7 Manfaat Susu Beruang, Kedelai dan Susu Kambing untuk Kesehatan

Reporter : Dhewi Bayu Larasati
Kamis, 28 Januari 2021 14:52
7 Manfaat Susu Beruang, Kedelai dan Susu Kambing untuk Kesehatan
Sayangnya, manfaat susu yang melimpah ini nggak diimbangi dengan tingkat konsumsi yang baik di masyarakat kita.

Manfaat susu diperoleh dari kandungan nutrisinya yang emmang dirancang sepenuhnya untuk hewan yang baru lahir. Kaya akan sumber vitamin dan mineral, juga kaya akan protein baik dengan ratusan asam lemak yang berbeda.

Menurut data Badan Pusat Statistik, tingkat konsumsi susu masyarakat Indonesia tahun 2019 masih berkisar 16,23 kg/kapita/tahun. Ini lebih rendah kalau dibandingkan dengan konsumsi susu di negara lain.

Nggak cuman susu sapi yang kaya dengan gizi, ada jenis susu lainnya juga yang nggak kalah memberikan manfaat susu untuk tubuh. Sebut saja susu kedelai yang cocok untuk mereka dengan intoleransi laktosa, atau susu kambing untuk variasi konsumsi susu. Mengenai manfaatnay untuk tubuh sih jangan ditanya.

Dikutip dari berbagai sumber, yuk kepoin tentung manfaat susu selain susu sapi di ulasan Diadona berikut ini.

1 dari 3 halaman

Manfaat Susu Beruang

Manfaat Susu © Diadona

Susu beruang adalah sebutan untuk merk susu dalam kemasan kaleng yang dikeluarkan oleh Nestle. Bukan, ini bukan susu dari beruang kok melainkan hanya sebuah merk saja. Dibandingkan dengan merk susu yang lain, susu beruang dijual dengan harga yang lebih mahal, sebanding dengan manfaat kesehatan yang disebutnya.

Dalam laman perusahaannya, Nestle mengklaim kalau susu Bear Brand terbuat dari 100 persen susu murni dengan kualitas tinggi yang udah mengalami proses sterilisasi tanpa penambahan bahan pengawet.

Salah satu manfat susu Bear Brand yang mereka sebut adalah membawa segala kebaikan susu serta membantu menjaga kesehatan tubuh.

Bear Brand Gold

Bear Brand Gold terdiri dari dua varian, yakni White Tea yang memiliki kandungan teh putih yang didapat dari daun teh pilihan. Ditambahkan juga vitamin A, C dan E yang disebut mampu membantu proses regenerasi kulit dan mencegah kerusakan sel kulit lebih dini.

Nah untuk Bear Brand Gold White Malt diperkaya dengan kandungan malt dan disempurnakan dengan vitamin B1, B2, B6 dan B12. Apa manfaat susu Bear Brand dari vitamin tersebut? Yakni mampu membantu mempercepat proses pengolahan energi untuk menjalani aktivitas sehari-hari dengan penuh semangat.

2 dari 3 halaman

Manfaat Susu Kedelai

Manfaat Susu © Diadona

Susu kedelai dianggap sebagai salah satu pengganti susu sapi, terlebih untuk mereka yang memiliki intoleransi laktosa. Tapi ternyata manfaat susu kedelai bukan cuman itu aja lho.

Melansir Web MD, susu yang menyehatkan dan beraroma ini pertama kali muncul sebagai produk limbah dalam pembuatan tahu. Namun saat ini produk susu kedelai sudah banyak tersedia dan memiliki banyak manfaat kesehataan, diantaranya:

Meningkatkan Kesehatan Jantung

Susu kedelai adalah sumber kalium yang sangat baik, baik yang telah difortifikasi atau tidak. Kalium berkaitan dengan penjagaan tekanan darah rendah dan denyut nadi agar teratur. Nggak cuman itu aja, salahs atu manfaat susu kedelai yaitu ada kaitannya dengan penuruann kadar kolesterol.

Mengurangi Parahnya Gejala Menopause

Susu kedelai mengandung isoflavon, yang merupakan kelas bahan kimia yang dikenal sebagai " fitoestrogen" . Dan isoflavon ini bereaksi di dalam tubuh seperti bentuk estrogen yang lemah. Lalu apa manfaatnya?

Dalam sebuah penelitian, terkuak manfaat susu kedelai untuk membantu mengurangi gejala menopause, seperti hot flashes.

Penting untuk Kesehatan Otak

Susu kedelai kaya akan asam lemak omega-3 , yang merupakan lemak " sehat" yang nggak bisa dibentuk di dalam tubuh sendiri. Asam lemak ini dikaitkan dengan penurunan risiko demensia dan penyakit Alzheimer.

Meski begitu masih diteliti sih manfaat susu kedelai ini pada efeknya dengan penyakit otak tersebut, meski secara umum kedelai memag merupakan salah satu sumber asam lemak omega-3 non-hewani terbaik.

Profil Nutrisi yang Baik

Satu cangkir susu kedelai tanpa pemanis mengandung:

  • sekitar 80 sampai 100 kalori
  • 4 gram karbohidrat, jumalahnya meningkat seiring dengan penambahan pemanis.
  • 4 gram lemak
  • 7 gram protein

Karena berasal dari tumbuhan, susu kedelai secara alami bebas kolesterol dan rendah lemak jenuh dan nggak mengandung laktosa. kandungan proteinnnya sama banyak dengan susu sapi, tapi lebih rendah kalori dan hampir sama dengan kalori dalam 1 persen atau 2 persen susu. Selain itu manfaat susu beruang juga didapat dari kandungan lemak jenuhnya yang cuman sedikit.

Punya banyak stok susu di rumah dan ngerasa nggak bis amengahbiskannya? Kamu bisa memanfaatkan susu kedelain sebagai bahan perawatan kecantikan wajah kamu lho.

3 dari 3 halaman

Manfaat Susu Kambing

Manfaat Susu © Diadona

Meski sebagian besar produk susu komersial diperah dari sapi, ada beberapa orang yang memilih konsumsi susu kambing dengan beragam alasan. Memang kalah populer, tapi manfaat susu kambing patut diperhitungkan.

Melansir Healthline, susu kambing dapat meningkatkan kemampuan tubuh untuk menyerap nutrisi penting dari makanan lain. Dan sebaliknya, susu sapi ternyata malah mengganggu penyerapan mineral utama seperti zat besi dan tembaga saat dikonsumsi dalam makanan yang sama.

Protein yang Lebih Mudah Dicerna

Memilih susu kambing ketimbang susu sapi banyak dikaitkan juga dengan kemampuan daya cerna. Pada lansia, misalnya, kemampuan tubuh untuk mencerna laktosa sepenuhnya mengalami penurunan.

Dan susu kambing ini punya kandungan laktosa yang lebih rendah ketimbang susu sapi sehingga dianggap lebih sesuai untuk mereka dan yang memiliki intoleransi laktosa.

Menurunkan Tingkat Kolesterol

Susu kambing dapat membantu menurunkan kadar kolesterol pada penderita kolesterol darah tinggi. Penelitian menunjukkan bahwa susu kambing dapat membantu menurunkan kolesterol di arteri dan kandung empedu.

Mengandung Lebih Banyak Kalori

Kandungan kalorinya yang lebih tinggi mungkin cocok untuk kamu yang sedang berjuan menaikkan berat badan.

Manfaat susu yang beragam ini sayangnya nggak diimbangi dengan jumlah konsumsinya yang tinggi. Yuk mulai rutin minum susu yuk!

Beri Komentar