Kalau Habis Olahraga, Baiknya Minum Air Hangat atau Dingin Ya?

Reporter : Anif Fathul Amin
Selasa, 26 Juli 2022 08:03
Kalau Habis Olahraga, Baiknya Minum Air Hangat atau Dingin Ya?
Namun benarkah air hangat sebenarnya lebih sehat dibanding air dingin setelah berolahraga?

Usai berolahraga, mengonsumsi air dingin merupakan hal yang sangat menyegarkan dan bisa menghilangkan gerah. Namun pada sejumlah orang, konsumsi air dingin ini tidak mereka lakukan karena takut terhadap dampak buruk yang dapat muncul.

Ketakutan terhadap konsumsi air dingin setelah olahraga ini membuat mereka mengonsumsi air dalam kondisi hangat. Namun benarkah air hangat sebenarnya lebih sehat dibanding air dingin setelah berolahraga?

1 dari 5 halaman

Ilustrasi Minum Air Putih © Diadona

Dilansir dari Live Strong, sesungguhnya tidak ada perbedaan antara air dingin dan hangat selain dari temperaturnya. Walau begitu, terdapat kondisi tertentu ketika air dingin atau air hangat lebih baik untuk dikonsumsi.

Hanya saja satu hal yang paling penting adalah kamu minum cukup air. Hal ini bisa membantumu terhindar dari masalah dehidrasi yang mungkin dialami setelah berolahraga.

2 dari 5 halaman

Minum Air Dingin

Minum Air Dingin Bikin Gemuk, Mitos atau Fakta? © Diadona

Setelah berolahraga secara intens, minum air dingin ketika gerah bisa bermanfaat untuk memenuhi kebutuhanmu. Menurut penelitian dari Columbia University, air dingin bisa meninggalkan perut lebih cepat dibanding air hangat sehingga membuat rehidrasi yang kamu alami lebih cepat.

Kamu tidak perlu khawatir mengenai dampak bahaya yang mungkin muncul dari mengonsumsi air dingin. Pasalnya, air tidak bisa menimbulkan bahaya terhadap organ tubuh.

3 dari 5 halaman

Air Hangat

Air hangat juga bisa jadi pilihan minumanmu walau tak bakal mengganti cairan tubuh secepat air dingin. Efek mendinginkan dari minuman ini juga tidak sama dengan air dingin.

Minuman ini sebaiknya dikonsumsi oleh seseorang yang memiliki kondisi gigi sensitif. Hal ini bisa membantu menjaga cairan tubuh mereka secara tepat karena setidaknya membuat mereka terhindar dari dehidrasi.

4 dari 5 halaman

Jadi, air dingin atau air hangat sama-sama baik dan bermanfaat kok buat kita yang habis olahraga. Tapi tetap disesuaikan dengan kondisi tubuh ya. Karena air dingin dan hangat punya tujuan bebeda. 

Beri Komentar