Sering Dianggap Sehat, Ternyata Minum Susu Sebelum Tidur Memiliki Dampak Buruk Lho

Reporter : Mutia Wella Lukitasari
Kamis, 28 Mei 2020 12:25
Sering Dianggap Sehat, Ternyata Minum Susu Sebelum Tidur Memiliki Dampak Buruk Lho
Kamu juga melakukan hal ini nggak?

Banyak orang yang terbiasa minum susu sebelum tidur, terlebih bagi para orang tua yang sering menyiapkan susu untuk anaknya sebelum tidur. Sehingga minum susu sebelum tidur memang dianggap wajar.

Pertumbuhan pada anak memang terjadi saat tidur di malam hari, karena itu dengan meminum susu sebelum tidur dapat meningkatkan nutrisi untuk pertumbuhan tubuh. Tapi sebagian lainnya juga ada yang beranggapan jika meminum susu sebelum tidur dapat meningkatkan kualitas tidur mereka.

Susu mengandung hormon melatonin serta asam amino tritofan. Keduanya memmiliki dampak positif pada mood serta membuat tubuh lebih mudah memasuki siklus tidur. Bahkan sejumlah penelitian juga mengungkapkan jika hal ini dapat membantu menurunkan kecemasan serta gejala depresi yang biasa muncul sebelum tidur.

1 dari 1 halaman

ilustrasi susuilustrasi susu © http://wallpaperswide.com/

Namun menurut penelitian yang dilansir dari Livestrong.com, meski meminum susu sebelum tidur memiliki banyak dampak positif. Tak banyak yang tau jika hal ini juga bisa berujung dengan meningkatnya berat badan lho. Karena susu memiliki kandungan lemak, protein serta kalori di dalamnya.

Tak hanya itu, mengonsumsi susu sebelum tidur ternyata juga dapat mengganggu sistem pencernaan dan mempengaruhi metabolisme. Karena inilah sebenarnya tidak disarankan untuk meminum susu pada waktu menjelang tidur.

Akan tetapi, jika kamu tidak merasakan gangguan ini dan tubuh telah terbiasa dengan konsumsi ini sebelum tidur. Maka nggak ada salahnya kok untuk tetap melanjutkan kebiasaan baik ini.

Beri Komentar