4 Tips Tetap Sehat Saat Musim Pancaroba, Wajib Diterapkan nih!

Reporter : Mila Ismiranda
Kamis, 28 Juli 2022 07:57
4 Tips Tetap Sehat Saat Musim Pancaroba, Wajib Diterapkan nih!
Jangan sampai sakit ya!

Saat musim pancaroba, virus dan bakteri mulai gencar menyerang tubuh. Alhasil, sistem imun jadi melemah dan kamu lebih mudah jatuh sakit. Tapi, jangan khawatir ya! Kamu bisa mengikuti beberapa tips berikut untuk menjaga kesehatan tubuh di musim pancaroba.

1 dari 6 halaman

Hubungan Musim Pancaroba dan Gampang Sakit

Musim pancaroba adalah peralihan antara musim hujan dengan musim kemarau. Musim ini ditandai dengan cuaca yang kadang mendung, hujan, berangin, atau bahkan sangat panas.

Cuaca yang tidak menentu ini akan mengundang bakteri dan virus untuk menginfeksi tubuh sehingga menyebabkan pilek, flu, batuk, hingga sakit tenggorokan. Meskipun penyakit musim pancaroba bisa diobati dengan mudah, tapi gejala yang timbul tetap mengganggu kenyamanan saat beraktivitas.

2 dari 6 halaman

Olahraga

Cuaca tidak menentu selama musim pancaroba jangan dijadikan alasan untuk malas berolahraga. Pasalnya, olahraga adalah aktivitas yang menyehatkan tubuh.

Olahraga akan merangsang produksi hormon dopamin. Hormon ini bertugas untuk memperbaiki suasana hati dengan membuat perasaan jadi lebih senang dan bahagia. Selain itu, dopamin juga digunakan oleh sel-sel kekebalan untuk mengatur respons tubuh terhadap infeksi.

Kamu cukup olahraga yang mudah dan ringan saja, seperti lari, jogging, jalan santai, atau bersepeda.

3 dari 6 halaman

Minum Air Putih

Tips selanjutnya adalah mencukupi kebutuhan air setiap hari. Air tidak hanya meredakan dahaga, tapi juga menjaga kelembapan tubuh dan menjadi komponen utama dari pembentukan plasma darah. Selain itu, air membantu mengedarkan oksigen ke seluruh bagian tubuh dan membantu mengeluarkan zat yang tidak dibutuhkan tubuh.

Kalau tubuh kekurangan cairan, organ tubuh tidak bisa bekerja dengan efektif, termasuk sistem kekebalan tubuh. Untuk itulah, mencukupi kebutuhan air sangat penting untuk mencegah sakit.

4 dari 6 halaman

Asupan Makanan Bergizi

Tidak hanya menjaga organ tubuh agar bekerja secara normal, beberapa makanan bisa mencegah penyakit karena kandungan vitamin C, zat besi, dan protein di dalamnya yang bisa mendukung sistem kekebalan tubuh.

Kamu bisa memenuhi kebutuhan gizi itu dari berbagai makanan, seperti jeruk, daging merah, telur, ikan, dan sayuran hijau.

Sebaliknya, kurangi asupan makanan yang mengandung lemak tinggi, pengawet, atau pemanis buatan. Terlalu banyak mengonsumsi jenis makanan tersebut bisa memicu peradangan dalam tubuh.

5 dari 6 halaman

Cukup Tidur

Kalau sudah melakukan itu semua, tapi kamu masih hobi begadang, ya percuma. Kamu harus sempurnakannya dengan tidur yang cukup. Tidur adalah waktu bagi organ tubuh untuk beristirahat.

Kalau kamu masih sering begadang dan kurang tidur, organ tubuh akan kelelahan. Akibatnya, sistem kekebalan tubuh akan melemah dan membuat lebih mudah sakit di musim pancaroba.

Beri Komentar