Meminjam Sisir Bisa Tularkan Masalah Rambut, Mitos atau Fakta?

Reporter : Mutia Wella Lukitasari
Jumat, 2 Oktober 2020 09:25
Meminjam Sisir Bisa Tularkan Masalah Rambut, Mitos atau Fakta?
Yakin masih ingin meminjam sisir rambut lagi?

Bertukar alat kecantikan memang kerap dilakukan oleh para wanita. Namun tak banyak yang menyadari jika hal ini bisa berdampak buruk lho.

Salah satu hal yang sering dipertanyakan adalah sisir. Sebagian orang meyakini jika meminjam sisir orang lain dapat menularkan masalah kesehatan. Meski terlihat sepele, namun ternyata hal ini bukan hanya sekedar mitos, guys.

Dilansir dari Boldsky.com, beberapa masalah rambut nyatanya memang dapat bersifat menular. Nah resiko penularan ini dapat meningkat dengan adanya kontak melalui sisir tersebut. Kira-kira apa saja penyakitnya, simak berikut ini deh.

1 dari 3 halaman

Psoriasis Kulit

Penyakit psoriasis kulit merupakan masalah yang sangat menular. Masalah kesehatan ini ditandai dengan bintik-bintik merah muda yang berkembang menjadi bercak bulat hingga membuat rambut rusak.

Penyebab utama dari munculnya psoriasis kulit adalah jamur yang menular melalui pemakaian sisir atau handuk secara bergantian.

Ilustrasi Wanita Sisir RambutIlustrasi Wanita Sisir Rambut © 2019 https://www.diadona.id

Folikulitis

Folikulitis merupakan infeksi folikel rambut yang disebabkan karena mikroorganisme yang masuk ke kulit kepala. Hal ini terjadi ketika mikroorganisme tersebut masuk melalui luka atau kontak langsung dengan orang yang terinfeksi.

2 dari 3 halaman

Impetigo

Impetigo merupakan jenis penyakit rambut yang juga sangat menular dan umumnya dialami anak-anak. Penyebab utama dari penyakit ini adalah mikroorganisme yang masuk melalui luka di kulit kepala.

Impetigo membuat luka lecet yang membesar dan basah hingga membentuk kerak berwarna kuning.Mikroorganisme ini bisa menular jika sampai menempel pada kulit.

Ilustrasi Kepala GatalIlustrasi Kepala Gatal © Shutterstock

Kudis

Kudis merupakan infeksi kulit ektoparasit. Masalah ini muncul karenai adanya tungau kecil di kulit kepala dan bertelur di sana.

Kudis di kulit kepala ditandai dengan ruam dan bintik-bintik gatal yang memerah. Ketika bertukar sisir, hal ini bisa menyebabkan tungau kecil ini berpindah ke kepala orang lain.

3 dari 3 halaman

Kutil

Ilustrasi Rambut RusakIlustrasi Rambut Rusak © 2019 https://www.diadona.id/@epiphanydermatology

Walau tak banyak yang menyadari, namun kutil di kulit kepala ini bisa terjadi. Hal ini karena munculnya human papillomavirus yang ditularkan melalui kontak langsung dengan orang yang terinfeksi. Saling bertukar sisir bisa menyebabkan kontak langsung ini terjadi.

Nah jadi itu dia penyakit-penyakit yang dapat tertular jika berbagi sisir atau meminjamnya. Jadi jika ingin pinjam dan meminjam sisir perhatikan lagi ya guys.

Beri Komentar