Sering Gonta-Ganti Pasta Gigi Bisa Sebabkan Sariawan, Mitos atau Fakta?

Reporter : Anif Fathul Amin
Selasa, 8 Maret 2022 17:03
Sering Gonta-Ganti Pasta Gigi Bisa Sebabkan Sariawan, Mitos atau Fakta?
Sariawan bisa muncul dari hal-hal yang kita sangka lho!

Kamu mungkin sering bertanya-tanya pada diri sendiri kenapa kamu sering mengalami sariawan pada mulutmu? Benar, nggak?

Sebenarnya ada banyak banget penyebab sariawan, dan kadang penyebab-penyebab itu tidak pernah disadari hingga akhirnya kamu tidak tahu bagaimana mencari solusi untuk mencegahnya. Salah satunya adalah kebiasaan berganti-ganti pasta gigi. Ternyata kebiasaan berganti-ganti pasta gigi merupakan penyebab sariawan.

1 dari 6 halaman

Ilustrasi Pasta Gigi © Diadona

drg Callista menjelaskan kebiasaan berganti-ganti pasta gigi bisa membuat yang bersangkutan mengalami reaksi alergi, khususnya pada orang yang hipersensitif. Faktor seringnya mengganti dan menggunakan bahan kimiawi yang berbeda-beda, akan merangsang penyakit yang disebabkan oleh alergi, salah satunya adalah sariawan. Alergi memang merupakan salah satu jenis faktor predisposisi yang kerap kali menyebabkan sariawan.

" Ketika sudah merasa cocok dengan pasta gigi yang telah digunakan, janganlah sampai tergoda untuk mencoba pasta gigi yang lain. Tiap orang itu kan tidak sama kecocokan pasta giginya. Makanya cukup satu jenis saja, jangan ganti-ganti," saran drg Callista.

2 dari 6 halaman

Ilustrasi Pasta Gigi © Diadona

Pola sikat gigi yang harus dijaga juga merupakan salah satu hal yang harus diperhatikan dalam mencegah terjadinya sariawan. Karena sariawan juga disebabkan oleh kebersihan mulut yang kurang terjaga.

" Pilih sikat gigi yang soft. Lakukan sikat gigi dua kali dalam sehari, jangan sampai lupa itu untuk menjaga kebersihan mulut," pesannya.

" Selama ini orang banyak yang biasa dan suka berganti-ganti pasta gigi, padahal kebiasaan tersebut dapat menjadi penyebab terjadinya sariawan. Maka tidak heran jika banyak orang yang sariawannya sering kambuh padahal ia merasa sudah cukup mengonsumsi sayuran dan buah-buahan," tutur drg Callista Sasanti, SpPM, dikutip dari laman hellosehat.

3 dari 6 halaman

Jika memiliki kondisi mulut sensitif, drg. Callista menyarankan agar kamu membeli pasta gigi yang sedikit mengandung detergen dan bahan abrasive silica karena dapat semakin mengikis permukaan gigi. Biasanya, bahan tersebut terdapat pada pasta gigi yang digunakan perokok untuk menghilangkan stain atau noda gigi.

Selain itu, jika kamu memiliki gigi yang sensitif, drg. Callista juga menyarankan untuk membeli pasta gigi dengan kandungan potasium nitrat atau strontium klorida. Kedua bahan ini bisa membantu menghalangi saluran saraf yang pada gigi.

4 dari 6 halaman

Pasta gigi jenis ini memang banyak dicari oleh penderita gigi sensitif, yakni mudah terasa ngilu jika terkena panas/dingin.

“ Tapi, pasta gigi saja tidak cukup untuk mengatasi rasa ngilu. Pasta gigi hanya berperan dalam menahan rasa ngilu, bukan mengatasinya. Lebih baik lakukan perawatan ke dokter gigi agar gigi sensitif bisa hilang dengan maksimal,” kata drg. Callista.

5 dari 6 halaman

Ilustrasi Sariawan © Diadona

Walaupun bukan kondisi yang berbahaya dan mematikan, sariawan bisa menimbulkan rasa tidak nyaman, bahkan mengganggu aktivitas sehari-hari. Untuk itu, cegah sariawan dengan melakukan:

  • Rajin gosok gigi dengan sikat lembut minimal dua kali dalam sehari. Kegiatan sikat gigi bisa dilakukan lebih dari dua kali apabila ada makanan yang tersangkut atau menyelip di sela-sela gigi.
  • Pilihlah sikat gigi dengan bulu halus untuk menurunkan risiko gusi berdarah, lecet, dan bengkak.
  • Hindari merokok dan minum minuman beralkohol.
  • Konsumsi makanan yang bergizi dan rutin memeriksa kondisi gigi ke dokter.
  • Berkumur dengan air garam untuk membunuh bakteri dan kuman yang menempel pada gigi

Beri Komentar