TB Warriors – Hunt & Find, Inovasi Game Terbaru Johnson & Johnson untuk Ajak Anak Muda Indonesia Kalahkan Tuberkulosis

Reporter : Arif Mashudi
Kamis, 28 Juli 2022 13:37
TB Warriors – Hunt & Find, Inovasi Game Terbaru Johnson & Johnson untuk Ajak Anak Muda Indonesia Kalahkan Tuberkulosis
Yuk bareng-bareng lawan Tuberkulosis

PT Johnson & Johnson telah resmi mengumumkan gerakan sosialisasi ‘Bersatu Melawan TBC’ (United Against TB). Gerakan tersebut resmi diumumkan pada 24 Maret 2022 juga memberdayakan kaum
muda sebagai generasi yang ikut serta dan aktif dalam derakan ini.

Dalam gerakan sosialisasi tersebut, Johnson & Johnson meluncurkan inovasi kreatif untuk menjaring partisipasi anak muda Indonesia. Mereka membuat gamifikasi ‘TB Warriors’ yakni sebuah gerakan yang dikemas dalam bentuk permainan virtual. Game atau permainan ini bernama Hunt & Find (Cari & Temukan).

Lewat permainan ini, diharapakan segenap publik umum khususnya anak muda Indonesia mampu untuk memahami penyakit tuberkulosis (TBC). Pasalnya melalui game ini siapapun akan mampu untuk mendeteksi gejala TBC dengan cara yang menyenangkan.

Lebih lanjut, permainan ini juga diharapkan dapat menciptakan katalisator dari kalangan generasi muda, dimana melalui pemahaman yang didapat mereka mampu berbagi pengetahuan dan meningkatkan pemahaman seputar TBC di kalangan teman, keluarga dan kolega.

1 dari 3 halaman

TB Warriors – Hunt & Find

TB Warriors – Hunt & Find dari Johnson & JohnsonTB Warriors – Hunt & Find dari Johnson & Johnson © Johnson & Johnson Indonesia

Jadi dalam game ini, pemain ditantang untuk dapat menemukan sebanyak mungkin karakter pada gambar yang menunjukkan gejala TBC. Tentu saja dalam waktu yang singkat ya. Dalam gambar tersebut akan ada berbagai aktivitas dan tentu saja dibutuhkan kejelian untuk memainkan game ini.

Nah, setelah berhasil menemukan semua karakter tersebut, pemain akan mendapatkan akses menuju informasi terkait edukasi lebih lanjut mengenai TBC dan gejalanya. Pada akhir permainan, pemain akan menerima jumlah skor yang akan direkam secara otomatis dalam papan peringkat.

TB Warriors – Hunt & Find dari Johnson & JohnsonTB Warriors – Hunt & Find dari Johnson & Johnson © Johnson & Johnson Indonesia

Oh iya, untuk membuat nyaman siapapun yang memainkan game ini, Johnson & Johnson Indonesia turut melibatkan M. Syaifuddin Ifoed. Ia adalah seorang kartunis dan ilustrator asal Indonesia. Ia diberi kepercayaan untuk mendesain dan mengilustrasikan permainan virtual ini.

Jadi dalam game TB Warriors ini, akan ada ilustrasi spesifik terkait negara di mana pemain berada. Di dalam rancangan desainnya menampilkan pemandangan dan landmark lokal yang telah dikenal publik, dimana Jakarta dan Bali menjadi desain latar utama.

2 dari 3 halaman

Johnson & Johnson melawan TBC

Supaya gerakan ‘TB Warriors’ ini dapat merangkul generasi muda lebih luas lagi, Johnson & Johnson Indonesia berkolaborasi dengan berbagai pemangku kepentingan, termasuk mitra media dan menggagas kompetisi di ranah media sosial. Selain itu, kolaborasi juga dilakukan dengan melibatkan beberapa influencer Indonesia untuk turut mendorong kesuksesan gerakan ini.

Bukan gerakan yang kaleng-kaleng, gerakan ini akan berlanjut hingga akhir tahun 2022 sehingga dapat menginspirasi perilaku generasi muda dalam menyikapi TBC diantara mereka.

Lebih lanjut, sebagai bagian dari gerakan ini, terdapat microsite www.tbwarriors.com yang juga menyediakan sumber edukasi, termasuk video pendidikan yang membahas topik utama, seperti ‘Apa itu TBC?’ dan ‘Gejala TBC’; cerita yang dapat membawa pemain memasuki kehidupan seseorang yang telah tertular TBC; dan informasi lain yang dapat diunduh.

Jadi, yuk sama-sama lawan TBC untuk kesehatan di masa mendatang yang lebih menjanjikan.

Beri Komentar