, kubis, wortel, kol, dan lainnya.

Kurangi Konsumsi Susu

Susu memang menyehatkan, namun susu dan produk turunannya bisa menghasilkan gas ketika dikonsumsi. Terlebih kalau anak punya intoleransi terhadap laktosa, maka konsumsi susu bisa membuat perut jadi kembung.

Pijat dengan Minyak Telon

Sudah banyak yang membuktikan bahwa memijat dengan sentuhan hangat minyak telon merupakan cara mengatasi perut kembung yang sangat efektif. Fokuskan gerakan memijat untuk membuat anak merasa nyaman dan gas yang membandel keluar dari usus.

Olahraga

Aktivitas olahraga yang tidak terlalu berat telah terbukti sebagai cara mengtasi perut kembung, termasuk pada anak-anak. Misalnya, jogging, senam, menari atau yoga.

Suplemen Prebiotik

Sistem pencernaan dan respon imun yang tepat terganung pada keseimbangan flora bakteri di dalam usus. Nah, prebiotic sendiri mengandung bakteri ramah yang hidup di saluran usus dan telah terbukti bisa mengurangi gas dan perut kembung.

Beri Komentar